Contoh Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya, Wajib Diketahui

Kamis, 10 Juni 2021 14:15 Reporter : Edelweis Lararenjana
Contoh Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya, Wajib Diketahui Ilustrasi pencemaran lingkungan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Manusia dan organisme hidup menghasilkan limbah dari proses pencernaan dan metabolisme tubuhnya. Pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat mengakibatkan adanya kebutuhan yang terus meningkat dengan cepat pula. Di lain pihak, sumber daya alam yang tersedia seperti air, udara, dan lahan yang ada di permukaan bumi ini jumlahnya tetap.

Sementara, peningkatan kualitas hidup oleh manusia terus dilakukan dan salah satu caranya adalah dengan mengembangkan sistem industri. Manusia menggunakan bahan kimia untuk meningkatkan produksi pangan agar kebutuhan pangan dapat terpenuhi.

Manusia bahkan juga memanfaatkan teknologi nuklir untuk memenuhi kebutuhan energi. Artinya, manusia memanfaatkan teknologi dan hasil teknologi untuk kepentingannya secara berlebihan. Akibatnya limbah yang dihasilkannya tidak mampu diuraikan kembali oleh alam sehingga terjadilah pencemaran lingkungan.

Berikut adalah uraian selengkapnya mengenai hal-hal yang perlu diketahui tentang pencemaran lingkungan beserta contoh-contoh pencemaran lingkungan yang dapat diamati.

Baca Selanjutnya: Definisi Pencemaran Lingkungan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini