8 Cara Menabung dengan Mudah, Pelajari dan Terapkan Strateginya

Rabu, 10 Juni 2020 05:35 Reporter : Edelweis Lararenjana
8 Cara Menabung dengan Mudah, Pelajari dan Terapkan Strateginya Ilustrasi menabung. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/studioVin

Merdeka.com - Di mana pun level finansial Anda, memiliki tabungan adalah hal yang esensial dan penting untuk masa depan. Terkadang yang diperlukan hanyalah langkah pertama ke arah yang benar untuk membuat segalanya bergerak sesuai keinginan Anda.

Tetapi, seperti kebanyakan hal, terkadang langkah pertama itu adalah bagian tersulit. Seperti itulah menabung. Biasanya, menabung adalah hal yang cukup berat untuk dilakukan bagi sebagian orang.

Dalam artikel ini akan diberi 8 cara menabung yang efektif bagi Anda yang selalu kesulitan menjalankannya. Namun perlu diingat, tidak satu pun dari taktik ini akan berhasil kecuali Anda benar-benar berkomitmen untuk menjalankannya.

Cara menabung berikut ini membutuhkan konsistensi dan sedikit usaha yang teratur. Namun secara umum sangat sederhana dan siapapun dapat melakukannya.

Berikut 8 cara menabung dengan mudah dan efektif melalui strategi-strategi di bawah ini.

2 dari 9 halaman

1. Catat Pengeluaran

Cara menabung secara efektif yang pertama adalah dengan mencatat segala pengeluaran Anda. Strategi ini bertujuan untuk mencari tahu berapa banyak uang yang Anda belanjakan. Pantau semua pengeluaran yang pernah Anda lakukan sampai ke hal-hal paling kecil seperti uang parkir hingga tip.

Setelah Anda memiliki data pengeluaran, atur berdasarkan kategori seperti gas, bahan makanan dan hipotek, dan totalkan setiap jumlah. Gunakan kartu kredit dan laporan bank Anda untuk memastikan hitungan Anda telah akurat.

Anda dapat melakukan penghitungan ini dengan memanfaatkan aplikasi digital secara otomatis. Saat ini, telah tersedia banyak aplikasi penganggaran yang bisa Anda download melalui smartphone.

3 dari 9 halaman

2. Anggaran Penghematan

Cara menabung secara efektif yang kedua adalah dengan membuat daftar anggaran penghematan belanja. Setelah Anda memiliki gagasan tentang apa yang Anda belanjakan dalam sebulan, Anda dapat mulai mengatur pengeluaran tercatat berdasarkan anggaran yang Anda susun. Jangan lupa, anggaran belanja harus menyesuaikan dengan penghasilan per bulan Anda.

Hal ini bertujuan untuk merencanakan dan membatasi pengeluaran berlebihan. Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran yang terjadi secara rutin tetapi tidak setiap bulan, seperti perawatan mobil. Dan juga, sertakan kategori 'tabungan' yang bertujuan untuk menghemat 10 hingga 15 persen dari penghasilan Anda.

4 dari 9 halaman

3. Temukan Cara Untuk Memotong Pengeluaran

Cara menabung secara efektif yang ketiga adalah dengan menemukan cara tepat untuk memotong pengeluaran yang tidak diperlukan. Jika pengeluaran Anda sangat tinggi sehingga Anda tidak bisa menabung sebanyak yang Anda inginkan, mungkin inilah waktunya untuk mengurangi pengeluaran atau pembelanjaan yang tidak perlu.

Identifikasi hal atau barang tidak penting seperti dana hiburan dan makan malam di restoran. Carilah cara untuk menghemat pengeluaran bulanan tetap, termasuk juga biaya saluran televisi dan telepon pasca bayar.

Berikut adalah beberapa ide untuk memangkas pengeluaran sehari-hari:

  1. Gunakan sumber daya tambahan seperti; mendaftar di acara komunitas untuk menemukan hiburan gratis atau berbiaya rendah untuk mengurangi pengeluaran foya-foya.
  2. Batalkan langganan dan keanggotaan yang tidak Anda gunakan — terutama jika diperpanjang secara otomatis.
  3. Berkomitmen untuk makan makanan mahal hanya sebulan sekali dan mencoba tempat-tempat yang termasuk dalam kategori "makanan murah".
  4. Beri diri Anda jeda ketika tergoda oleh barang-barang yang tidak penting. Tunggu hingga beberapa hari, maksimal 2 minggu. Lihat apakah Anda masih menginginkan barang tersebut karena Anda butuh, ataukah hanya karena keinginan impulsif semata.
5 dari 9 halaman

4. Tetapkan Tujuan Anda Menabung

Cara menabung secara efektif yang ke empat adalah dengan menetapkan tujuan Anda dalam menabung. Hal ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat uang.

Anda bisa mulai dengan memikirkan apa yang mungkin ingin Anda lakukan dengan uang tabungan tersebut. Seperti misalnya untuk menikah, liburan, atau untuk masa pensiun.

Kemudian, cari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan dan berapa lama Anda perlu menabung. Jika Anda menabung untuk pensiun atau pendidikan anak Anda, pertimbangkan untuk memasukkan uang itu ke dalam akun investasi.

Investasi mungkin memiliki sejumlah risiko dan dapat membuat Anda kehilangan uang, namun investasi juga menciptakan peluang untuk pertumbuhan ketika pasar mengalami peningkatan.

6 dari 9 halaman

5. Tetapkan Prioritas

Cara menabung dengan efektif yang kelima adalah dengan menetapkan prioritas Anda secara jelas. Setelah membuat daftar pengeluaran dan penghasilan, sasaran selanjutnya adalah pada bagaimana cara mengalokasikan tabungan Anda. Pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang yang Anda tetapkan ketika awal menabung.

Pelajari cara memprioritaskan tujuan tabungan Anda sehingga Anda memiliki gagasan yang jelas tentang di mana, kapan, dan sebanyak apa Anda harus mulai menabung. Misalnya, jika Anda perlu mengganti mobil dalam waktu dekat, maka Anda dapat mulai menyisihkan uang untuk penggantian mobil tersebut sekarang.

7 dari 9 halaman

6. Pilih Alat yang Tepat

Cara menabung dengan efektif yang keenam dapat dilakukan dengan memilih alat yang tepat. Jika Anda menabung untuk tujuan jangka pendek, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan akun deposito yang diasuransikan seperti;

  • Rekening tabungan.
  • Certificate of deposit (CD), yang mengunci uang Anda untuk jangka waktu tertentu pada tingkat yang biasanya lebih tinggi daripada rekening tabungan.

Untuk tujuan jangka panjang, Anda dapat mempertimbangkan;

  • Rekening pensiun individu (IRA), yang merupakan rekening tabungan efisien pajak.
  • Sekuritas, seperti saham atau reksadana. Produk investasi ini tersedia melalui akun investasi dengan broker-dealer.

Perhatikan dengan cermat semua opsi dan pertimbangkan hal-hal seperti saldo minimum, biaya, dan suku bunga sehingga Anda dapat memilih alat yang tepat dalam membantu Anda menabung.

8 dari 9 halaman

7. Pemotongan Otomatis

Cara menabung dengan efektif yang ke tujuh adalah melalui pemotongan saldo otomatis. Hampir semua bank saat ini telah menawarkan transfer otomatis antara rekening giro dan tabungan.

Anda dapat memilih kapan, berapa banyak dan di mana untuk mentransfer uang atau bahkan membagi setoran langsung Anda sehingga sebagian dari setiap gaji yang Anda terima akan langsung masuk ke rekening tabungan.

Membagi setoran langsung dan menyiapkan transfer otomatis adalah cara sederhana untuk menghemat uang karena Anda tidak perlu repot-repot memikirkannya. Hal ini juga biasanya mengurangi godaan untuk membelanjakan uang tersebut.

Terlebih dengan fitur Mobile & Online Banking, klien bank di manapun dapat dengan mudah mengatur transfer otomatis antar rekening.

9 dari 9 halaman

8. Tinjau Pertumbuhan Tabungan

Cara menabung dengan efektif yang ke delapan adalah dengan meninjau pertumbuhan tabungan Anda. Tinjau selalu anggaran Anda dan periksa kemajuannya setiap bulan.

Selain bertujuan untuk membantu Anda tetap konsisten dan termotivasi pada rencana yang menjadi tujuan, hal ini juga dapat membantu mengidentifikasi masalah yang timbul, sehingga Anda bisa dengan cepat memperbaikinya.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini