Manfaat Dana Darurat dan Kegunaannya, Siapkan Sebelum Terlambat

Selasa, 28 Juli 2020 14:07 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
Manfaat Dana Darurat dan Kegunaannya, Siapkan Sebelum Terlambat Dana darurat milenial. ©shutterstock

Merdeka.com - Setiap orang wajib untuk bersiap untuk peristiwa yang tidak terduga. Cara terbaik untuk melakukan antisipasi adalah memiliki uang tunai atau tabungan yang cukup untuk digunakan sebagai dana darurat.

Jangan menunggu hingga Anda terpaksa mengambil pinjaman atau utang kartu kredit. Dana darurat akan sangat diperlukan apabila terdapat peristiwa yang Anda tidak inginkan dan sangat memerlukan dana untuk digunakan.

Dana darurat juga dapat kita anggap sebagai semacam tabungan yang akan kita perlukan apabila suatu saat nanti terdapat kepentingan yang sangat mendesak. Kondisi yang memerlukan dana darurat seperti biaya berobat yang mendadak atau hal-hal tak terduga lainnya.

Ada begitu banyak situasi di mana uang tunai ekstra diperlukan. Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum manfaat dana darurat dan kegunaannya dilansir dari Freemalaysiatoday.com

2 dari 4 halaman

Besaran Dana Darurat

ilustrasi uang koin
©2012 Shutterstock/Rustam Shigapov

Manfaat dana darurat memang dapat digunakan untuk keperluan yang sangat mendesak. Perhitungan paling umum didasarkan pada pengeluaran bulanan.

Setiap orang harus memiliki gagasan tentang berapa banyak uang yang dibutuhkan, untuk menutup pengeluaran sebulan dengan nyaman.

Dana darurat harus mampu menutupi pengeluaran minimal tiga hingga enam bulan, tetapi menyiapkan uang yang lebih besar justru lebih baik. Namun, setiap orang dalam situasi yang berbeda dan persyaratan dana darurat akan bervariasi.

3 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Disiapkan

ilustrasi uang receh©2019 Merdeka.com/Azzura Zurae

Untuk benar-benar memulai mengumpulkan dana darurat, akan lebih baik jika dana darurat tersebut juga dipersiapkan secara matang.

Rekening dana darurat harus terpisah dari rekening bank biasa. Cara ini untuk menghindari godaan untuk menggunakannya untuk pengeluaran biasa.

Untuk seorang individu, dana pendapatan tetap adalah pilihan yang sangat baik. Dana ini berinvestasi dalam jangka pendek dan sangat konservatif.

Nilai aset bersih dari dana ini tidak banyak berbeda. Mereka berinvestasi dalam obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah dan perusahaan skala besar, sehingga sempurna untuk investor yang memilih untuk tidak menempatkan risiko utama mereka.

4 dari 4 halaman

Memulai Dana Darurat

Untuk memulai mengumpulkan dana darurat, Anda perlu mempersiapkan target yang akan Anda capai. Tetapkan target yang masuk akal, dan sesuaikan dengan penghasilan setiap bulannya.

Anda bisa menyisihkan Rp500 ribu hingga Rp1 juta atau bahkan lebih. Tujuan ini dapat dicapai dalam beberapa bulan, meski jumlahnya sedikit, itu bisa membuat perbedaan besar dalam keadaan darurat.

Sekarang pisahkan jumlah ini menjadi potongan-potongan kecil. Jika Anda tidak bisa menyisihkan sebulan sekali maka bisa menyisihkan uang dalam seminggu dalam jumlah yang sedikit. Namun saat dikalkulasikan sebulan, Anda akan mendapatkan dana darurat yang cukup, dilanjutkan seterusnya.

Banyak orang muda yang baru mulai membangun dana darurat. Mereka mungkin berpikir akan sulit untuk menghemat uang dalam seminggu. Mengingat mereka mungkin hampir tidak memenuhi kebutuhan sekarang.

Masalah ini dapat diatasi dengan beberapa trik. Carilah cara untuk menghemat jumlah kecil di sana-sini, singkirkan dan lihat seberapa cepat dana darurat tumbuh.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini