Mencicipi Bakso Durian, Kreasi Unik Masakan Jombang yang Banyak Diminati

Selasa, 30 Juni 2020 17:47 Reporter : Rizka Nur Laily M
Mencicipi Bakso Durian, Kreasi Unik Masakan Jombang yang Banyak Diminati Bakso Durian Jombang. ©2020 Merdeka.com/jombangcityguide.blogspot.com

Merdeka.com - Ada berbagai macam olahan kreasi dari buah durian yang memiliki cita rasa lezat. Biasanya, olahan-olahan berbahan dasar buah berkulit keras ini memiliki cita rasa manis. Namun, kuliner yang satu ini berbeda.

Sebagai salah satu daerah penghasil durian berkualitas jempolan, Jombang memiliki satu kuliner unik yang tidak bisa dijumpai di daerah lain, yakni Bakso Durian. Dikutip dari pojokpitu.com, kreasi kuliner satu ini diminati banyak orang.

1 dari 4 halaman

Tak Pernah Sepi

Bulatan bakso daging sapi yang diberi isian buah durian menciptakan sensasi rasa tersendiri. Perpaduan gurih daging sapi dan manis buah durian menciptakan cita rasa yang lezat dan unik. Aroma Bakso Durian khas, perpaduan wangi daging sapi dan harum buah durian.

Kuliner unik ini hanya bisa dijumpai di satu penjual yang ada di Jalan Raya Dusun Mojoanyar, Desa Mojotengah, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Setiap hari, warung bakso ini tidak pernah sepi pengunjung. Para pemburu kuliner unik tersebut tak sedikit yang berasal dari luar daerah, seperti Kediri, Malang, hingga Surabaya.

2 dari 4 halaman

Proses Pengolahan Bakso Durian

durian

shutterstock

Durian yang digunakan untuk membuat Bakso Durian merupakan buah asli. Daging buah durian diolah tanpa tambahan pemanis atau pengawet di dalam wajan yang sudah dipanaskan. Tujuannya supaya rasa durian tetap terjaga alias tidak rusak.

Selanjutnya, adonan daging sapi yang telah digiling lembut dicetak menggunakan kantung plastik. Adonan dibentuk cekung lalu diisi dengan adonan buah durian. Kemudian ditutup kembali, sehingga menjadi bulatan sebesar bola tenis.

Adonan ini kemudian dikukus hingga masak. Setelah masak, dipindahkan pada dandang bakso seperti lazimnya penjual bakso.

3 dari 4 halaman

Berawal dari Keisengan

bakso durian jombang

jombangcityguide.blogspot.com

Cita rasa Bakso Durian memanjakan lidah para penggemar kuliner, terutama yang menyukai hidangan bakso dan buah durian. Bakso Durian dihidangkan dalam keadaan panas bersama mi, bumbu, dan kuah. Harga seporsinya cukup terjangkau yakni Rp10.000.

Iis Marta, selaku penjual Bakso Durian awalnya hanya coba-coba membuat kreasi makanan tersebut. Pasalnya, hasil perkebunan durian di wilayah tinggalnya sangat melimpah. Percobaan itu ternyata mendapatkan respons positif dari masyarakat.

4 dari 4 halaman

Jadi Menu Andalan

Warung milik Iis Marta menyediakan berbagai varian olahan buah durian. Bakso Durian menjadi salah satu menu andalan di warung tersebut. Selain itu, ada juga Kolak Durian dan Durian Bakar yang menjadi favorit para pengunjung.

Selain menawarkan berbagai macam olahan berbahan durian, warung ini juga memiliki menu unik lain yakni Bakso Gudeng, seperti dikutip dari jombangcityguide.blogspot.com.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini