6 Manfaat Minum Susu Kunyit Sebelum Tidur, Salah Satunya Lawan Kanker

Selasa, 13 April 2021 07:33 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
6 Manfaat Minum Susu Kunyit Sebelum Tidur, Salah Satunya Lawan Kanker Ilustrasi kunyit. boldsky.com

Merdeka.com - Susu emas atau susu kunyit dibuat dengan mencampurkan setengah sendok bubuk kunyit dan secangkir susu. Minuman ini dapat memberikan keajaiban pada tubuh, terlebih jika dikonsumsi saat hendak bergegas tidur.

Minuman ini sebenarnya dapat memberikan keajaiban pada tubuh, namun masih jarang disadari. Berkaitan dengan kunyit yang menjadi rempah belum sepenuhnya populer digunakan bersamaan dengan susu.

Manfaat minum susu kunyit sebelum tidur akan banyak sekali, terlebih untuk kesehatan. Jika meminumnya setiap hari, dapat memperkuat sistem kekebalan, membersihkan tubuh melalui hati, dan bahkan dapat membantu mencegah kanker.

Dilansir dari Brightside, berikut ini kami telah rangkum 6 manfaat minum susu kunyit sebelum tidur.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Susu Kunyit Sebelum Tidur

ilustrasi liver
©shutterstock.com/CLIPAREA l Custom media

1. Detoksifikasi Hati

Manfaat minum susu kunyit sebelum tidur yang pertama adalah dapat mendetoksifikasi hati. Kunyit telah terbukti memiliki manfaat tersebut.

Di dalam tubuh, kunyit akan bertindak sebagai pembersih dan mencegah penumpukan asam lemak di hati. Inilah sebabnya mengapa susu kunyit dapat meningkatkan kemampuan hati untuk memproses makanan dan bahan kimia serta secara teratur membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan.

2. Bantu Kurangi Peradangan pada Tubuh

Manfaat minum susu kunyit yang berikutnya adalah membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Komponen utama yang ada pada kunyit yaitu curcumin, dijelaskan memiliki sifat anti-inflamasi untuk radang umum. Kandungan ini sangat baik untuk kondisi seperti lebih parah seperti arthritis, penyakit inflamasi usus, pankreatitis, dan banyak lagi.

Setelah meminum segelas "susu emas", kurkumin yang ada dalam minuman tersebut akan memblokir enzim tertentu yang memungkinkan terjadinya peradangan di tubuh, sehingga mengurangi jumlah pembengkakan yang dialami.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Susu Kunyit Sebelum Tidur yang Jarang Diketahui

008 siti rutmawati
©www.telegraph.co.uk

3. Bantu Tubuh Melawan Bakteri

Manfaat minum susu kunyit sebelum tidur yang selanjutnya adalah membantu tubuh melawan bakteri. Anda akan menerima dorongan antibiotik. Penelitian menunjukkan kunyit memiliki khasiat antibiotik yang dapat melawan bakteri, virus, dan jamur. Bahan kunyit juga dapat menjadikannya sekutu yang baik untuk mengobati pilek dan sakit tenggorokan.

4. Bantu Lawan Kanker

Manfaat minum susu kunyit sebelum tidur yang keempat adalah bertindak sebagai antioksidan serta dapat melawan kanker dalam tubuh. Kunyit bertindak sebagai antioksidan kuat.

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat mengurangi stres oksidatif yang menghasilkan radikal bebas di dalam tubuh. Masalah ini dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker. Tapi tidak hanya mencegah kanker, tapi juga bisa melawannya. 

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa ketika mengonsumsi kunyit, dapat menghilangkan sel kanker sehingga membantu menghentikan pertumbuhan tumor.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Susu Kunyit Sebelum Tidur yang Lainnya

ilustrasi jantung

BACA JUGA:
{news_title}

rwjbh.org

5. Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat minum susu kunyit tanpa disadari dapat menjaga kesehatan jantung. Kunyit akan menahan pelepasan sitokin yaitu zat yang berhubungan dengan peradangan serta penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:
{news_title}

Konsumsi susu kunyit tiap malam sebelum tidur akan dapat membantu mengurangi risiko munculnya masalah jantung.

6. Tulang Jadi Lebih Kuat

Manfaat minum susu kunyit sebelum tidur yang terakhir adalah dapat menguatkan tulang. Kunyit akan mencegah pengeroposan tulang di tubuh sekitar 50%. Ditambah, susu kaya kalsium, dikemas dengan vitamin D, bersama dengan setengah sendok teh kunyit berfungsi sebagai tonik yang efektif untuk tulang.

BACA JUGA:
{news_title}

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini