9 Manfaat Jus Kurma bagi Tubuh, Salah Satunya Bantu Turunkan Kolesterol

Kamis, 1 Desember 2022 17:10 Reporter : Edelweis Lararenjana
9 Manfaat Jus Kurma bagi Tubuh, Salah Satunya Bantu Turunkan Kolesterol Ilustrasi kurma. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/al1962

Merdeka.com - Mengonsumsi kurma adalah salah satu cara tercepat dan terbaik untuk meningkatkan energi. Kurma dikenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi, bersama dengan vitamin dan mineral penting lainnya.

Jus kurma adalah bentuk konsumsi kurma populer lainnya selain dari versi kurma segar dan kering yang populer. Jus yang sangat lezat dan rasanya manis ini dibuat dari kurma alami dan tersedia dalam bentuk kemasan.

Jus kurma kaya akan zat besi, folat, kalsium, magnesium, fosfor, seng dan vitamin kunci lainnya seperti B1, B2, B3 dan C. Selain membantu kesehatan tulang, jus kurma merupakan obat mujarab untuk pasien anemia.

Jus kurma adalah tonik kesehatan alami untuk anak-anak dan orang dewasa. Umumnya, jus kurma dibuat dengan mencampurkan kurma yang sudah direndam sebelumnya dengan air atau susu. Tinggi akan gula alami, jus kurma rasanya cukup manis meski tanpa ditambah gula.

Lantas, apa saja manfaat jus kurma bagi tubuh? Dilansir dari Healthline, berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 4 halaman

1. Membuat Kulit Lebih Cerah

Manfaat jus kurma yang pertama adalah dapat membantu membuat kulit tampak bersinar dan cerah alami. Menurut para profesional, mengonsumsi jus kurma setiap hari akan meningkatkan tampilan kulit, membuatnya bercahaya dan lebih cerah.

Sebagai sumber vitamin C dan D yang baik, jus kurma dapat meningkatkan kualitas kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Konsumsi rutin jus kurma membantu dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dan meningkatkan cahaya alami dari dalam.

2. Membuat Kulit Lembut dan Berkilau

Manfaat jus kurma yang kedua masih berada di seputaran kulit. Dengan meningkatkan kadar trombosit dalam darah, jus kurma memastikan nutrisi yang tepat diberikan ke sel-sel kulit.

Sederhana dan mudah disiapkan, meminum jus lezat ini setiap hari akan memastikan kulit tetap lembut dan kenyal. Manfaat tambahan jus kurma untuk kulit adalah dapat mengekang produksi melanin di kulit dan dengan demikian mencegahnya menggelap dan kusam.

3. Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Manfaat jus kurma yang ketiga adalah baik untuk pertumbuhan rambut. Manfaat jus kurma untuk rambut sangat banyak. Tekstur tebal dan halus untuk rambut adalah salah satu manfaat yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi sari kurma secara rutin.

Kurma memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan folikel rambut untuk bekerja dengan baik dan memberi Anda rambut yang tebal dengan kehalusan instan. Kandungan zat besi dan folat yang tinggi dalam jus dapat memperkuat folikel rambut dari dalam dan mengurangi kerontokan rambut.

3 dari 4 halaman

4. Merangsang Persalinan Alami

Manfaat jus kurma yang ke empat adalah merangsang persalinan secara alami. Bagi ibu hamil yang berharap bisa melahirkan secara normal, jus kurma memiliki beberapa manfaat.

Minum jus kurma di bulan terakhir kehamilan akan membantu kontraksi otot rahim. Kurma memiliki beberapa enzim yang memiliki fungsi yang sama seperti oksitosin pada wanita.

5. Bantu Cegah Kanker Mematikan

Manfaat jus kurma yang kelima adalah untuk membantu mencegah pertumbuhan kanker mematikan. Terdapat antioksidan dalam jus kurma yang membantu menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan kanker.

Kurma membantu dalam pencegahan penyakit yang tepat. Kurma adalah salah satu minuman sempurna yang sehat dan cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Inilah mengapa jus kurma baik untuk kesehatan.

6. Membantu Menambah Berat Badan

Manfaat jus kurma yang ke enam adalah untuk membantu menambah berat badan. Tingginya kadar gula dan karbohidrat membuat jus kurma menjadi pilihan sempurna bagi mereka yang ingin menambah berat badan.

Kurma adalah obat alami untuk menambah berat badan pada orang kurus. Selain membantu menambah berat badan, jus kurma juga dapat membuat Anda sehat dengan manfaat nutrisinya yang luar biasa.

4 dari 4 halaman

7. Lancarkan Pergerakan Usus

Manfaat jus kurma yang ketujuh adalah untuk membantu melancarkan pergerakan usus. Ada kualitas pencahar dalam jus kurma yang menjadikannya pilihan sempurna untuk mengatur pergerakan usus dan membuatnya lebih mudah untuk buang air besar.

Segelas jus kurma segar setiap hari memastikan bahwa Anda memiliki obat yang terbukti ampuh untuk sembelit. Hal ini terjadi karena tingginya jumlah serat dalam minuman jus kurma.

8. Turunkan Kolesterol Jahat atau LDL

Manfaat jus kurma yang ke delapan adalah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. LDL yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat adalah salah satu penyebab utama masalah jantung dan serangan serta stroke.

Jus kurma adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi LDL dalam tubuh melalui kandungan serat makanan dalam minumannya. Jus uni membantu dalam menjaga tubuh dan jantung tetap sehat dari kolesterol.

9. Perkuat Tulang dan Gigi

Manfaat jus kurma yang terakhir adalah untuk membantu memperkuat tulang dan gigi. Kalsium, tembaga, mangan, dan magnesium adalah beberapa mineral yang ada dalam jus kurma pada jumlah yang baik.

Kandungan ini membantu menjaga tulang serta gigi tetap kuat dan bebas dari masalah. Mineral-mineral tersebut juga menambah manfaat dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Ini adalah manfaat yang baik untuk tulang dan gigi Anda.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini