7 Kebiasaan Menyisir Rambut yang Salah dan Dapat Merusaknya, Segera Hindari

Senin, 18 Januari 2021 14:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
7 Kebiasaan Menyisir Rambut yang Salah dan Dapat Merusaknya, Segera Hindari Ilustrasi rambut. ©Shutterstock

Merdeka.com - Menyisir rambut telah menjadi kebiasaan yang telah dilakukan sehari-hari. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan menyisir rambut yang salah juga dapat memberikan efek buruk pada rambut kita.

Contohnya saja, menggunakan jenis sisir yang salah akan membuat helai rambut menjadi lemah serta mudah patah. Sementara jika menyisir rambut dengan benar maka akan membuatnya berkilau, bebas kusut, atau bahkan mendorong pertumbuhannya.

Menjaga kesehatan rambut tentunya telah menjadi suatu kewajiban bagi kita agar pertumbuhan rambut juga semakin sehat dan tak mudah patah. Hal ini juga menghindari kerontokan yang berlebih serta menjauhkan dari risiko kebotakan.

Berikut 7 kebiasaan menyisir rambut yang salah dan dapat merusaknya yang telah merdeka.com lansir dari Brightside.

2 dari 4 halaman

Kebiasaan Menyisir Rambut yang Salah

ilustrasi rambut indah
©Pexels

Menyisir Rambut ke Arah yang Salah

Kebiasaan menyisir rambut yang salah yang pertama adalah jika Anda menyisir rambut ke arah yang salah. Memindahkan sikat dari atas ke bawah dapat menarik rambut keluar dari folikel dan menyebabkan kerusakan dan kerusakannya.

Cara terbaik untuk melepaskan simpul dengan memulai beberapa inci dari ujungnya dan dengan hati-hati bekerja sampai ke akarnya. Teknik yang paling efisien adalah dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian, dan menghilangkan kusut di setiap bagian secara terpisah.

Menyisir Ujungnya Saja

Kebiasaan menyisir rambut yang salah berikutnya jika menyisir rambut dengan ujungnya saja. Meskipun lebih baik untuk mulai mengurai rambut di ujungnya, bukan berarti Anda harus menghindari bagian atas kepala.

Kulit kepala Anda menghasilkan minyak kaya nutrisi yang penting untuk kecantikan dan kesehatan rambut Anda. Penyebaran minyak ini ke ujung Anda akan membuat rambut Anda halus dan berkilau, dan bahkan mungkin memiliki efek anti kusut.

Menyisir rambut juga memberikan pijatan lembut pada kulit kepala, yang pada akhirnya meningkatkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan Menyisir Rambut yang Salah yang Jarang Diketahui

ilustrasi rambut panjang©2020 Merdeka.com/fimela.com

Menggunakan Sisir yang Salah

Menggunakan sisir yang tepat dapat menyelamatkan rambut Anda dari kerusakan dan mencegah terjadinya rambut buruk. Jika Anda memiliki rambut bergelombang dan keriting, pilih sisir berbentuk dayung, karena akan dengan mudah melepaskan simpulnya. Jika rambut Anda halus dan tidak bervolume, sisir dengan bulu babi akan meluncur dengan lembut melalui helai rambut Anda tanpa merusaknya atau menarik akarnya.

Terlalu Sering Menyisir

Menyikat terlalu banyak rambut Anda terlalu sering dalam sehari dapat melemahkannya dan menyebabkan kerusakan. Cobalah untuk fokus pada kualitas menyikat. Tidak peduli seberapa bagus teknik menyisir rambut Anda, pastikan untuk  membersihkan sikat rambut Anda secara teratur. Menggunakan sikat kotor berarti Anda menyebarkan produk lama dan sel kulit mati ke rambut Anda.

4 dari 4 halaman

Kebiasaan Menyisir Rambut yang Salah Lainnya

ilustrasi rambut rusak©Shutterstock

Menggunakan Sisir yang Sama saat Rambut Basah dan Kering

Kebiasaan menyisir rambut yang salah juga dipengaruhi penggunaan sisir yang sama saat rambut basah ataupun kering. Rambut basah rentan patah, dan penggunaan jenis sikat rambut yang salah dapat dengan mudah merusaknya.

Alat terbaik untuk menyisir rambut basah Anda adalah sisir bergerigi lebar. Ini akan dengan aman mengurai rambut dan mendistribusikan perawatan tanpa bilas jika Anda menggunakannya.

Menyisir Rambut Ikal Kering

Kebiasaan menyisir rambut yang salah jika Anda memiliki rambut ikal yang kering. Spesialis perawatan rambut merekomendasikan untuk menghindari menyisir rambut keriting saat sudah kering dan menggunakan semprotan penghilang kusut terlebih dahulu.

Anda juga dapat menerapkan detangler tanpa bilas dan memisahkan rambut ikal dengan lembut tanpa menggunakan terlalu banyak tenaga. Menyisir rambut terlalu keras dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan dan kerusakan.

Tidak Menyisir Rambut Sebelum Keramas

Menyisir rambut sebelum keramas dapat mencegahnya kusut. Pijatkan sampo dengan lembut ke kulit kepala Anda alih-alih menggosoknya, dan kerutkan rambut basah Anda hingga kering dengan handuk, alih-alih menggosoknya. Ini bisa menyebabkan rambut Anda kusut, dan Anda harus menyisirnya lagi.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini