8 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Cepat Mengatasinya

Minggu, 7 Juni 2020 13:45 Reporter : Edelweis Lararenjana
8 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Cepat Mengatasinya Ilustrasi kucing. ©Shutterstock/Okssi

Merdeka.com - Kucing peliharaan yang tiba-tiba mogok makan adalah hal yang cukup umum terjadi. Seringkali, hal tersebut disebabkan karena kucing sedang merasa bosan dengan menu makanan sehari-harinya dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Namun, hal lain yang lebih serius juga bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Seperti misal, masalah kesehatan.

Untuk itu, Anda harus memahami penyebab mengapa tiba-tiba kucing peliharaan Anda bertingkah demikian. Ketika hewan tidak makan dengan cukup, mereka harus mengandalkan cadangan lemaknya sebagai energi. Sebelum lemak yang disimpan dapat digunakan untuk bahan bakar, lemak harus diproses oleh hati. Langkah ini membutuhkan pasokan protein yang cukup.

Penyebab kucing tidak mau makan seringkali mengindikasikan adanya penyakit. Jadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan segera setelah Anda melihat perubahan dalam kebiasaan makan kucing peliharaan. Semakin cepat Anda merespons masalah, semakin Anda mampu melakukan sesuatu yang dapat membantu dan meningkatkan kembali kondisi kesehatannya.

Berikut ini adalah 8 penyebab kucing tidak mau makan secara umum, dan beberapa cara cepat untuk mengatasinya.

2 dari 11 halaman

Pentingnya Masalah Kucing yang Tidak Mau Makan

Jika kucing Anda merasa tidak enak badan, ia mungkin berhenti makan karena ada sesuatu yang tersangkut di perut atau ususnya. Atau, kucing Anda mungkin tidak menyukai makanan yang Anda tawarkan. Berkurangnya nafsu makan pada kucing juga bisa menjadi gejala penyakit atau rasa tidak nyaman.

Jika Anda memiliki jenis kucing gemuk (obesitas) yang tiba-tiba berhenti makan, ia dapat dengan cepat mengembangkan lipidosis hati dengan tidak makan selama beberapa hari. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit hati berlemak atau sindrom hati berlemak dan bisa berakibat fatal jika tidak dirawat.

Ini adalah alasan utama mengapa sangat penting untuk memastikan kucing Anda, terutama jika ia kelebihan berat badan, harus terus makan. Dengan penyakit hati berlemak, organ hati akan kewalahan untuk memproses lemak menjadi energi. Kelebihan lemak yang disimpan di sekitar hati kucing dapat memperburuk situasi. Apabila organ hati tidak bekerja secara efektif, kucing dapat menderita dan mati.

Penyebab kucing tidak mau makan secara umum terbagi menjadi dua yaitu karena masalah kesehatan dan karena masalah makanan. Berikut penjelasan lengkapnya.

3 dari 11 halaman

1. Penyakit Pernapasan

013 indra cahya©2016 Merdeka.com

Penyebab kucing tidak mau makan yang pertama adalah adanya penyakit pada saluran pernapasannya. Masalah pernapasan dapat memengaruhi indra penciuman kucing atau kemampuan untuk bernapas dan menyebabkan hilangnya nafsu makan, menurut artikel dari Cornell University College of Veterinary Medicine.

Penyakit pernapasan atas dapat menyumbat hidung dan mata kucing Anda dengan keluarnya kotoran, sehingga mengakibatkan kehilangan atau pembatasan penglihatan dan bau sementara. Penyakit saluran pernapasan bagian bawah dapat memengaruhi paru-paru kucing sehingga menyebabkannya sulit bernapas.

Masalah pernapasan ini mungkin dapat dibersihkan dengan beberapa antibiotik sederhana atau mungkin serumit kanker. Terlepas dari tingkat keparahan masalah pernapasan, jika kucing tidak bisa mencium bau makanannya maka kucing tidak akan mau makan lagi.

4 dari 11 halaman

2. Penyakit Sistem Pencernaan

Penyebab kucing tidak mau makan yang kedua adalah karena adanya penyakit pada sistem pencernaannya. Masalah dengan perut, usus, pankreas, atau bagian lain dari sistem pencernaan kucing dapat menyebabkan kucing berhenti makan.

Kucing Anda mungkin juga muntah dan mengalami diare atau sakit perut di samping masalah pencernaan. Tetapi biasanya, penurunan nafsu makan akan menjadi salah satu tanda pertama dari masalah sistem pencernaan. Masalah dapat berkisar dari refluks asam, tumor, ketidakseimbangan bakteri usus, parasit, penyakit iritasi usus, dan masalah lainnya.

5 dari 11 halaman

3. Menelan Benda Asing

012 bramy biantoro© Catster

Penyebab kucing tidak mau makan yang ketiga adalah karena kucing Anda baru-baru saja menelan sesuatu yang asing. Beberapa kucing suka memakan hal-hal yang tidak boleh mereka telan atau tidak bisa diproses, yang kesemuanya bisa tersangkut di perut atau usus.

Benda asing yang tersangkut di kucing Anda kemudian dapat menjadi penghalang. Halangan tidak akan membiarkan makanan melewati saluran pencernaan dan karenanya kucing Anda bisa muntah, maka kemungkinan besar berhenti makan. Beberapa benda asing yang dapat melewati sistem pencernaan kucing Anda akan menyebabkan muntah, diare, dan juga kurang nafsu makan.

6 dari 11 halaman

4. Penyakit Gigi

Penyebab kucing tidak mau makan yang keempat adalah karena terdapat penyakit pada area mulut dan gigi kucing. Gigi dan gusi yang sakit dapat menyebabkan kucing Anda berhenti makan. Kucing dapat mematahkan giginya, mengembangkan lesi resorptif pada giginya, meradang pada gusi, membentuk abses gigi, dan mengalami masalah gigi lainnya yang menyebabkan sakit mulut.

Seperti halnya manusia, kucing Anda mungkin tidak mau makan jika mulutnya sakit. Namun, masalah gigi mungkin sulit didiagnosis pada kucing, dan dokter hewan Anda mungkin perlu membius untuk mengevaluasi masalahnya.

7 dari 11 halaman

5. Rasa Makanan

Penyebab kucing tidak mau makan yang kelima adalah rasa yang terkandung dalam makanannya. Selera makan kucing adalah hal yang unik. Jadi ada baiknya untuk mengenali apa varian rasa yang disukai oleh kucing Anda. Biasanya hewan peliharaan yang satu ini cukup menggemari makanan yang mengandung ikan, seperti tuna, salmon, tenggiri, atau bahkan ikan laut.

 8 penyebab kucing tidak mau makan dan cara cepat mengatasinya©Muezza


Nah varian tersebut bisa ditemukan pada Muezza Cat Food yang tersedia dalam empat rasa favorit, yaitu Tuna Flavor, Salmon Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor. Cat food ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari  The Central Islamic Committee of Thailand dan bisa dipesan via di toko-toko berikut.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

8 dari 11 halaman

6. Bentuk atau Tekstur Makanan

makanan kucing©2020 Merdeka.com

Penyebab kucing tidak mau makan yang keenam adalah karena bentuk atau tekstur makanannya. Kucing juga bisa peka terhadap bentuk dan tekstur tertentu dalam makanan. Beberapa kucing menyukai bentuk segitiga, yang lain menyukai bentuk bulat, dan yang lain hanya akan makan makanan kering yang renyah atau makanan basah kalengan.

9 dari 11 halaman

7. Makanan Basi

Penyebab kucing tidak mau makan yang ketujuh adalah karena mungkin makanan yang Anda berikan kepadanya sudah basi atau kadaluarsa. Jika Anda memberikan makanan kadaluarsa atau busuk kepada kucing, ia mungkin tidak mau memakannya.

Untuk itu. selalu periksa tanggal kadaluarsa makanan. Atau, paling tidak, cium dulu makanannya untuk mengetahui apakah baunya tengik dan sudah busuk.

10 dari 11 halaman

8. Bau Makanan

Penyebab kucing tidak mau makan yang kedelapan adalah karena mungkin ia mengingat bau atau rasa makanan yang ia makan. Jika kucing Anda mulai berhenti makan makanan yang biasa Anda berikan, periksa lagi untuk melihat apakah ada penarikan atau perubahan formula pada makanan tersebut.

Untuk itu, Anda disarankan untuk harus terus menyimpan makanan kering kucing Anda di wadah aslinya sehingga Anda dapat memeriksa barcodenya. Terkadang kucing bisa merasakan ada yang salah dan tidak mau memakannya.

11 dari 11 halaman

Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan

Tergantung pada alasan mengapa kucing Anda berhenti makan, Anda mungkin bisa membujuknya untuk mulai makan lagi. Namun, cara tercepat untuk mengetahui apakah ada alasan medis untuk masalah nafsu makan kucing adalah dengan memeriksakannya ke dokter hewan.

Jika penyakit pernapasan bagian atas menyebabkan hidung kucing tersumbat dan tidak bisa mencium makanannya, bantu ia untuk membersihkan saluran hidungnya. Selain itu, cobalah memanaskan makanan kucing basah yang dingin atau tuna selama beberapa detik dalam microwave. Atau, tawarkan makanan kucing kaleng, tuna kaleng, atau ayam kalengan untuk mengembalikan nafsu makannya.

Lakukan percobaan dengan memilih rasa, tekstur, atau bentuk makanan yang berbeda untuknya. Anda juga bisa membuat makanan kucing sendiri seperti tempe atau ayam rebus. Kucing Anda mungkin lebih suka bahan-bahan segar tersebut. Periksa juga apakah merek makanan yang selalu dimakan kucing Anda baru-baru ini mengubah formula atau bahan-bahannya.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini