Gejala Campak yang Mudah Dikenali Sejak Dini, Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahannya

Kamis, 11 Juni 2020 13:40 Reporter : Edelweis Lararenjana
Gejala Campak yang Mudah Dikenali Sejak Dini, Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahannya Ilustrasi sakit. ©2012 Shutterstock/StockLite

Merdeka.com - Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus campak. Gejala klinis terdiri dari tiga stadium, yaitu stadium prodromal, eksantem, dan konvalesens. Diagnosis ditegakkan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan antibodi IgM campak dalam darah.

Tatalaksana bersifat suportif disertai pemberian vitamin A. Komplikasi yang sering menyebabkan kematian pada anak adalah pneumonia. Pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian vaksin.

Campak merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi pada anak, sangat infeksius, dapat menular sejak awal masa prodromal (4 hari sebelum muncul ruam) sampai lebih kurang 4 hari setelah munculnya ruam. Campak timbul karena terpapar droplet yang mengandung virus campak.

Sejak program imunisasi campak dicanangkan, jumlah kasus menurun, namun akhir-akhir ini kembali meningkat. Di Amerika Serikat, timbul Kejadian Luar Biasa (KLB) dengan 147 kasus sejak awal Januari hingga awal Februari 2015.

Berikut ulasan lengkap mengenai gejala campak, penyebab dan cara mencegahnya.

Baca Selanjutnya: Penyebab Penyakit Campak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini