6 Wisata di Lamongan Terpopuler Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya

Rabu, 25 Mei 2022 18:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Wisata di Lamongan Terpopuler Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya Ilustrasi wisatawan. ©Shutterstock.com/Dudarev Mikhail

Merdeka.com - Rekomendasi wisata di Lamongan berikut ini bisa dijadikan acuan saat berkunjung ke kota yang satu ini. Lamongan adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Timur, yang terkenal dengan daerah pesisirnya. Selain itu, ada juga kuliner khas yakni Soto Lamongan yang menjadi ikon dari kota ini.

Wisata di Lamongan terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari wisata pantai, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata rekreasional. Anda bisa memilihnya sesuai preferensi dan mengajak keluarga, atau pasangan untuk mengunjunginya. Dijamin, banyak hal baru yang bisa Anda dapatkan saat berjalan-jalan di Lamongan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata di Lamongan terpopuler yang telah dipilihkan khusus untuk Anda. Pastikan untuk menginjakkan kaki di salah satu destinasinya, ya!

2 dari 4 halaman

1. Indonesian Islamic Art Museum

Rekomendasi wisata di Lamongan yang pertama adalah Indonesian Islamic Art Museum atau Museum Seni Islam Indonesia. Museum ini berisi informasi tentang sejarah Islam di Indonesia dan dunia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tentunya, museum ini akan menambah pengetahuan dan wawasan terkait perkembangan agama Islam.

Dilansir dari laman lamongantourism.com, Museum Seni Islam Indonesia dibuka pada tanggal 28 Desember 2016. Di dalamnya, terdapat sejarah perkembangan Islam di seluruh dunia secara runtut. Museum ini juga menjadi salah satu museum Islam terlengkap di dunia. Wisata di Lamongan ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

soto lamongan
ilustrasi wisata lamongan ©eastjava.com

2. Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO)

Rekomendasi wisata di Lamongan yang kedua adalah Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO). Obyek wisata rekreasional ini juga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, terutama jika Anda memiliki anak kecil. Di Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO), Anda bisa menikmati banyak wahana wisata yang tersedia seperti outbond, perkemahan, kolam renang, dan masih banyak lagi.

Dibangun di atas tanah seluas 23 hektar, Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) adalah salah satu wisata di Lamongan yang relatif baru. Tempat ini baru diresmikan pada bulan November tahun 2016 lalu. Berlokasi di Jalan Raya Deketagung, Kec. Sugio, Kab. Lamongan, tempat ini juga menyajikan banyak spot foto yang menarik.

3 dari 4 halaman

3. Pantai Kutang

Rekomendasi wisata di Lamongan yang ketiga adalah Pantai Kutang. Pantai Kutang adalah spot wisata alam di Lamongan yang paling banyak diminati oleh warga. Tak heran jika tempat ini selalu dikunjungi. Pantai Kutang menawarkan keindahan pemandangan khas yang sangat cantik dan memanjakan mata, cocok untuk bersantai sejenak dari sibuknya aktivitas sehari-hari.

Pantai Kutang terletak di ujung Dusun Kenthong, Labuhan, Brondong, Lamongan. Pantai ini buka selama 24 jam dan memiliki harga tiket masuk yang terjangkau, di bawah Rp5.000 saja. Menarik, bukan? Anda bisa berkunjung ke pantai ini bersama keluarga ataupun berdua saja dengan pasangan.

4. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

menara pemantau hilal di pantai tanjung kodok lamongan

ilustrasi ©2021 Merdeka.com/eprints.walisongo.ac.id

Rekomendasi wisata di Lamongan yang ke empat adalah Wisata Bahari Lamongan (WBL). Ini adalah destinasi wisata paling populer di Lamongan, di mana setiap orang yang berkunjung ke kota ini pasti akan selalu mampir ke WBL. Berlokasi di  Jalur Pantura yaitu antara Tuban dan Surabaya, WBL menyajikan banyak sekali wahana wisata di dalamnya.

Dibuka sejak 14 November 2004, Wisata Bahari Lamongan (WBL) menyediakan beberapa wahana unggulan tempat wisata ini antara lain Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut, dikutip dari wisatabaharilamongan.com.

4 dari 4 halaman

5. Makam Sunan Drajat

Rekomendasi wisata di Lamongan yang kelima adalah Makam Sunan Drajat. Jika Anda adalah penggemar wisata religi, terutama ziarah makam, maka tempat ini sangat pas untuk Anda. Sunan Drajat adalah salah satu Walisongo yang berjasa dalam penyebaran agama islam di Jawa. Berziarah ke sini hanya butuh waktu kurang lebih setengah jam dari pusat kota Lamongan.

Makam Sunan Drajat hampir tak pernah sepi dari pengunjung. Ada saja para wisatawan dan peziarah yang mampir untuk mendoakannya. Terlebih, para pengunjung ini datang dari seluruh penjuru Pulau Jawa, membuat Makam Sunan Drajat selalu ramai. Di kawasan ini, selain terdapat makam Sunan Drajat ada pula makam-makam lain seperti para pengikut dan santri-santrinya.

6. Goa Maharani dan Zoo

Rekomendasi wisata di Lamongan yang ke enam adalah Goa Maharani. Goa Maharani adalah destinasi wisata yang unik dan menakjubkan, cocok bagi Anda yang sedang mencari sensasi baru saat liburan. Goa Maharani ternyata masih berada dalam satu lokasi dengan Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Di Goa Maharani, terdapat berbagai ukiran dan lampu warna-warni yang sangat cantik. Luas goa ini kurang lebih 2.500 m2 dengan kedalaman sekitar 25 m. Beragam jenis bebatuan dapat Anda temukan dan lihat di dalam goa ini. Tenang saja, meski namanya Goa, di dalamnya telah ada fasilitas tangga dan jembatan yang bisa digunakan untuk menjelajah goa dengan lebih nyaman. [edl]

Baca juga:
Akses Teknologi Informasi Era Jokowi, Rektor Unisda Lamongan: So Far So Good
Detik-detik Mobil Pemudik Terbakar di Jombang, Hangus Tak Bersisa
Viral Oknum PNS Pamer THR Rendahkan Petani dan Penjual Online, Banjir Hujatan
Kakak Ungkap Pesan Terakhir Marinir Korban KKB Papua, Sedekah Kepada Orang Tak Mampu
Erick Thohir Bawa Program Makmur ke Petani Lamongan, Ini Keuntungannya
Jokowi Dinilai Bangun Infrastruktur Digital Merata, Masyarakat Enjoy Pakai Teknologi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini