Beasiswa Fakultas Kedokteran Unair untuk Siswa Pamekasan Dibuka, Ini Syaratnya

Selasa, 28 Juni 2022 09:03 Reporter : Rizka Nur Laily M
Beasiswa Fakultas Kedokteran Unair untuk Siswa Pamekasan Dibuka, Ini Syaratnya Universitas Airlangga. ©panoramio.com

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, kembali membuka beasiswa bagi siswa lulusan SMA/sederajat yang hendak melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Kota Surabaya.

Tahun ini merupakan tahun kedua pemberian beasiswa bagi siswa lulusan SMA/sederajat di Kabupaten Pamekasan yang hendak kuliah di FK Unair. Setelah program tersebut dimulai pertama kali pada 2021 lalu.

Berbeda dengan tahun lalu, kali ini Pemkab Pamekasan menambahkan syarat penerima bantuan beasiswa fakultas kedokteran harus hafal Alquran minimal 20 juz.

"Syarat hafal Alquran minimal 20 juz merupakan tambahan untuk penyaluran bantuan beasiswa tahun ini," terang Bupati Pamekasan Baddrut Tamam di Pamekasan, Senin (27/6).

2 dari 3 halaman

Cara Dapat Beasiswa

rsu universitas airlangga surabaya
©2020 Merdeka.com/news.unair.ac.id

Tata cara mendapatkan beasiswa dari Pemkab Pamekasan adalah siswa yang hendak kuliah di Fakultas Kedokteran Unair harus mengikuti tes masuk terlebih dahulu sesuai ketentuan yang berlaku. 

Selanjutnya, Pemkab Pamekasan akan memberikan beasiswa kepada siswa yang lolos tes masuk Fakultas Kedokteran Unair dan berasal dari keluarga kurang mampu. 

Beasiswa yang diberikan meliputi semua jenis biaya kuliah, mulai dari uang gedung, SPP, uang kos dan uang makan.

Pada 2021 lalu, Pemkab Pamekasan menyediakan beasiswa untuk 10 orang, namun siswa yang diterima di Fakultas Kedokteran Unair dan lolos seleksi program beasiswa pemkab setempat hanya empat orang. 

"Tahun 2022, kita memberi beasiswa lagi, tapi ada syarat tambahan. Selain lulus seleksi ujian masuk perguruan tinggi di Unair, yang bersangkutan harus hafal Alquran minimal 20 juz," imbuh Bupati Pamekasan, dikutip dari Antara. 

3 dari 3 halaman

Syarat Pendaftaran

 

Sebelumnya,Kepala Disdikbud Pemkab Pamekasan, Akhmad Zaini menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi siswa Pamekasan jika hendak mengakukan permohonan beasiswa. Pertama, menyetorkan berkas permohonan kepada Bupati Pamekasan dengan melampirkan kartu ujian tulis mandiri kemitraan.

Kedua, calon mahasiswa yang tidak mampu wajib melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kepala desa atau kelurahan setempat.

Ketiga, hafal Alquran minimal 20 juz yang dibuktikan dengan melampirkan sertifikat dari lembaga tahfidz yang menaunginya. 

Keempat, melengkapi tiga persyaratan di atas, siswa pelamar beasiswa Pemkab Pamekasan juga harus menyetorkan rapor SMA/MA atau yang sederajat.

"Berkas permohonan untuk mendapatkan rekomendasi ditutup pada 30 Juni 2022. Semua berkas di atas disetorkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab Pamekasan," ujarnya. 

Sebagai informasi, beasiswa Pemkab Pamekasan untuk mahasiswa yang kuliah di Fakultas Kedokteran Unair terjadi berkat kerja sama antara pemkab dengan perguruan tinggi tersebut.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini