8 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan, Bantu Perbaiki Ingatan dan Atasi Lelah

Jumat, 4 Desember 2020 14:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
8 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan, Bantu Perbaiki Ingatan dan Atasi Lelah ilustrasi musik. ©www.bbc.co.uk

Merdeka.com - Musik adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia sejak zaman dulu hingga sekarang. Musik selalu ada, menemani setiap peradaban dalam ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Musik bahkan dapat dikatakan sebagai salah satu bahasa universal yang menghubungkan orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

Menurut para peneliti, salah satu fungsi musik yang paling penting adalah menciptakan perasaan kohesi atau keterhubungan sosial. Ilmuwan evolusi mengatakan manusia mungkin telah mengembangkan ketergantungan pada musik sebagai alat komunikasi karena nenek moyang kita adalah keturunan dari spesies arboreal - penghuni pohon yang saling memanggil melintasi kanopi.

Musik tetap menjadi cara yang ampuh untuk menyatukan orang. Sebut saja dengan lagu kebangsaan yang menghubungkan orang banyak di acara olahraga, lagu-lagu protes yang membangkitkan rasa tujuan bersama selama pawai, himne yang membangun identitas kelompok di rumah ibadah, lagu cinta yang membantu memperkuat ikatan pasangan selama masa pacaran, hingga lagu pengantar tidur yang memungkinkan orang tua dan bayi untuk mengembangkan keterikatan yang aman di antara mereka.

Manfaat mendengarkan musik semakin menunjukkan sisi positif dan keutamaannya dalam mengembangkan produktivitas dan aktivitas manusia. Mengutip dari Healthline, berikut beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

2 dari 5 halaman

Perkuat Daya Ingat & Obati Penyakit Mental

1. Perkuat Daya Ingat

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan yang pertama untuk membantu memperkuat daya ingat. Musik memiliki efek positif pada kemampuan menghafal. Dalam satu studi, peneliti memberi tugas pada partisipan untuk membaca dan kemudian mengingat daftar kata pendek. Mereka yang melakukannya sambil mendengarkan musik klasik memiliki nilai yang ebih unggul daripada mereka yang mengerjakannya dalam keheningan atau white noise.

Studi yang sama juga melacak seberapa cepat orang dapat melakukan tugas pemrosesan sederhana, seperti mencocokkan angka dengan bentuk geometris. Diketahui bahwa musik klasik dapat membantu orang menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan lebih akurat.

Mayo Clinic menunjukkan bahwa meskipun musik tidak membalikkan kehilangan ingatan yang dialami oleh penderita penyakit Alzheimer dan bentuk lain dari demensia, musik terbukti memperlambat penurunan kognitif, membantu penderita demensia ringan atau sedang untuk mengingat episode kehidupan mereka. Memori musik merupakan salah satu fungsi otak yang paling tahan terhadap demensia. Itulah mengapa beberapa pengasuh berhasil menggunakan musik untuk menenangkan pasien demensia dan membangun hubungan saling percaya dengan mereka.

2. Obati Penyakit Mental

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan yang kedua untuk membantu mengobati penyakit mental. Musik adalah dimensi yang benar-benar mampu mengubah otak. Peneliti neurologis telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan beberapa zat kimia saraf yang berperan dalam fungsi otak dan kesehatan mental yaitu;

  • dopamin, bahan kimia yang terkait dengan pusat kesenangan dan "hadiah" 
  • hormon stres seperti kortisol
  • serotonin dan hormon lain yang berhubungan dengan kekebalan
  • oksitosin, zat kimia yang menumbuhkan kemampuan untuk terhubung dengan orang lain

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami secara tepat bagaimana musik dapat digunakan secara terapeutik untuk mengobati penyakit mental, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terapi musik dapat meningkatkan kualitas hidup dan keterhubungan sosial bagi penderita skizofrenia.

3 dari 5 halaman

Turunkan Kecemasan & Redakan Gejala Depresi

3. Turunkan Kecemasan

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan yang ketiga untuk membantu menurunkan rasa cemas berlebihan pada diri seseorang. Terdapat banyak bukti bahwa mendengarkan musik dapat membantu menenangkan hati dan pikiran dalam situasi yang membuat cemas. Studi telah menunjukkan bahwa orang-orang yang menjalani rehabilitasi setelah stroke menjadi lebih rileks setelah mereka mendengarkan musik selama satu jam.

Studi serupa juga menunjukkan bahwa musik yang dicampur dengan suara alam membantu orang merasa tidak terlalu cemas. Bahkan orang yang menghadapi penyakit kritis merasa lebih sedikit membaik dari rasa cemas setelah terapi musik. Mendengarkan musik sebelum peristiwa yang membuat stres tidak mengurangi kecemasan. Tetapi, mendengarkan musik yang menenangkan setelah peristiwa stres dapat membantu sistem saraf Anda pulih lebih cepat.

4. Redakan Gejala Depresi

Manfaat mendengarkan musik yang keempat untuk membantu meredakan gejala depresi. Sebuah tinjauan penelitian tahun 2017 menyimpulkan bahwa mendengarkan musik, terutama musik klasik yang dikombinasikan dengan jazz, memiliki efek positif pada gejala depresi, terutama ketika ada beberapa sesi mendengarkan yang dilakukan oleh terapis musik bersertifikat.

Selain musik jazz atau klasik. ada juga sesi perkusi grup. Tinjauan penelitian yang sama menemukan bahwa lingkaran drum juga memiliki manfaat di atas rata-rata untuk orang yang menghadapi depresi.

4 dari 5 halaman

Tingkatkan Kesehatan Jantung & Atasi Lelah

5. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat mendengarkan musik yang kelima untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Musik dapat membuat Anda ingin bergerak atau menari, dan aktivitas ini diketahui memiliki banyak manfaat yang baik bagi kebugaran tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat mengubah detak napas, detak jantung, dan tekanan darah Anda, bergantung pada intensitas dan tempo musik yang didengarkan.

6. Atasi Lelah

Manfaat mendengarkan musik yang keenam untuk membantu mengatasi rasa lelah. Musik diketahui dapat menyalurkan energi pada siapapun yang mendengarnya. Penelitian yang bertempat di Shanghai University menemukan bahwa musik yang menenangkan dapat membantu mengurangi kelelahan dan menjaga ketahanan otot saat orang-orang melakukan tugas yang berulang. Sesi terapi musik juga mengurangi kelelahan pada orang yang menerima perawatan kanker dan meningkatkan ambang kelelahan bagi orang-orang yang terlibat dalam pelatihan neuromuskuler.

5 dari 5 halaman

Tingkatkan Semangat Olahraga & Atasi Rasa Sakit

7. Tingkatkan Semangat Olahraga

Manfaat mendengarkan musik yang ketujuh untuk membantu meningkatkan semangat dalam menjalani beberapa aktivitas seperti contohnya, berolahraga. Anda pasti sering melihat orang-orang yang jogging atau gym dengan headset yang menempel di telinga. Para penggemar olahraga telah lama mengetahui bahwa musik dapat membantu meningkatkan performa fisik mereka.

Tinjauan penelitian tahun 2020 menegaskan bahwa berolahraga sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan suasana hati, membantu tubuh berolahraga lebih efisien, dan mengurangi kesadaran otak akan pengerahan tenaga. Berolahraga dengan musik juga menghasilkan intensitas dan waktu latihan yang lebih lama. Dalam pengaturan klinis, atlet yang mendengarkan musik cepat dan berintensitas tinggi selama pemanasan termotivasi untuk tampil lebih baik dalam persaingan.

Menyinkronkan latihan atau olahraga dengan musik dapat memungkinkan Anda mencapai performa puncak dengan menggunakan lebih sedikit oksigen dibandingkan jika Anda melakukan latihan yang sama tanpa irama. Musik bertindak sebagai metronom di tubuh, menurut para peneliti.

8. Atasi Rasa Sakit

Manfaat mendengarkan musik yang kedelapan untuk membantu mengatasi rasa sakit. Terapis musik yang terlatih khusus menggunakan musik untuk membantu meringankan rasa sakit di rawat inap dan rawat jalan. Sebuah meta-analysis terhadap lebih dari 90 studi melaporkan bahwa musik membantu orang mengelola nyeri akut dan kronis lebih baik daripada pengobatan saja.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini