Mengenal Diet Rendah Purin, Bantu Kendalikan Tingkat Asam Urat

Jumat, 20 Mei 2022 18:40 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Diet Rendah Purin, Bantu Kendalikan Tingkat Asam Urat Ilustrasi diet. ©Shutterstock/Emin Ozkan

Merdeka.com - Diet rendah purin adalah rencana makan berdasarkan makanan yang rendah kandungan purinnya. Purin sendiri adalah zat yang ditemukan dalam makanan dan diproduksi secara alami oleh tubuh.

Purin dipecah oleh tubuh dan diubah menjadi asam urat. Ginjal biasanya menyaring asam urat, dan meninggalkan tubuh melalui urin. Namun, penderita asam urat terkadang mengalami penumpukan asam urat dalam darah.

Penumpukan asam urat ini dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri (serangan asam urat). Diet rendah purin dapat membantu mengobati dan mencegah serangan asam urat ini.Tujuan diet rendah purin bukanlah untuk sepenuhnya menghindari purin.

Sebaliknya, tujuannya adalah untuk mengatur berapa banyak purin yang Anda konsumsi. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai diet rendah purin yang menarik untuk Anda pelajari dilansir dari laman medicalnewstoday.com dan familydoctor.org.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Diet Rendah Purin

Diet rendah purin adalah diet yang berpusat pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Diet ini meminimalkan konsumsi daging merah, seafood, dan alkohol. Purin sendiri merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Produksi alami ini menyumbang sebagian besar purin dalam sistem tubuh Anda.

Para profesional kesehatan seringkali merekomendasikan diet rendah purin untuk para penderita asam urat, batu ginjal, atau kondisi serupa. Asam urat disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda. Asam urat ekstra membentuk kristal tajam yang mengendap di persendian, menyebabkan pembengkakan dan nyeri.

Anda dapat membantu mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh dengan mempertahankan diet rendah purin. Karena, purin dalam jumlah yang tinggi dapat meningkatkan risiko hiperurisemia, sedangkan diet rendah purin membantu meminimalkan jumlah purin dalam tubuh dan mengurangi jumlah asam urat dalam darah.

Selain membantu meringankan gejala kondisi tertentu seperti asam urat dan mencegah komplikasi hiperurisemia lainnya seperti batu ginjal, diet rendah purin juga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup secara umum.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Direkomendasikan dalam Diet Rendah Purin

Meskipun mengonsumsi makanan tertentu tidak akan cukup untuk menghilangkan asam urat, penelitian menunjukkan bahwa makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengurangi asam urat dalam tubuh Anda. Berikut beberapa makanan utama yang direkomendasikan bagi Anda yang menjalani diet rendah purin;

  • Susu

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa minum susu skim dapat membantu mengurangi asam urat. Ini mempercepat ekskresi asam urat dalam urin dan juga mengurangi respons peradangan tubuh terhadap kristal asam urat di persendian.

  • Buah ceri

Para ilmuwan saat ini sedang meneliti manfaat ceri dan jus ceri untuk mengelola gejala asam urat. Ceri memiliki sifat anti-inflamasi yang diketahui, dan buah ini juga dapat membantu mengurangi asam urat dalam tubuh.

  • Kopi

Anda mungkin pernah mendengar bahwa kopi bersifat asam, namun jenis asam dalam kopi sangat berbeda dengan asam urat. Faktanya, minum kopi setiap hari dapat menurunkan kadar asam urat dengan beberapa cara. Ini memperlambat pemecahan purin menjadi asam urat dan mempercepat laju ekskresi.

  • Air

Orang-orang yang minum lima sampai delapan gelas air sehari cenderung tidak mengalami gejala asam urat. Ini karena ginjal menggunakan air untuk mengeluarkan asam urat dalam urin. Air putih juga baik untuk kesehatan ginjal. Gangguan fungsi ginjal merupakan salah satu faktor yang dapat berkontribusi terhadap penyakit asam urat.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Diet Rendah Purin

Berikut adalah beberapa manfaat diet rendah purin yang paling utama;

1. Mengurangi asam urat.

Orang-orang yang mengalami hiperurisemia dapat mengelola kondisi mereka dengan diet untuk mencegah komplikasi seperti asam urat dan batu ginjal berkembang. Bagi mereka yang telah didiagnosis menderita asam urat atau batu ginjal, mungkin dapat mencegah pembentukan kristal asam urat baru di persendian atau ginjal mereka atau setidaknya memperlambat prosesnya.

2. Mengurangi berat badan.

Menghindari makanan tinggi purin seperti daging merah dan permen dapat membantu Anda mengurangi berat badan sebagai manfaat sekunder. Asam urat sangat terkait dengan kelebihan berat badan dan sindrom metabolik terkait seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Penurunan berat badan secara statistik juga terbukti menurunkan risiko terkena asam urat, dan membantu meringankan gejala asam urat dengan menghilangkan stres pada persendian Anda.

3. Meminimalisir konsumsi obat.

Diet tidak seefektif obat untuk mengelola asam urat, dan tidak boleh menghentikan konsumsi obat. Tetapi, dengan diet rendah purin Anda dapat membantu meminimalkan kebutuhan dan ketergantungan akan obat-obatan.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini