Dampak Corona, Ini 6 Tips Aman Lakukan Video Conference Agar Terhindar Dari Hacker

Rabu, 8 April 2020 12:01 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
Dampak Corona, Ini 6 Tips Aman Lakukan Video Conference Agar Terhindar Dari Hacker cegah hacker. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Aplikasi atau platform video conference belakangan ini memang kerap digunakan oleh sejumlah kalangan untuk meeting ataupun hanya sekedar melepas rindu dengan kerabat. Namun, masih bayak orang yang belum menyadari bahwa koneksi jarak ini tak luput dari ancaman dan serangan hacker.

Meskipun kemampuan dalam menanggulanginya sudah luar biasa, akan tetapi pelaku kejahatan siber akan terus memutar otak untuk menggaet korban. Jika terdapat peluang untuk mengeksploitasi situasi dan dapat memikat orang untuk memberikan data pribadi atau meminta pengiriman uang secara palsu, hacker akan memanfaatkan kesempatan tersebut.

Para peneliti di Kaspersky sebelumnya sudah melihat contoh malware virus corona/Covid-19 yang telah mencoba menyembunyikan file berbahaya dalam dokumen terkait dengan penyakit atau virus ini. namun, rupanya peluang ancaman siber lainnya tidak hanya sampai di situ.

Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara (SEA) di Kaspersky telah mengatakan bahwa situasi lockdown di beberapa negara, dan telah melahirkan tren baru lewat sebuah perubahan dengan maraknya video conference.

"Pelaku kejahatan siber mengetahui tren ini dan mereka bisa memanfaatkan, mengeksploitasi dan menyusup melalui entri atau pintu masuk yang berbeda, seperti Wi-Fi yang tidak aman, jaringan tanpa enkripsi, penggunaan kata sandi yang lemah, dan izin aplikasi yang buruk atau diabaikan," ujar Yeo melalui keterangan yang disampaikannya, Selasa (7/4/2020).

Untuk itu, adapun 6 langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk melindungi dan mengurangi risiko siber terkait konektivitas jarak jauh, seperti video conference, berikut kami telah rangkum dan dilansir dari Liputan6.com.

Baca Selanjutnya: Langkah Sederhana Cegah Hacker...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini