Efisiensi adalah Pengurangan Jumlah Sumber Daya untuk Produk Tertentu, Wajib Tahu

Rabu, 24 Maret 2021 15:14 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
Efisiensi adalah Pengurangan Jumlah Sumber Daya untuk Produk Tertentu, Wajib Tahu Ilustrasi industri. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Efisiensi menandakan sebuah kinerja puncak dengan menggunakan jumlah masukan paling sedikit guna mencapai jumlah keluaran tertinggi. Efisiensi membutuhkan pengurangan jumlah sumber daya yang sebenarnya tidak perlu termasuk waktu dan energi pribadi untuk menghasilkan keluaran tertentu.

Efisiensi adalah konsep yang dapat diukur dan dapat ditentukan dengan menggunakan rasio keluaran yang berguna terhadap masukan total. Ini meminimalkan pemborosan sumber daya seperti bahan fisik, energi, dan waktu sambil mencapai hasil yang diinginkan.

Efisiensi adalah suatu langkah guna melakukan proses yang sesingkat mungkin, jadi tak ada yang terbuang dan semua proses akan dioptimalkan. Sebetulnya, efisiensi sendiri juga dapat berjalan di berbagai bidang kehidupan kita, contohnya saja ekonomi, efisiensi pasar, ataupun efisiensi operasi.

Maka dari itu, suatu langkah efisiensi akan sangat berpengaruh terhadap suatu proses yang sedang diproduksi, guna mencapai keuntungan sebesar mungkin dengan langkah yang seefisien mungkin.

Dilansir dari Investopedia, berikut ini kami telah merangkum pengertian efisiensi beserta penjelasannya secara rinci.

Baca Selanjutnya: Pengertian Efisiensi...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Jatim
  4. Yogyakarta
  5. Istilah Ekonomi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini