6 Manfaat Parijoto bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Obati Sariawan dan Atasi Diare

Selasa, 23 Februari 2021 14:20 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Manfaat Parijoto bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Obati Sariawan dan Atasi Diare Parijoto. goodnewsfromindonesia.com©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu tanaman hutan tropis Indonesia yang belum banyak dimanfaatkan adalah parijoto (Medinilla speciosa). Daun dan buah parijoto terasa masam, pahit, dan bersifat menyegarkan karena buah parijoto mengandung saponin, kardenolin, dan flavonoid, sedangkan daunnya mengandung saponin, kardenolin, dan tanin.

Meskipun demikian, konsumsi buah parijoto masih jarang. Sebagai dampaknya, tanaman parijoto belum banyak dibudidayakan dan dikaji lebih lanjut terkait manfaatnya.

Daun dan buah parijoto baik dalam kondisi segar maupun dalam bentuk yang sudah dikeringkan dapat digunakan untuk mengatasi sariawan, diare, dan radang (Kementrian Negara Riset dan Teknologi, 2015).

Buah parijoto umumnya dikonsumsi masyarakatsekitar pegunungan, terutama oleh ibu hamil. Dalam mitosnya, dipercaya bahwa jika seorang ibu hamil mengkonsumsi buah parijoto tersebut, maka anak yang dilahirkannya kelak akan berparas tampan atau cantik, mengutip Wibowo dkk (2012) dilansir dari publikasi darie-journal.uajy.ac.id.

Kadar flavonoid yang tinggi dalam buah parijoto juga menyebabkan tingginya aktivitas antioksidan buah tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat parijoto bagi kesehatan yang menarik untuk diketahui:

Baca Selanjutnya: 1 Menangkal Radikal Bebas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini