Mengenal Logan Rice, Beras Kaya Nutrisi untuk Orang Diabetes Temuan Siswa di Malang

Kamis, 21 Mei 2020 17:03 Reporter : Rizka Nur Laily M
Mengenal Logan Rice, Beras Kaya Nutrisi untuk Orang Diabetes Temuan Siswa di Malang Logan Rice, beras untuk penderita diabetes karya siswi di Malang. ©2020 Merdeka.com/kapanlagi.com

Merdeka.com - Penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sembarang makanan, termasuk nasi. Meskipun diperbolehkan, konsumsi nasi untuk penderita diabetes harus dibatasi.

Di tengah kenyataan ini, dua siswa di Malang membuat inovasi beras khusus untuk para penderita diabetes. Beras ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa bahan pangan lokal yang kaya nutrisi.

1 dari 4 halaman

Mengenal Logan Rice

logan rice beras untuk penderita diabetes karya siswi di malang

©2020 Merdeka.com/kapanlagi.com

Hasil inovasi beras itu diberi nama Logan Rice, kependekan dari Low Glycemic and High Nutrition Analog Rice. Dikutip dari berbagai sumber, Logan Rice merupakan inovasi beras analog bernutrisi dan rendah glikemik yang dibuat dari campuran ganyong, bayam, dan tiwul.

Logan rice ditemukan oleh dua siswa MTsN 1 Kota Malang, yakni Dania Wijayanti dan Rizqina Faizana. Berkat penemuannya ini, mereka berhasil menjadi juara pada Lomba Inovasi Teknologi (Inotek) 2019 bidang Agribisnis yang diadakan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang.

2 dari 4 halaman

Nutrisinya Lebih Unggul

003 rizky wahyu permana

©althealthworks.com

Logan Rice memiliki kandungan nutrisi lebih unggul dibandingkan beras padi. Beras ini juga memiliki glikemik rendah. Sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Bahkan, Logan Rice juga cocok dikonsumsi orang yang sedang diet.

Keunggulan lain Logan Rice yakni terkait dengan cara memasaknya. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak Logan Rice lebih cepat dibandingkan dengan memasak beras pada umumnya.

3 dari 4 halaman

Melalui Tahapan Panjang

ilustrasi penelitian

©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Waktu yang dibutuhkan untuk menemukan formulasi beras khusus penderita diabetes itu terbilang cukup panjang. Dihimpun dari berbagai sumber, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan uji coba dan penelitian yakni empat bulan.

Dalam prosesnya, beras analog dibuat dari tiga bahan berupa tepung ganyong, bayam dan tiwul. Ketiga bahan itu dicampur menjadi satu kemudian dihaluskan. Setelah halus, tepung campuran itu dicetak menjadi butiran beras dan dioven selama satu jam.

4 dari 4 halaman

Diversifikasi Pangan

nasi tiwul

©Instagram/travelingtrenggalek

Penemuan Logan Rice tentu menjadi bentuk diversifikasi pangan bagi masyarakat Indonesia. Dua siswa penemu inovasi beras analog ini berharap temuannya membawa banyak manfaat.

Sebagai bentuk alternatif diversifikasi, pengolahan komoditas pertanian lokal, sumber makanan pokok, dan bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini