Hujan Deras Tanggul Jebol, Ini Kisah Warga Korban Banjir Kediri Terjebak di Rumah

Jumat, 21 Januari 2022 08:05 Reporter : Rizka Nur Laily M
Hujan Deras Tanggul Jebol, Ini Kisah Warga Korban Banjir Kediri Terjebak di Rumah Ilustrasi banjir. ©Unplash/jonfordphotos

Merdeka.com - Banjir melanda beberapa desa di Kecamatan Grogol dan Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Kamis (20/1/2022).

Menindaklanjuti bencana tersebut, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri mengevakuasi warga dari dalam rumah mereka.

"Anggota melakukan evakuasi karena ketinggian air cenderung naik. Ada satu RT di Desa Gambyok yang kami evakuasi malam ini," ujar Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi, di Kediri, Kamis malam.

2 dari 4 halaman

Proses Evakuasi

Ketinggian air yang masuk ke rumah warga mencapai 50 centimeter. Khawatir air semakin tinggi, BPBD Kabupaten Kediri mengevakuasi warga ke Balai Desa Gambyok, Kecamatan Grogol.

Belum diketahui pasti berapa jumlah warga yang mengungsi di Balai Desa Gambyok. Hingga berita ini ditulis, BPBD Kabupaten Kediri masih terus melakukan evakuasi sekaligus melakukan pendataan.

Banjir yang terjadi di Kecamatan Grogol dan Kecamatan Banyakan itu terjadi lantaran curah hujan yang sangat tinggi. Selain itu, sejumlah tanggul juga dilaporkan jebol.

"Ada tanggul jebol juga di Sungai Hadisingat, Kecamatan Banyakan. Beberapa titik,” lanjut Slamet, dikutip dari Antara.

3 dari 4 halaman

Dampak Banjir

 

Musibah banjir melanda empat desa di Kecamatan Grogol, yakni Desa Jatirejo, Gambyok, Grogol, dan Wonoasri.

Luapan air juga memenuhi beberapa titik jalan raya di Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Akibatnya, arus lalu lintas kawasan tersebut tersendat.

Sejumlah kendaraan bermotor bahkan mogok karena mesin kemasukan air. Petugas Polres Kediri Kota ikut turun tangan membantu warga yang kendaraannya bermasalah.

 

 

4 dari 4 halaman

Banjir Limpahan

Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi menyatakan bahwa banjir di Kabupaten Kediri terjadi karena limpahan air dari pegunungan.

Sebelumnya, hujan dengan curah hujan cukup tinggi terjadi mulai siang hingga pukul 19.00 WIB.

"Semua petugas dari TNI-Polri dan BPBD disebar di berbagai simpul untuk mengurai air. Laporan yang kami terima saat ini perlahan-lahan banjir mulai surut," ujar Kapolres Kediri Kota itu.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini