7 Cara Mengajari Anak Agar Tidak Melawan Saat Diajak Bicara, Pahami dengan Seksama

Jumat, 31 Juli 2020 11:30 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
7 Cara Mengajari Anak Agar Tidak Melawan Saat Diajak Bicara, Pahami dengan Seksama Ilustrasi anak. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/michaeljung

Merdeka.com - Dalam sebuah hubungan antara orang tua dan anak, pasti pernah menyadari bahwa ada gangguan dalam komunikasi. Anak-anak mungkin mulai berbicara kembali dengan cara yang tidak pantas dan bahkan mulai memutar mata mereka.

Hal itu mungkin terasa memilukan, tetapi orang tua dapat menemukan jalan keluar dan mengelola situasi ini dengan benar untuk membangun hubungan yang sehat dengan anak-anak mereka.

Cara mengajari anak agar tidak melawan saat diajak bicara memang membutuhkan kesabaran dan perhatian yang dapat membuat anak akan mengerti maksud orang tua. Berikut ini telah kami rangkum 7 cara mengajari anak agar tidak melawan saat diajak bicara, yang dilansir dari Brightside.me:

1 dari 7 halaman

1. Hindari Merespon dengan Nada yang Sama

Cara mengajari anak agar tidak melawan saat diajak bicara yang pertama adalah hindari merespon pembicaraan dengan nada yang sama.

Terkadang memang sulit untuk tetap tenang ketika anak berbicara kembali, tetapi penting untuk memantau bahasa sendiri. Orang tua harus mencoba menjadi contoh bagaimana menunjukkan rasa hormat. Berteriak, menjerit, atau kata-kata buruk tidak seharusnya membangunkan citra buruk dalam diri.

2 dari 7 halaman

2. Cobalah Memahami Masalah yang Mereka Hadapi

anak kecil stress

shutterstock

Cara mengajari anak agar tidak melawan saat diajak bicara yang selanjutnya adalah dengan mencoba untuk memahami masalah yang sedang mereka hadapi.

Jangan pernah lupa bahwa anak masih belajar bagaimana mengendalikan perilaku mereka dan bahwa terkadang mereka tidak tahu bagaimana cara mengatasi masalah. Jadi, normal ketika mereka menunjukkan kurangnya kesabaran. 

Setelah menetapkan batas ketika berbicara tentang nada bicara mereka, cobalah untuk memahami masalah apa yang mereka miliki. Seringkali ketika seorang anak berbicara kembali, mereka mengekspresikan kemarahan, frustrasi, sakit hati, atau ketakutan.

3 dari 7 halaman

3. Beri Tahu Anak bahwa Anda Juga Tahu Mereka Sedang Kesal

Cara mengajari anak agar tidak melawan saat diajak bicara yang selanjutnya adalah dengan memberitahu anak saat mereka sedang kesal, Anda juga merasakannya.

Seorang psikolog telah menyarankan untuk menggunakan kalimat seperti  "Aduh!”.  Kata-kata itu terdengar seperti dimaksudkan untuk menyakiti. Anda pasti kesal jika berbicara seperti itu kepada saya. ” Atau  "Aku ingin mendengar lebih banyak tentang ini, tetapi aku tidak bisa mendengarkan ketika aku merasa terserang." 

Kemudian sarankan untuk mendiskusikan masalah setelah berdua memiliki kesempatan untuk tenang jika anak masih meneriaki orang tua.

4 dari 7 halaman

4. Tunjukkan Konsekuensinya dan Harapkan Rasa Hormat

Anak-anak harus melihat bagaimana bersikap sopan dapat bermanfaat bagi mereka. Setiap kata atau gerakan mata yang buruk tidak boleh diabaikan. Kadang-kadang perlu beberapa pengingat, bahkan setelah mengakui masalah perasaan buruk anak.

Anak harus tahu apa yang diharapkan setiap kali mereka berbicara kembali, jadi selalu spesifik dan tunjukkan bahwa Anda tidak apa-apa dengan tidak hormat. 

Selain itu, orang tua dapat menunjukkan konsekuensi dari perilaku buruk dengan  menambahkan tugas tambahan atau memotong waktu TV atau komputer 

5 dari 7 halaman

5. Biarkan Anak Mengekspresikan Pendapatnya

Perlu diingat, jika anak-anak mengekspresikan pendapat mereka tentang sesuatu, hal itu bagus. Tetapi mereka harus melakukannya dengan cara yang ramah. 

anak anak sule dengan putri kecil teddy dan lina

YouTube Putri Delina ©2020 Merdeka.com

Dan juga, mereka harus tahu bahwa mereka memiliki ruang yang aman untuk melakukan ini. Lebih baik tidak menghentikan mereka atau memotongnya ketika mereka mencoba menjelaskan apa yang sebenarnya mereka pikirkan.

6 dari 7 halaman

6. Cobalah Memahami Kapan Anak Bisa Berbicara Kembali

Cara mengajari anak agar tidak melawan saat diajak bicara yang berikutnya adalah dengan mencoba memahami kapan anak bisa berbicara kembali.

ilustrasi anak kecil makan

©shutterstock.com/Chirtsova Natalia

Jika melihat ada pola di sekitar ketika anak berbicara kembali, hal ini bisa menjadi hal yang baik. Jika tidak, pikirkan secara mendalam kapan hal-hal ini biasa terjadi. 

Mungkin anak kembali dari sekolah setiap hari dalam suasana hati yang buruk. Ini bisa menjadi kunci untuk memecahkan masalah besar dan menghindari konsekuensi yang lebih buruk di masa depan.

7 dari 7 halaman

7. Puji Perilaku Baik

Semua orang suka merasa dihargai dan anak-anak tidak terkecuali. Jika orang tua melihat bahwa anak sudah mulai berhenti berbicara kembali dan menunjukkan rasa terima kasih kepada orang tua, bisa juga dengan memberi mereka pelukan,  pujian, atau bahkan "terima kasih."

Tetapi pada saat yang sama, pastikan anak-anak mengerti bahwa bersikap ramah tidak berarti mereka bisa mendapatkan apa pun yang mereka inginkan.

Berikut di atas cara mengajari anak agar tidak melawan saat berbicara. Semoga bermanfaat, ya.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini