6 Manfaat Siwak bagi Kesehatan Mulut, Bahan Alami yang Dapat Melawan Kerusakan Gigi

Selasa, 30 Juni 2020 20:13 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
6 Manfaat Siwak bagi Kesehatan Mulut, Bahan Alami yang Dapat Melawan Kerusakan Gigi Ilustrasi siwak. ©2017 virtualdentalmuseum.org

Merdeka.com - Siwak merupakan sikat gigi alami yang biasanya terbuat dari dari dahan atau akarpohon Arak (Salvadora persica). Sikat gigi ini tentunya ramah lingkungan karena berasal dari pohon. Bahkan siwak sudah digunakan sejak 7000 tahun yang lalu.

Siwak yang dipakai untuk sikat gigi sudah dalam bentuk stik dengan panjang sekitar 20 cm. Siwak digunakan sebagai pembersih gigi. Dalam agama Islam, Nabi Muhammad dulu juga membersihkan gigi menggunakan siwak. Bahkan sikat gigi dengan siwak termasuk ke dalam sunnah Rasul.

Untuk mengetahui secara rinci, berikut merdeka.com telah merangkum 6 manfaat siwak bagi kesehatan mulut, yang dilansir dari Liputan6.com.

1 dari 6 halaman

1. Bantu Lawan Kerusakan Gigi dan Rongga Mulut

011 tantri setyorini

© SHUTTERSTOCK/SUBBOTINA ANNA

Manfaat siwak bagi kesehatan mulut yang pertama adalah dapat membantu melawan kerusakan gigi dan rongga mulut. Makanan manis berlebihan berpotensi merusak gigi. Apalagi bila gigi sudah bolong bahkan habis dimakan bakteri.

Mengurangi makanan manis adalah salah satu cara menghindari kerusakan gigi. Selain itu, menyikat gigi dengan siwak dapat meningkatkan produksi air liur untuk membantu melawan kerusakan gigi. Siwak juga dapat memperkuat email gigi Anda.

2 dari 6 halaman

2. Zat Alami Kaya Kandungan Antibakteri

Terdapat lebih dari 700 bakteri dalam mulut dan tidak semuanya bermanfaat bagi kesehatan rongga mulut. Beberapa dari bakteri tersebut berbahaya karena dapat mengikis enamel gigi.

Menyikat gigi dengan siwak dapat membantu mengendalikan bakteri. Penelitian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan orang yang teratur sikat gigi dengan siwak memiliki sedikit masalah kebersihan mulut daripada memakai sikat gigi biasa.

3 dari 6 halaman

3. Lindungi Gigi dari Penumpukan Plak

berlubang

©www.newkidscenter.com

Manfaat siwak bagi kesehatan mulut berikutnya adalah mencegah adanya plak yang menumpuk. Plak adalah lapisan bakteri tidak berwarna yang terbentuk pada gusi dan gigi Anda.

Bila tidak menyikat gigi secara teratur, plak akan berubah menjadi kuning dan menyebabkan penyakit gusi maupun kehilangan gigi. Siwak memiliki sifat antibiotik yang dapat mencegah bakteri pada gusi dan gigi Anda.

4 dari 6 halaman

4. Bantu Hilangkan Masalah Bau Mulut

penyebab bau mulut

©2020 Merdeka.com

Manfaat siwak bagi kesehatan mulut selanjutnya adalah bantu menghilangkan masalah bau mulut. Bau mulut dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri Anda. Apalagi bila gigi Anda berlubang atau memiliki penyakit pada gusi.

Siwak yang memiliki sifat antibiotik dapat menghilangkan bau mulut. Menggunakan siwak secara teratur dapat menghasilkan banyak air liur yang bisa melawan bau mulut.

5 dari 6 halaman

5. Perkuat Jaringan Gusi

10 penyebab gusi bengkak

©2020 Merdeka.com

Manfaat siwak bagi kesehatan tubuh yang berikutnya adalah dapat membantu memperkuat jaringan gusi. Gusi yang sehat adalah pondasi gigi yang kuat. Penumpukan plak pada gusi dapat menyebabkan penyakit seperti radang gusi atau gingivitis.

Jika gingivitis menjadi parah, dapat memengaruhi struktur tulang rahang atau disebut periodontis. Menyikat gigi dengan siwak dapat mencegah pembentukan plak dan mengurangi kemungkinan radang gusi.

6 dari 6 halaman

6. Antikarsinogenik Alami

Manfaat siwak bagi kesehatan mulut yang berikutnya adalah dapat digunakan sebagai zat antinokarsinogenik alami.

Menurut sebuah penelitian, siwak mengandung enzim antioksidan seperti peroksidae, katalase, dan polifenol oksidase yang memiliki sifat antikarsinogenik atau antikanker. Pemakaian siwak secara teratur juga dapat mencegah Anda dari kanker.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini