Doa Terhindar dari Mimpi Buruk Lengkap dengan Artinya, Amalkan Sebelum Tidur

Rabu, 30 November 2022 21:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
Doa Terhindar dari Mimpi Buruk Lengkap dengan Artinya, Amalkan Sebelum Tidur ilustrasi berdoa. © pexels.com/RODNAE Productions

Merdeka.com - Doa terhindar dari mimpi buruk menurut Islam berikut ini patut Anda hafalkan. Sebelum tidur terutama di malam hari, dianjurkan bagi umat muslim untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Dan doa terhindar dari mimpi buruk dapat Anda tambahkan dalam rutinitas tersebut.

Doa sebelum tidur dibaca agar Anda terhindar dari gangguan setan. Doa ini didapatkan dari doa-doa yang telah diajarkan Rasulullah SAW. Selain itu, ada juga yang diambil dari ayat-ayat Al-Quran. Doa terhindar dari mimpi buruk dibaca untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Dilansir dari dream.co.id, ini dia bacaan doa terhindar dari mimpi buruk yang patut dihafalkan dan dibaca setiap hari, terutama sebelum tidur malam.

2 dari 3 halaman

Doa Terhindar dari Mimpi Buruk

Seringkali manusia mengalami mimpi buruk saat tertidur. Mimpi buruk ini dapat membuat istirahat menjadi kurang berkualitas dan tidak maksimal. Untuk itu, dianjurkan bagi umat muslim sekalian membaca doa terhindar dari mimpi buruk seperti di bawah ini;

1. Doa Agar Tidak Mimpi Buruk Saat Tidur

Nu’minu billahi natsiqu billahi naruddu umurana ilallahi wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim.

Artinya: “Kami beriman kepada Allah, kami percaya kepada Allah, kami mengembalikan semua urusan kami kepada Allah, cukup bagi kami Allah, Dia adalah sebaik-baik penolong, dan tiada daya dan upaya melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

2. Doa Agar Dilindungi Allah SWT Saat Tidur

Allahumma gharatin nujum wa hadaatil 'uyun wa anta hayyun qoyyum ya hayyu ya qoyyum ahdi laili wa anim 'aini.

Artinya: "Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah terpejam, Engkau adalah Dzat Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, Wahai Dzat yang Maha Hidup dan Wahai Dzat yang Maha Berdiri sendiri, tenangkanlah malamku dan lelapkanlah mataku."

3. Doa Tidur dari Ayat Kursi

Doa tidur agar terhindar dari mimpi burukjuga ada yang dikutip dari ayat-ayat Al-Quran, salah satunya surat Al-Baqarah ayat 255 atau ayat kursi. Membaca ayat kursi sebelum tidur sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Sebagaimana kisah dari Abu Hurairah RA yang saat itu bermimpi bertemu dengan pencuri zakat: “Jika Engkau hendak tidur, maka bacalah ayat kursi. Jika Engkau membacanya, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu, dan setan tidak akan mendekatimu sampai subuh tiba.”

Berikut bacaan doa terhindar dari mimpi buruk tersebut;

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu laa ilaaha illa huwal haiyul qaiyyum, laa takhudzuhuu sinatuw walaa nauum, lahu maa fii samaawaati wamaa fil 'ardhi, man dzalladzi yasyfau indahuu illa biidznih, yaklamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yukhiituuna bi syaiin min 'ilmihii illaa bimaasyaak, wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal 'ardla, wa laa yauuduhuu hifdzuhumaa wa huwal 'aliyyul adziim.

Artinya: "Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar."

3 dari 3 halaman

4. Doa Tidur Agar Terhindar dari Siksa Neraka

Allahumma qini 'adzabika yauma tab'atsu 'ibadaka.

Artinya: "Ya Allah, lindungilah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau bangkitkan para hamba-Mu."

5. Doa Tidur Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Selain doa-doa tidur di atas, umat muslim juga bisa membaca surat Al Ikhlas, An Falaq dan An Naas ketika sebelum tidur.  Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari ibu ‘Aisyah RA:

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam biasanya ketika akan tidur di setiap malam, beliau menyatukan kedua telapak tangan kemudian meniup keduanya dan membaca Qul huwallahu’ahad dan Qul a’udzubi rabbil falaq dan Qul a’udzubirobbin nass. Kemudian mengusap tubuh dengan keduanya semaksimal mungkin, dimulai dari kepala dan wajahnya, serta bagian depan tubuhnya. Hal itu dilakukan sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)

6. Doa Terhindar dari Mimpi Buruk Saat Tidur

Bismika rabbi wadha’tu janbi wabismika arfa’uhu faghfirli dzanbi. Allahumma qini ‘adzabaka yauma tab’atsu ‘ibadaka. Allahumma bismika ahya wa amut, Allahumma inni a‘udzubika min-syarri kulli dzi syarrin. Wa min syarri kulli daabbatin anta akhidzun binashiyatihaa, inna rabbi ’ala shirathin mustaqim.

Artinya: "Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, kuletakkan rusukku dan dengan nama-Mu pula kuangkat tulang itu serta ampunilah dosa-dosaku. Ya Allah semoga Engkau menjagaku dari azab-Mu pada hari di mana Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari keburukan segala sesuatu yang memiliki keburukan serta dari kejahatan setiap yang melata. Engkaulah yang menggenggam ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus."

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini