Kehadiran Apriyani Rahayu 'Gagalkan' Greysia Polii dari Gantung Raket, Kini Raih Emas

Senin, 2 Agustus 2021 15:42 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kehadiran Apriyani Rahayu 'Gagalkan' Greysia Polii dari Gantung Raket, Kini Raih Emas Apriyani Rahayu dan Greysia Polii Sukses Memperebutkan Emas di Olimpiade Tokyo 2020. ©2021 AFP/Alexander Nemenov

Merdeka.com - Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Atlet Badminton Ganda Putri Indonesia ini, berhasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, Senin (2/7). Keduanya menorehkan sejarah sebagai ganda putri Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan emas di ajang olahraga paling bergengsi itu.

Di balik keberhasilan ganda putri, ada cerita unik di awal pertemuan mereka. Greysia Polii sudah menekuni karier sebagai atlet badminton di awal tahun 2000-an. Atlet berusia 33 tahun ini juga sudah menjalani lika-liku pertandingan. Sedangkan Apriyani Rahayu baru masuk pelatnas di tahun 2017. Usia keduanya juga terpaut satu dekade.

Dilansir dari laman Bola.com, Greysia mengaku kalau dirinya sudah berencana akan gantung raket, ketika pasangan sebelumnya, Nitya Krishinda Maheswari cedera serius. Namun saat itu, pelatih ganda putri, Eng Hian menahan niat Greysia.

“Tetapi, pelatih bilang ke saya untuk menunggu lebih dulu dan membantu pemain muda untuk bangkit,” cerita Greysia. Akhirnya Greysia mengikuti saran sang pelatih, walau saat itu ia belum memiliki pasangan bermain lagi.

Tak lama berselang, tepatnya pada 2017, seorang atlet putri masuk ke Pelatnas Cipayung. Atlet muda itu adalah Apriyani Rahayu, seorang pemudi dari Sulawesi Tenggara, yang masih berusia 19 tahun. Dilansir dari salah satu wawancara Greysia dengan media, ia menceritakan bagaimana awalnya bisa dipasangkan dengan Apriyani.

“Saat itu latihan, sebagian besar atlet putri sedang pergi (bertanding ke luar negeri). Tinggal saya dan Apri saat itu. Waktu latihan, kita dipasangkan dan melawan atlet laki-laki, karena saat itu memang benar-benar tidak ada orang (atlet putri). Dari latihan itu, dilihat pelatih dan mereka mainnya oke,” cerita Greysia.

Baca Selanjutnya: Jadi Ganda Putri Andalan Indonesia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini