Jelang Pilkada, KPU DIY Siapkan Sarana Protokol Kesehatan di 6.110 TPS

Minggu, 22 November 2020 18:21 Reporter : Merdeka
Jelang Pilkada, KPU DIY Siapkan Sarana Protokol Kesehatan di 6.110 TPS KPU DIY. ©2020 Merdeka.com/Antara/Mohammad Hamzah/Moch Asim

Merdeka.com - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bantul, Sleman, dan Gunung Kidul akan dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah memastikan berbagai sarana pendukung protokol kesehatan. Dilansir merdeka.com dari Antara, sejumlah 6.110 TPS telah dipersiapkan.

"Sarana protokol kesehatan seperti sarung tangan dan lainnya sudah siap semua di masing-masing kabupaten tinggal didistribusikan ke TPS," ujar Ahmad Shidqi selaku Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU DIY.

Berbagai prasarana yang harus ada di setiap TPS meliputi thermogun untuk mengecek suhu badan, tempat cuci tangan, hand sanitizer, serta alat pelindung diri (APD)berupa masker, sarung tangan, maupun face shield.

kpu diy

©2020 Merdeka.com/Antara/Moch Asim

"Karena cuci tangan wajib tentu kami sediakan tempat cuci tangan semua TPS dengan sabun dan air yang mengalir. Masker juga kami sediakan kalau pemilih tidak membawa masker," imbuhnya.

Shidqi juga menekankan bahwa semua sarana ini harus tersedia di TPS paling lambat H-1. Selain itu, logistik pilkada di masing-masing kabupaten juga turut diperhatikan. Bahkan Kabupaten Bantul diketahui sudah mulai melakukan pelipatan surat suara.
"Selama dua puluh hari ke depan kita akan konsentrasi pada manajemen pengelolaan logistik," lanjutnya.

Untuk menghindari kerumunan, KPU mengatur jadwal kedatangan setiap pemilih. Per TPS dibatasi maksimal 500 orang.
"Jadwal akan kita informasikan melalui surat pemberitahuan yang ada di formulir C6," kata Shidqi.

Seluruh petugas KPPS juga akan mengikuti rapid test untuk memastikan kondisi kesehatan mereka. Jika ada yang hasilnya reaktif, maka akan langsung diganti dengan petugas lain. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19 selama pelaksanaan pilkada. [snw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini