Macam-Macam Riba dalam Islam yang Patut Diketahui, Pelajari Selengkapnya

Kamis, 14 Oktober 2021 15:17 Reporter : Edelweis Lararenjana
Macam-Macam Riba dalam Islam yang Patut Diketahui, Pelajari Selengkapnya Ilustrasi uang. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/club4Traveler

Merdeka.com - Istilah riba tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terlebih dengan mayoritas warga negaranya yang beragama Islam. Ya, riba adalah salah satu hal yang cukup dipertentangkan oleh kalangan umat Islam. Riba dipercaya mendatangkan lebih banyak mudharat daripada maslahat.

Riba sendiri secara bahasa berarti az-ziyâdah (ُةَادَالزِّی yang memiliki arti tambahan, tumbuh, dan menjadi tinggi. Yang dimaksud di sini adalah tambahan atas modal, baik penambahannya memiliki nominal yang sedikit ataupun banyak.

Sedangkan menurut istilah, riba adalah imbalan yang disyaratkan kepada salah satu di antara kreditur dan debitur yang melakukan muamalah utang piutangatau tukar menukar barang. Ali ‘as-Shabuni mendefinisikan riba secara syara’. Dikatakannya bahwariba secara terminologi adalah tambahan yang diambil oleh kreditur kepada debitur sebagai ganti dari suatu tempo.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai macam-macam riba dalam Islam beserta hukum yang mendasarinya.

Baca Selanjutnya: Macam-Macam Riba...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini