Intip Potensi Budi Daya Ikan Patin di Trenggalek, Permintaan Pasar Tinggi

Rabu, 9 November 2022 09:39 Reporter : Rizka Nur Laily M
Intip Potensi Budi Daya Ikan Patin di Trenggalek, Permintaan Pasar Tinggi Ilustrasi ikan patin. ©Kementerian Kelautan dan Perikanan

Merdeka.com - Seorang pengusaha sektor perikanan air tawar asal Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sukses di bidang budi daya ikan patin. Kesuksesannya tidak membuat yang bersangkutan lupa daratan.

Muji, demikian ia akrab disapa, mengajak masyarakat Kabupaten Trenggalek untuk melakukan budi daya ikan patin. Bahkan, ia menjamin keterserapan hasil panen ikan patin yang dikelola masyarakat.

"Saya tidak bisa berbicara banyak, hanya bisa berterima kasih kepada Pak Muji selaku pemilik PT. Tri Sukses Mitra Mandiri mau berinvestasi di sektor budidaya ikan air tawar jenis patin melalui program keperantaraan pasar," ungkap Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin di Trenggalek, Selasa (8/11/2022), dikutip dari Antara.

2 dari 3 halaman

Kembangkan Usaha di Tanah Kelahiran

ikan patin di kelompok maju bersama desa bapeang kecamatan mentawa baru ketapang

©2018 Merdeka.com

Sebenarnya Muji mendapat banyak tawaran untuk membuat kolam budi daya ikan patin di luar Kabupaten Trenggalek, namun tawaran itu tak diambil. Dia lebih memilih mengembangkan usaha di tanah kelahirannya.

Dia pun memilih mengembangkan kolam budi daya ikan patin dengan konsep pemberdayaan masyarakat di Desa Sukowetan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Desa ini dipilih karena tidak memiliki riwayat banjir. Selain itu, akses transportasi mobilisasi hasil panen mudah ditempuh karena desa ini tidak berada di dataran tinggi.

3 dari 3 halaman

Berdayakan Ekonomi Masyarakat

Mas Ipin, sapaan akrab Bupati Trenggalek, berharap budi daya ikan patin di Desa Sukowetan dapat mengangkat perekonomian lokal. Terlebih secara kalkulasi, budidaya ikan ini cukup menguntungkan.

Dia juga meminta pemilik usaha mengajari masyarakat sekitar sekaligus menjadi perantara mereka dengan pasar.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur PT. Tri Sukses Mitra Mandiri Mujiono sepakat dengan saran Bupati Trenggalek. Dia mengungkapkan bahwa pasar ikan patin masih terbuka lebar. 

"Pasarnya masih terbuka lebar, selain itu kami juga masih belum mencukupi kebutuhan kami sendiri," ujarnya.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini