Mengenal Jenis Antibiotik, Ketahui Manfaat Serta Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Kamis, 25 Juni 2020 18:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Jenis Antibiotik, Ketahui Manfaat Serta Efek Sampingnya bagi Kesehatan Ilustrasi antibiotik. ©Shutterstock.com/the goatman

Merdeka.com - Antibiotik adalah zat-zat kimia yang dihasilkan oleh fungi (jamur) dan bakteri. Antibiotik memiliki khasiat untuk mematikan atau menghambat pertumbuhan kuman serta sifat toksik (racun) yang ditimbulkan bagi manusia relatif lebih kecil. Cara kerja antibiotik yang paling penting adalah perintangan sintesa protein, dengan sintesa protein ini kuman menjadi musnah atau tidak berkembang.

Antibiotik merupakan obat yang berasal dari seluruh bagian tertentu mikroorganisme yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik tidak efektif untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, karena virus tidak memiliki proses metabolisme sesungguhnya melainkan bergantung pada tuan rumah.

Antibiotik selain membunuh mikroorganisme atau menghentikan reproduksi bakteri juga membantu sistem pertahanan alami tubuh untuk mengeleminasi bakteri tersebut. Contoh jenis antibiotik adalah penisilin, sefalosforin, kloramfenikol, tetrasiklin dan lain-lain. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai berbagai jenis antibiotik yang terdapat dalam dunia kesehatan.

Baca Selanjutnya: Golongan Jenis Antibiotik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini