7 Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi Beserta Contohnya, Cocok Jadi Rerefensi

Jumat, 31 Juli 2020 10:15 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
7 Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi Beserta Contohnya, Cocok Jadi Rerefensi Ilustrasi menulis. ©2015 Picjumbo/Victor Hanacek

Merdeka.com - Dalam sebuah karya tulisan bahasa Indonesia, paragraf merupakan suatu bagian tulisan yang tersusun dari adanya beberapa kalimat. Antara satu kalimat dengan kalimat yang lainnya harus disusun sedemikian rupa sehingga akan mampu memberikan pemahaman yang saling berkaitan.

Teks eksposisi merupakan paragraf yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik. Jenis-jenis teks eksposisi beserta contohnya digunakan dalam berbagai tulisan.

Untuk memahami jenis-jenis paragraf terebut, pembaca perlu melakukan proses berpikir dan melibatkan pengetahuan. Teks eksposisi beserta contohnya ditulis dengan gaya penulisan singkat, akurat, dan padat.

Jenis-jenis paragraf eksposisi beserta contohnya memiliki gaya penulisan informatif dan umumnya menjawab pertanyaan 5W+1H. Paragraf eksposisi terbagi dalam beberapa jenis sesuai isi dan fungsinya. Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum 7 jenis-jenis paragraf eksposisi beserta contohnya:

1 dari 7 halaman

Eksposisi Definisi

Jenis-jenis paragraf eksposisi yang pertama adalah eksposisi definisi. Eksposisi definisi berisi paragraf yang memaparkan pengertian atau definisi suatu topik tertentu.

Paragraf ini memfokuskan karakteristik topik tersebut. Dilansir dari Liputan6.com, contoh eksposisi definisi banyak ditemui di berbagai teks seperti buku pelajaran atau artikel. Berikut contoh eksposisi definisi:

"Kentang merupakan umbi bawah tanah yang tumbuh di akar tanaman kentang, Solanum tuberosum. Tanaman ini berasal dari keluarga nightshade dan terkait dengan tomat dan tembakau. Kentang asli Amerika Selatan dan dibawa ke Eropa pada abad ke-16 dan sekarang ditanam dalam varietas yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. Kentang umumnya dimakan direbus, dipanggang, atau digoreng dan sering disajikan sebagai lauk atau camilan."

2 dari 7 halaman

Eksposisi Proses

Jenis-jenis paragraf eksposisi yang berikutnya adalah eksposisi proses. Eksposisi proses merupakan paragraf yang bertujuan memaparkan proses pembuatan, proses penggunaan atau cara untuk melakukan sesuatu.

ilustrasi buku

©2019 Merdeka.com/Pexels

Paragraf ini berisi tahapan suatu proses dari awal hingga akhir. Eksposisi proses biasa ditemukan pada buku-buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara-cara tertentu. Berikut contohnya:

"Untuk membuat sebuah masker kentang, campur 3 sendok makan air kentang dengan 2 sendok makan madu. Aduk hingga merata, oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 10 hingga 15 menit atau sampai mengering dan kemudian cuci bersih."

3 dari 7 halaman

Eksposisi Ilustrasi

Jenis-jenis paragraf eksposisi beserta contohnya berikutnya adalah eksposisi ilustrasi. Eksposisi ilustrasi merupakan paragraf yang pengembangannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide.

Paragraf ini memberikan gambaran atau penjelasan suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat. Biasanya menggunakan frasa penghubung "seperti" dan "bagaikan." Berikut contohnya:

"Sebenarnya, kondisi ekonomi kita sudah relatif membaik. Indikatornya dapat dilihat dari berbagai aspek. Misalnya, dalam bidang otomotif. Setiap hari kita temukan aneka kendaraan melintas di jalan raya. Sepeda motor baru, mobil pun baru."

4 dari 7 halaman

Eksposisi Berita

puisi

©Unsplash

Jenis-jenis paragraf eksposisi yang berikutnya adalah eksposisi berita. Eksposisi berita berisi informasi dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu. Jenis ini banyak ditemukan pada media massa baik cetak maupun online. Berikut contohnya:

"Banjir bandang yang melanda kota Yokohama pada hari Kamis kemarin telah merendam ratusan rumah warga dan 7 orang dinyatakan hilang. Banjir tersebut terjadi pada dini hari di saat orang tengah terlelap. Banjir terjadi disebabkan hujan yang telah mengguyur kota dari pagi sampai sekarang belum berhenti. Akibatnya sungai tidak mampu menampung volume air."

5 dari 7 halaman

Eksposisi Pertentangan

Jenis-jenis paragraf eksposisi pertentangan biasanya berisi tentang pertentangan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. Frase penghubung yang digunakan adalah "akan tetapi", "meskipun begitu", "sebaliknya". Berikut contohnya:

"Planet Merkurius memang sangat menarik. Lama waktu rotasi dan revolusinya benar-benar bertolak belakang. Merkurius hanya butuh waktu 88 hari untuk melakukan revolusi mengelilingi matahari. Namun untuk berotasi di porosnya sendiri, planet ini butuh 59 hari. Sangat kontras dengan bumi yang hanya butuh waktu rotasi 1 hari saja."

6 dari 7 halaman

Eksposisi Perbandingan

ilustrasi membaca buku

©Pixabay

Jenis-jenis paragraf eksposisi perbandingan biasanya berisi paragraf dengan informasi yang dipaparkan dengan cara membandingkan suatu hal dengan yang lain. Dalam hal ini penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain. Berikut contohnya:

"Hukuman bagi para koruptor di Indonesia terbilang masih sangat lemah. Bahkan penegak hukum dengan mudahnya disuap untuk meringankan proses hukuman. Banyangkan saja, koruptor ratusan miliyar hanya mendekam di penjara selama 3 tahun saja. Pantas saja korupsi di Indonesia semakin meningkat. Berbeda dengan pemerintahan China yang menerapkan hukuman mati bagi para koruptor. Sehingga tingkat pidana korupsi di China sangat sedikit

7 dari 7 halaman

Eksposisi Klasifikasi

Jenis-jenis paragraf eksposisi klasifikasi akan berisi tentang paragraf yang membagi sesuatu dan mengelompokkannya ke dalam kategori-kategori. Eksposisi klasifikasi terdiri dari suatu topik yang dipaparkan secara berkelompok. Berikut contohnya:

"Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, tergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan pada pertalian karya sastra dengan wawasan moral dan agama. Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra yang berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang. Pendekatan impresionistik menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan pada efek personil karya sastra pada kritikusnya."

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini