Kenali Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Serta Penyebabnya, Waspadai Sejak Dini

Minggu, 3 Januari 2021 16:01 Reporter : Edelweis Lararenjana
Kenali Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Serta Penyebabnya, Waspadai Sejak Dini Ilustrasi kanker serviks. Shutterstock/Keith Bell

Merdeka.com - Kanker serviks adalah suatu penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita. Kanker serviks tumbuh di sel-sel pada leher rahim, dan biasanya tidak menimbulkan gejala yang terlihat pada tahap awalnya.

Untuk itu, melakukan skrining pap secara rutin adalah langkah yang sangat penting untuk memeriksa adanya sel-sel abnormal di serviks, sehingga bisa dipantau dan ditangani sedini mungkin. Kebanyakan wanita disarankan untuk menjalani tes pap mulai usia 21 tahun.

Tes pap adalah salah satu metode skrining kanker paling andal dan efektif yang tersedia, dan wanita harus menjalani pemeriksaan tahunan oleh OB-GYN. Namun, tes pap mungkin tidak mendeteksi beberapa kasus sel abnormal di serviks.

Meskipun metode skrining tidak 100% akurat, tes-tes ini seringkali merupakan metode yang efektif untuk mendeteksi gejala kanker serviks stadium awal, ketika masih sangat bisa dan mungkin untuk diobati.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai kanker serviks sekaligus penyebab dan gejala kanker serviks stadium awal yang patut Anda waspadai melansir dari American Cancer Society.

Baca Selanjutnya: Apa Itu Kanker Serviks...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini