8 Jus untuk Ibu Hamil yang Dapat Dikonsumsi, Bantu Tingkatkan Pertumbuhan Janin

Rabu, 3 November 2021 19:15 Reporter : Edelweis Lararenjana
8 Jus untuk Ibu Hamil yang Dapat Dikonsumsi, Bantu Tingkatkan Pertumbuhan Janin Ilustrasi ibu hamil. ©Shutterstock/3dvin

Merdeka.com - Kehamilan adalah salah satu momen paling penting dan menyenangkan dalam hidup seorang wanita. Pada fase ini, ibu hamil harus menjaga kesehatannya dengan baik untuk menjaga bayinya tetap ternutrisi.

Penting bagi para wanita yang sedang hamil untuk mempertahankan diri agar sehat secara mental dan fisik. Para wanita hamil ini juga harus tahu jenis makanan apa yang harus dikonsumsi, untuk menghindari komplikasi.

Wanita hamil harus mengerti bahwa mereka tidak bisa makan secara sembarangan. Faktanya, ada batasan dan pantangan dalam hal makanan yang tak terhitung jumlahnya. Namun, meminum jus buah yang sehat dapat menjadi tambahan yang bagus untuk diet kehamilan.

Jus buah segar direkomendasikan karena memberikan kesehatan dan nutrisi bagi bayi dan juga ibu. Jus juga membantu menambah kilau dan kesehatan pada wajah. Berikut ini adalah daftar jus untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi, dilansir dari lamanparenting.firstcry.com.

2 dari 3 halaman

1. Jus Stroberi

Jus untuk ibu hamil yang pertama adalah jus stroberi. Ini adalah salah satu jus buah terbaik yang direkomendasikan untuk wanita yang sedang hamil. Stroberi dikemas dengan antioksidan yang membantu membangun kekebalan dalam tubuh.

Selain itu, stroberi juga bermanfaat untuk menjaga kilau alami kulit. Stroberi juga kaya akan folat, yang membantu dalam mengembangkan sistem kekebalan bayi.

2. Jus Bit

Jus untuk ibu hamil yang kedua adalah jus buah bit. Ini adalah jus buah yang baik untuk diminum selama kehamilan, karena penuh dengan vitamin A dan merupakan solusi terbaik untuk calon ibu, yang mengalami segala jenis kelelahan atau kelemahan.

Jus ini membantu dalam meningkatkan tingkat energi, dan kandungan zat besi yang ada dalam bit mencegah anemia. Jus ini dapat ditambahkan ke menu makanan rutin Anda sebagai suplemen sarapan.

3. Jus Delima

delima
Shutterstock/tab62


Jus untuk ibu hamil yang ketiga adalah jus buah delima. Jus yang satu ini harus menjadi tambahan untuk diet kehamilan Anda, karena manfaat yang diberikannya. Jus delima mengandung serat dalam jumlah tinggi, Vitamin C dan Vitamin K. 

Kandungan dalan jus ini membantu mencegah sembelit, yang umum terjadi selama kehamilan, dan juga memungkinkan tubuh Anda menyerap lebih banyak zat besi. Jus delima juga membuat Anda terhidrasi dan membantu perkembangan mental bayi.

4. Jus Jambu Biji

Jus untuk ibu hamil yang ke empat adalah jus buah jambu biji. Sebagai sumber Vitamin C yang baik, jus jambu biji adalah tambahan yang bagus selama kehamilan. Asupan jus buah ini membantu dalam menjaga tekanan darah dan gula darah di bawah kontrol.

Jus jambu biji juga membantu dalam pengurangan anemia, dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Jus ini kaya akan asam askorbat atau Vitamin C dan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seorang ibu.

3 dari 3 halaman

5. Jus Wortel

Jus untuk ibu hamil yang kelima adalah jus wortel. Dikenal memiliki salah satu nilai gizi terbaik dari semua sayuran, jus wortel memiliki beberapa manfaat dalam kehamilan. Wortel kaya akan kalsium dan membantu perkembangan tulang dan gigi bayi.

Woterl adalah sumber Vitamin C, A, dan beta-karoten yang baik, yang bertindak sebagai antioksidan dan melindungi ibu dari radikal bebas. Fitokimia juga hadir dalam bantuan sayuran yang mempromosikan fungsi tubuh yang tepat.

ilustrasi wortel
©Pixabay

6. Jus Jeruk

Jus untuk ibu hamil yang ke enam adalah jus jeruk. Jus menyegarkan ini kaya akan vitamin C dan folat. Jeruk juga melepaskan zat besi dan seng, yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian, jus jeruk membantu mengurangi risiko penyakit alergi pada bayi. Konsumsi jus ini juga membantu dalam pembentukan jaringan baru dan sel darah merah. Jus jeruk juga berperan dalam mengembangkan plasenta pada wanita hamil.

7. Jus Lemon

Jus untuk ibu hamil yang ke tujuh adalah jus lemon. Lemon adalah sumber vitamin C yang bagus dan mengandung antioksidan kuat. Jus lemon adalah pilihan terbaik untuk mengelola tekanan darah tinggi selama kehamilan.

lemon
©2012 Merdeka.com

Jus ini juga mengontrol pergerakan usus selama kehamilan, dan dikenal untuk menyembuhkan masalah gangguan pencernaan dan sembelit selama kehamilan.

8. Jus Apel

Jus untuk ibu hamil yang terakhir adalah jus buah apel. Apel penuh dengan nutrisi dan mineral. Jus apel adalah salah satu jus terbaik yang direkomendasikan selama kehamilan oleh dokter.

Jus apel dapat mencegah kenaikan berat badan saat hamil dan juga membantu perkembangan otak bayi. Buah ini juga dikenal mampu meningkatkan kekebalan dan mencegah gangguan tidur. Sebagai sumber zat besi yang baik, apel dapat mencegah anemia selama kehamilan.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini