Korban Pembakaran Rumah di Jember Dapat Fasilitas Pemulihan Trauma, Begini Kondisinya

Senin, 8 Agustus 2022 08:01 Reporter : Rizka Nur Laily M
Korban Pembakaran Rumah di Jember Dapat Fasilitas Pemulihan Trauma, Begini Kondisinya Ilustrasi psikolog. ©2022 Merdeka.com/Freepik

Merdeka.com - Sekelompok orang melakukan kerusuhan dengan melakukan pembakaran rumah dan kendaraan di Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Jawa Timur. Sejak Juli hingga awal Agustus 2022, terhitung sudah empat kali kerusuhan terjadi di desa tersebut. Para pelakunya berasal dari kelompok yang sama.

Polres Jember telah mengamankan 15 orang dari insiden kerusuhan tersebut, di mana sembilan di antaranya ditetapkan sebagai tersangka. Sementara enam orang lain yang berstatus saksi, dipersilakan pulang setelah memberikan keterangan kepada pihak kepolisian.

Khusus korban, tim Polres Jember mengirim para personel psikologi untuk memberikan pemulihan trauma kepada mereka yang rumah dan kendaraannya dibakar oleh sekelompok orang tak bertanggung jawab itu.

"Program trauma healing ini diadakan untuk menghindari adanya trauma bagi masyarakat baik itu anak maupun orang dewasa," ujar Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo di Jember, Minggu (7/8/2022).

2 dari 3 halaman

Pemulihan Psikis

ilustrasi psikolog
©2022 Merdeka.com/Freepik

Kapolres Jember itu berharap para korban terdampak kerusuhan bisa segera bangkit dan beraktivitas kembali seperti sedia kala tanpa merasa takut dan was-was. 

"Warga tidak sendiri karena ada bhabinkamtibmas dan babinsa yang akan selalu turun mendampingi warga di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo," jelasnya, dikutip dari Antara.

Total ada empat orang dari tim konselor Polres Jember yang ditugaskan untuk mendampingi pemulihan kondisi psikis serta trauma pasca-perusakan dan pembakaran rumah warga.

“Perlunya dilakukan terapi pascatrauma untuk memberikan pemulihan psikis dan menghilangkan rasa cemas," katanya.

Tim konselor ini juga bertugas memberikan motivasi kepada warga agar bisa beraktivitas kembali. Termasuk kepada anak-anak yang tinggal di lokasi tersebut agar bisa beraktivitas, bermain dan tersenyum kembali seperti sedia kala.

3 dari 3 halaman

Tim Konselor

ilustras bercerita

©2022 Merdeka.com/Freepik

Tim konselor Polres Jember mengaplikasikan proses pemulihan psikis warga di lokasi kerusuhan dengan konsep berbeda-beda. 

Bertempat di rumah ketua RT 03 Dusun Baban Timur Desa Mulyorejo Kabupaten Jember, pelaksanaan terapi trauma healing dilakukan dengan mengajak anak-anak korban bermain permainan tradisional, bercerita, dan bernyanyi.

"Kami bikin senang adik-adik di sana, mengajak bercerita, bernyanyi, dan bermain. Bahkan memberikan sesi kuis, bagi yang bisa menebak pertanyaan mendapatkan hadiah seperti buku, alat tulis, dan lain sebagainya," imbuh AKPB Hery.

Ia menjelaskan, tim konselor Polres Jember memberikan trauma healing dengan konsep memberi penguatan mental kepada para korban terdampak kerusuhan dengan cara bercerita, mengajaknya mengutarakan isi hati agar akar permasalahan mendapatkan solusi dan tidak membuat mereka merasa takut lagi.

Adapun berdasarkan data aparat kepolisian, pembakaran terjadi di enam lokasi yang berbeda pada Juli hingga Agustus 2022 di dua pedukuhan Dusun Baban Timur Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Insiden yang dilakukan oleh sekelompok orang itu menyebabkan beberapa rumah dan belasan kendaraan rusak.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini