Cara Mencegah Anemia yang Menarik Diketahui, Perhatikan Asupan Makanan

Jumat, 4 Februari 2022 16:16 Reporter : Edelweis Lararenjana
Cara Mencegah Anemia yang Menarik Diketahui, Perhatikan Asupan Makanan Ilustrasi anemia. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/alexskopje

Merdeka.com - Cara mencegah anemia patut diketahui untuk meminimalisir efek buruknya. Anemia adalah kondisi gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita.Anemia terjadi ketika seseorang memiliki terlalu sedikit sel darah merah atau jumlah protein darah vital yang disebut hemoglobin yang tidak mencukupi.

Ini berarti, darah tidak membawa oksigen yang cukup ke seluruh bagian tubuh Anda. Banyak jenis anemia yang ringan dan hanya berlangsung dalam jangka waktu yang pendek. Namun kondisi ini bisa menjadi serius jika tidak ditangani dalam waktu lama. Kabar baiknya, anemia seringkali dapat dicegah dan diperbaiki dengan mudah dengan mendapatkan cukup asupan zat besi.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai cara mencegah anemia yang patut untuk Anda ketahui, agar Anda dapat dijauhkan dari penyakit yang satu ini. Dilansir darimedicinenet.com dannewsinhealth.nih.gov, ini dia cara-caranya.

2 dari 4 halaman

Mengenal Anemia

Rata-rata tubuh pria mengandung sekitar 12 liter darah dan tubuh wanita sekitar 9 liter darah. Darah menyumbang 7-8% dari total berat badan kita dan terdiri dari 45% sel darah (sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit) dan 55% plasma.

Sel darah merah (RBC) adalah sel yang paling melimpah dalam darah; mereka mengandung protein khusus yang disebut 'hemoglobin' yang membantu mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh. Kehadiran hemoglobin dalam darah memberikan warna kemerahan.

Anemia adalah salah satu kelainan darah yang paling umum terjadi. Kondisi ini ditandai dengan penurunan jumlah sel darah merah (eritrosit) yang bersirkulasi dalam tubuh atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, dilansir dari southgatemedical.com.au.

Dalam kondisi seperti itu, tubuh tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi yang berbeda. Anemia dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, kulit pucat, sesak napas, dan banyak komplikasi lainnya.

3 dari 4 halaman

Jenis dan Penyebab Anemia yang Paling Umum

Jenis anemia yang paling umum terjadi ketika tubuh Anda kekurangan zat besi. Kondisi ini disebut anemia defisiensi besi, dan sering muncul jika Anda tidak memiliki cukup zat besi dalam makanan. Cara mencegah anemia jenis ini perlu Anda ketahui,

Tubuh Anda membutuhkan zat besi dan nutrisi lain untuk membuat hemoglobin dan sel darah merah yang sehat. Jadi, penting untuk mendapatkan pasokan zat besi secara teratur serta vitamin B12, folat, dan protein.

Penyebab umum lain dari anemia defisiensi besi adalah kehilangan darah, yang mungkin timbul dari cedera, persalinan, atau pembedahan. Wanita usia subur berisiko mengalami anemia defisiensi besi karena kehilangan darah dari periode menstruasi.

Wanita juga membutuhkan zat besi ekstra selama kehamilan. Dr Harvey Luksenburg, spesialis penyakit darah di National Institute of Health US, mengatakan bahwa jika anemia tidak diobati selama kehamilan, wanita dapat melahirkan anak yang kekurangan zat besi.

Kekurangan zat besi ini dapat mempengaruhi laju pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Banyak pengidap anemia mungkin tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Karena, gejala anemia rata-rata ringan atau bahkan tidak bergejala sama sekali.

Setelah dapat sepenuhnya memahami mengapa anemia terjadi, Anda dapat membuat rencana komprehensif untuk mencegahnya. Berikut adalah empat penyebab utama anemia:

  • penurunan atau produksi sel darah merah yang tidak normal (seperti hereditas sferositosis, talasemia)
  • kehilangan sel darah merah secara fisik (seperti pendarahan dari usus atau perut, menstruasi berat atau melahirkan, kanker, maag, dan gastritis)
  • penghancuran sel darah merah (seperti anemia sel sabit dan katup jantung buatan)
  • penurunan jumlah sel darah merah (karena kekurangan zat besi, kekurangan vitamin, sumsum tulang, dan masalah sel induk).
4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Anemia

Cara mencegah anemia tergantung pada faktor yang mendasari dan tingkat keparahannya. Kasus anemia ringan biasanya membaik dengan beberapa perubahan gaya hidup yang cepat, sedangkan kasus yang parah mungkin memerlukan perawatan berkelanjutan dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani.

Sulit untuk mengobati atau mencegah anemia yang disebabkan oleh penyakit genetik, demikian pula Anda tidak dapat menghindari anemia yang disebabkan karena kehilangan banyak darah.

Jika tubuh Anda kekurangan atau tidak mampu menyerap dan memanfaatkan nutrisi tertentu, seperti zat besi atau vitamin B12, membuat perubahan pola makan dapat membantu mengelola kadar dan mencegah anemia. Berikut adalah beberapa cara mencegah anemia yang bisa dilakukan;

  • Makan banyak makanan kaya zat besi, seperti tahu, sayuran hijau dan berdaun, daging merah tanpa lemak, lentil, kacang-kacangan dan sereal dan roti yang diperkaya zat besi.
  • Makan dan minum makanan dan minuman yang kaya vitamin C.
  • Hindari minum teh atau kopi dengan makanan Anda, karena dapat mempengaruhi penyerapan zat besi.
  • Dapatkan cukup vitamin B12 dan asam folat dalam diet Anda.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini