Fungsi Ideologi Beserta Unsur dan Penjelasannya, Menambah Wawasan

Senin, 15 Februari 2021 19:08 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
Fungsi Ideologi Beserta Unsur dan Penjelasannya, Menambah Wawasan Ilustrasi Bendera Indonesia. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ideologi memiliki arti suatu kumpulan ide-ide dasar, gagasan, keyakinan serta kepercayaan yang memiliki sifat sistematis sesuai dengan arah serta tujuan yang ingin dicapai di dalam kehidupan nasional suatu bangsa serta negara.

Istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu idea serta logi. Idea berarti melihat, sedangkan logi berasal dari kata logos yang artinya adalah pengetahuan atau teori. Jadi, ideologi dapat diartikan sebagai hasil penemuan dalam pikiran yang berupa pengetahuan atau teori.

Fungsi ideologi juga dapat diartikan sebagai suatu kumpulan konsep yang bersistem yang dijadikan sebagai asas, atau pendapat yang memberikan arah tujuan bagi kelangsungan hidup. Ideologi sangatlah diperlukan bagi suatu negara.

Jika suatu negara tidak miliki ideologi, maka bangsa tersebut akan rapuh serta perlahan-lahan akan hancur. Karenanya ideologi merupakan suatu pandangan beserta falsafah hidup dari suatu bangsa. Maka dari itu, fungsi ideologi sendiri merupakan suatu landasan beserta tujuan hidup dari suatu negara. Dilansir dari Liputan6.com, berikut ini kami telah rangkum fungsi ideologi beserta unsur dan penjelasannya.

Baca Selanjutnya: Fungsi Ideologi sebagai Orientasi Dasar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini