6 Macam-macam Gaya Renang yang Mudah Dipelajari

Jumat, 28 Februari 2020 15:15 Reporter : Vinna Wardhani
6 Macam-macam Gaya Renang yang Mudah Dipelajari Aksi Tim perenang Artistik Korea Utara. ©2018 Liputan6.com/Fery Pradolo

Merdeka.com - Berenang merupakan jenis kegiatan olahraga yang memiliki banyak penggemar. Olahraga air ini bahkan telah dipilih sebagai salah satu cabang kompetisi olahraga nasional. Tidak hanya tingkat nasional, tingkat internasional juga telah menetapkan renang sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan.

Jika Anda termasuk orang yang belum bisa berenang. Sudah saatnya Anda mencoba untuk mempelajari cara berenang.

Selain menyehatkan, renang atau berenang merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Kegiatan olahraga ini telah banyak diketahui dapat membantu memperbaiki postur tubuh serta membantu menjaga berat badan. Apabila Anda ingin memulai proses belajar renang, berikut macam-macam gaya renang yang mudah untuk Anda pelajari.

1 dari 6 halaman

1. Gaya Renang Bebas

ilustrasi berenang

Shutterstock/Netfalls - Remy Musser

Teknik dari gaya renang bebas menekankan pada kebebasan penggunaan tangan dan kaki agar Anda dapat meluncur di air. Gaya renang bebas ini tetap memiliki aturan dalam pengaplikasiannya, sekalipun namanya gaya bebas.

Mula-mula posisikan badan berada di permukaan. Kemudian posisi tangan mengayuh ke depan dan kaki menendang menyerupai gerakan gunting.

Teknik pernafasan gaya berenang ini memanfaatkan posisi tangan saat berada di atas untuk mengayuh. Kepala digelengkan ke kanan atau kiri kemudian menarik nafas dengan mulut.

2 dari 6 halaman

2. Gaya Renang Punggung

ilustrasi berenang

2019 Merdeka.com/Pixabay

Gaya renang punggung adalah teknik renang dengan posisi tubuh terlentang menghadap atas. Posisi punggu berada di dalam air. Gerakan pada kaki dan tangah sama seperti pergerakan gaya bebas.

Perbedaan gaya renang punggung dan gaya renang bebas terletak pada arah yang berlawanan dari gerakan tangan dan kaki. Karena wajah berada menghadap atas, teknik pengambilan nafas dari gaya renang punggung lebih mudah karena dapat dilakukan kapan saja.

3 dari 6 halaman

3. Gaya Renang Dada

ilustrasi berenang

Shutterstock/bikeriderlondon

Gaya renang selanjutnya adalah gaya renang dada. Istilah internasional dari gaya renang satu ini adalah breaststroke swim. Gaya renang dada ini adalah teknik berenang yang menyerupai pergerakan berenang dari katak.

Gaya renang ini akan menimbulkan pergerakan yang lebih lambat dari gaya bebas. Oleh karena itu jika Anda ingin melakukan renang dengan tempo santai, gaya ini adalah pilihan.

Teknik gaya renang dada menitik beratkan pada kekuatan tangan dan kaki untuk menggerakkan tubuh ke depan. Teknik renang dada memposisikan dada menghadap permukaan air.

Kedua kaki menendang ke arah luar kemudian kedua tangan lurus ke depan. Kemudian tangan membuka ke samping untuk mendorong tubuh bergerak ke depan.

Ambil nafas setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Gaya renang satu ini biasanya diajarkan pada perenang pemula.

4 dari 6 halaman

4. Gaya Renang Kupu-Kupu/Lumba-Lumba

004 indra cahya

huffingtonpost.com

Sesuai namanya, gaya renang kupu-kupu memiliki gerakan yang mirip dengan kupu-kupu. Gaya renang satu ini telah diakui pada tahun 1933.

Nama lain dari gaya renang satu ini adalah butterfly stroke. Ada pula yang menyebut gaya renang kupu-kupu sebagai gaya renang lumba-lumba. Gaya renang juga ini telah dipertandingkan pada perlombaan renang.

Teknik renang gaya kupu-kupu memposisikan dada menghadap ke air. Kemudian kedua lengan bersamaan ditekan ke bawah, ke belakang, ke arah luar, baru kemudian kembali ke depan di atas permukaan air.

Pada saat tangan di tarik ke belakang, posisi kedua kaki juga ikut menekan ke bawah. Pada saat kaki dan tangan bergerak seperti ini, anda dapat mengambil nafas di atas permukaan air.

Gaya renang kupu-kupu ini dapat dikatakan gaya berenang yang cukup sulit dibanding gaya renang yang lain. Membutuhkan kekuatan yang cukup besar dari perenang untuk dapat melakukan gerakan gaya ini. Irama tangan dan kaki dalam melakukan teknik gerakan ini sangat penting untuk mengontrol kecepatan.

5 dari 6 halaman

5. Gaya Renang Samping

ilustrasi berenang di laut

earth.com

Gaya renang samping merupakan gaya renang yang jarang diperlombakan dalam kompetisi. Tidak heran jika kemudian gaya renang ini menjadi gaya renang yang jarang diketahui. Gaya renang samping mengutamakan sisi samping bagian tubuh.

6 dari 6 halaman

6. Gaya Renang Anjing

ilustrasi berenang

2019 Merdeka.com/Pixabay

Gaya renang anjing memposisikan kepala berada di atas air. Posisi kaki dan tangan melakukan gerakan menendang seperti posisi anjing berenang. Oleh karena itu, gaya renang ini disebut sebagai gaya renang anjing, karena memang rangkaian gerakannya menyerupai gerakan anjing berenang.

[vna]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini