Masjid Ini Tiadakan Penyembelihan Hewan Kurban, Tenyata Begini Alasannya

Jumat, 31 Juli 2020 15:07 Reporter : Rizka Nur Laily M
Masjid Ini Tiadakan Penyembelihan Hewan Kurban, Tenyata Begini Alasannya Masjid Agung Baiturrahman Ngawi. ©2020 Merdeka.com/ngawikab.go.id

Merdeka.com - Takmir Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Ngawi, Jawa Timur meniadakan penyembelihan hewan kurban. Pasalnya, Idul Adha 1441 Hijriah ini masih dibayang-bayangi pandemi Covid-19.

Dikutip dari Antara, Jumat (31/7), peniadaan penyembelihan hewan kurban bertujuan untuk menghindari kerumunan warga. Diketahui, salah satu protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona jenis baru penyebab Covid-19 ialah menghindari kerumunan massa.

1 dari 3 halaman

Sempat Ada Opsi Lain

masjid agung baiturrahman ngawi

©2020 Merdeka.com/ngawikab.go.id

"Idul Adha 1441 atau tahun 2020 ini tidak ada kegiatan penyembelihan hewan kurban. Hal itu untuk menghindari adanya kerumunan warga," jelas Sekretaris Takmir Masjid Agung Baiturrahman Ngawi, Salimoel Amien, di Ngawi, Jumat (31/7).

Menurut keterangan Amien, sebelumnya sempat ada opsi untuk menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban. Hanya saja sistem penyaluran daging akan dilakukan dengan cara dikirim takmir masjid kepada para penerima di rumah masing-masing.

2 dari 3 halaman

Dibatalkan

penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi covid 19

©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Opsi tersebut akhirnya dibatalkan. Lantaran tetap ada kemungkinan para warga datang langsung ke masjid untuk mengambil daging. Meskipun sebelumnya sudah disepakati akan dibagikan takmir masjid ke rumah masing-masing warga penerima daging kurban. Aksi nekat para warga datang langsung ke masjid bisa menjadi titik rawan penyebaran virus corona jenis baru penyebab Covid-19.

"Akhirnya diputuskan tidak jadi dilaksanakan, karena akan sulit melarang warga datang ke masjid," lanjut Salimoel.

Terlebih ada kendala lain berupa pembangunan tempat Pedagang Kaki Lima (PKL) di sisi utara masjid. Otomatis area penyembelihan hewan kurban menjadi sempit daripada sebelumnya.

"Biasanya untuk penyembelihan membutuhkan tempat yang luas. Terutama di masjid sini setiap tahun rata-rata menyembelih enam ekor sapi dan 20 kambing," terangnya.

3 dari 3 halaman

Pelaksanaan Salat Idul Adha

ilustrasi salat berjamaah

Pinterest ©2020 Merdeka.com

Sementara itu, terkait Salat Idul Adha, lanjut Salimoel, dilaksanakan di dua tempat. Jemaah laki-laki berada di dalam masjid, sementara jemaah perempuan bertempat di Alun-alun Ngawi yang tepat berada di depan masjid. Sebagian jemaah lainnya ditampung di area sekitar masjid.

Jumlah jemaah yang hadir menunaikan Salat Idul Adha di Masjid Agung Baiturrahman Ngawi berkisar antara 700 hingga seribuan. Selama pelaksanaannya, para jemaah diminta mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, serta menjaga kebersihan.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini