Melihat Kondisi Terkini Makam Didi Kempot di Ngawi, Megah dan Bergaya Joglo

Sabtu, 25 Juni 2022 11:45 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Melihat Kondisi Terkini Makam Didi Kempot di Ngawi, Megah dan Bergaya Joglo Makam Didi Kempot di Ngawi. ©2022 YouTube Jejak Richard/ Merdeka.com

Merdeka.com - Dua tahun pasca meninggalnya Godfather of Broken Heart, Didi Kempot masih menyisakan duka bagi para penggemarnya. Untuk mengenang masa hidup beliau, para sobat ambyar (sebutan penggemar) biasa melakukan ziarah ke makam maestro campursari tersebut di Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Baru-baru ini kanal YouTube Jejak Richard melakukan penjelajahan ke makam almarhum Didi Kempot. Di sana terpantau kondisi pemakaman yang berada di tengah area perkebunan dan persawahan milik warga.

Menariknya, di lokasi pintu masuk makam terdapat spanduk bergambar foto almarhum dengan tulisan “Sang Maestro”. Selain itu terdapat juga ucapan “Sugeng Rawuh” yang artinya selamat datang.

Saat memasuki area tempat peristirahatannya yang terakhir, desain bangunannya langsung membuat takjub siapapun yang datang lantaran ditata sangat indah, megah dan bergaya joglo khas Jawa. Berikut ulasannya, dilansir dari kanal YouTube tersebut, Sabtu (25/6)

2 dari 5 halaman

Disambut Tembok Bergambar Gitar

makam didi kempot di ngawi
©2022 YouTube Jejak Richard/ Merdeka.com

Di area pintu masuk sendiri, kesan unik sudah tampak dengan adanya tulisan Makam Didi Kempot dengan gambar gitar.

Sepanjang jalan menuju makamnya juga begitu rapi dan bersih, dengan hadirnya sejumlah tanaman yang terlihat terawat.

Sebuah tembok bertuliskan “Sang Maestro Campursari Didi Kempot, The Godfather of Broken Heart” juga tampak di depan bangunan joglo tempat di mana Didi Kempot dimakamkan.

“Jenazah sang maestro Campursari, Didi Kempot ini ditempatkan di TPU Desa Majasem, walaupun dilahirkan di Kota Solo, Didi Kempot dimakamkan di Ngawi ya” kata creator bernama Richard

3 dari 5 halaman

Terdapat Sebuah Musala Indah

makam didi kempot di ngawi
©2022 YouTube Jejak Richard/ Merdeka.com

Di samping makam sang maestro juga terdapat fasilitas musala untuk para penggemar yang berziarah ke lokasi.

Musala bernama Al Barokah itu tampak berdiri megah, dengan desain bangunan yang estetik. Musala tersebut dicat dengan warna putih yang dikombinasikan dengan warna kuning gading atau krem.

Pintu dan jendelanya juga dibuat dari kaca yang jernih, sehingga kondisinya kian nyaman untuk melakukan ibadah ketika mengunjungi makam.

Disebutkan Richard, bangunan musala baru selesai dibangun dan tampak begitu indah dipandang mata.

4 dari 5 halaman

Makam Didi Kempot Dibuat Bergaya Joglo

makam didi kempot di ngawi
©2022 YouTube Jejak Richard/ Merdeka.com

Menuju bangunan utama, desainnya begitu mencuri perhatian dengan bentuk yang megah dan terbuka.

Di sekeliling makam, turut diberi pagar besi bercorak unik hingga kian menambah kesan indah dan kuat budaya Jawa di lokasi.

Bagian lantainya sendiri sudah diberi keramik, sehingga tampak bersih dan terawat. Hal ini tentu semakin membuat para sobat ambyar dan para penggemar yang mengunjungi makam kian merasa nyaman karena terlindung dari panas dan hujan.

“Makamnya Didi Kempot ini berdekatan dengan makamnya Lintang, yang merupakan anak pertama dari sang maestro” terangnya sang creator

5 dari 5 halaman

Meninggal Dunia Pada 5 Mei 2020

makam didi kempot di ngawi

makam didi kempot di ngawi

©2022 YouTube Jejak Richard/ Merdeka.com

Sebelumnya, seperti dilansir dari laman kapanlagi, Sabtu (25/6) pelantun lagu Stasiun Balapan, Kalung Emas hingga Sewu Kuto ini dikabarkan meninggal dunia pada hari Selasa legi, 5 Mei tahun 2020, pukul 07.30 WIB pagi.

Menurut wawancara dengan salah satu anggota keluarganya bernama Pak Lilik, almarhum Didi Kempot sempat mengeluh sakit saat sedang berada di studio rekaman. Selain itu Didi juga sempat merasakan sesak nafas.

"Kok panas yo?" kata Pak Lilik menirukan pernyataan Didi

 

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini