Masih Berlangsung, Kota Kediri Sudah Berhasil Peroleh 20 Medali Emas di Porprov Jatim

Selasa, 28 Juni 2022 08:11 Reporter : Rizka Nur Laily M
Masih Berlangsung, Kota Kediri Sudah Berhasil Peroleh 20 Medali Emas di Porprov Jatim Ilustrasi medali emas. ©2021 Merdeka.com/Freepik

Merdeka.com - Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) yang dimulai pada 25 Juni 2022 masih berlangsung hingga 3 Juli 2022. Kontingen Kota Kediri hingga Senin (27/6) sudah meraih 20 medali emas, delapan perak, dan sembilan perunggu.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengaku bangga dengan perkembangan capaian prestasi yang ditorehkan kontingen Kota Kediri dalam Porprov VII tahun 2022 yang digelar di empat daerah, yaitu Jember, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo. Sampai Senin pukul 18.00 WIB, kontingen Kota Kediri berada di peringkat ketiga klasemen sementara.

"Prestasi ini membanggakan bagi Kota Kediri. Saya mengapresiasi seluruh perjuangan para atlet dan pelatih hingga saat ini. Pasti tidak mudah melewati setiap pertandingan," kata Wali Kota di Kediri, Senin.

2 dari 3 halaman

Pesan untuk Atlet

Wali Kota Kediri itu juga mengingatkan agar para atlet terus semangat dan tidak cepat puas dengan pretasi yang sudah ditorehkan. Pasalnya, Porprov VII Jatim 2022 masih akan berlangsung hingga 3 Juli 2022. 

Selain itu, ia mengimbau para atlet agar terus menjunjung sportivitas selama berkompetisi. 

"Saya dan masyarakat Kota Kediri akan terus memberikan dukungan dan doa kepada atlet Kota Kediri. Masih punya waktu untuk terus mengumpulkan pundi-pundi medali. Fisik dan mental harus dijaga," pesannya, dikutip dari Antara.

3 dari 3 halaman

Penyumbang Medali Emas

Sementara itu, dari 20 medali emas yang diperoleh, cabang olahraga angkat besi menjadi penyumbang paling banyak. Sebanyak 12 medali emas diperoleh atlet olahraga angkat besi yakni pada kelas 59 kilogram snatch putri, kelas 59 kilogram clean & jerk putri, kelas 59 kilogram total putri, kelas 71+ kilogram snatch putri, kelas 71+ kilogram clean & jerk putri, kelas 71+ kilogram total putri, kelas 73 kilogram snatch putra, kelas 73 kilogram clean & jerk putra, kelas 73 kilogram total putra dan tambahan 3 medali emas didapat Senin sore.

Selain cabang olahraga angkat besi, atlet cabang olahraga wushu sanda menyumbang enam medali. Rinciannya, kelas 52 kilogram ke bawah putra, kelas 60 kilogram ke bawah putra, kelas 65 kilogram ke bawah putra, kelas 48 kilogram ke bawah putri, kelas 60 kilogram ke bawah putri, dan kelas 65 kilogram ke bawah putri.

Berikutnya, atlet dari cabang olahraga billiar menyumbang satu medali emas di sembilan ball single putri dan cabang olahraga selam kolam di 100 meter bifins putra. 

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini