6 Manfaat Jamur Shitake untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Berbagai Penyakit

Jumat, 3 Juli 2020 18:41 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Manfaat Jamur Shitake untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Berbagai Penyakit Ilustrasi jamur shitake. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Liv friis-larsen

Merdeka.com - Shitake adalah salah satu jenis jamur yang mengandung banyak senyawa kimia. Senyawa ini membantu melindungi DNA Anda dari kerusakan oksidatif, sehingga membuat jamur shitake menjadi sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Lentinan, misalnya, menyembuhkan kerusakan kromosom yang disebabkan oleh perawatan anti kanker. Zat Eritadenine membantu mengurangi kadar kolesterol dan mendukung kesehatan jantung. Para peneliti di Universitas Shizuoka Jepang menemukan bahwa suplementasi eritadenine secara signifikan dapat menurunkan konsentrasi kolesterol plasma.

Jamur shitake juga adalah tanaman yang unik karena mengandung semua delapan asam amino esensial, bersama dengan jenis asam lemak esensial yang disebut asam linoleat. Asam linoleat membantu menurunkan berat badan dan membangun otot. Ini juga memiliki manfaat membangun tulang, meningkatkan pencernaan, dan mengurangi alergi makanan dan kepekaan. Berikut 6 manfaat jamur shitake bagi kesehatan yang harus Anda ketahui.

1 dari 6 halaman

1. Bantu Melawan Obesitas

Manfaat jamur shitake yang pertama adalah untuk membantu melawan obesitas. Komponen tertentu dari jamur shitake memiliki efek hipolipidemik (pengurangan lemak), seperti eritadenine dan b-glukan. Ini adalah serat makanan larut yang juga ditemukan dalam gandum. B-glukan diketahui dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan makanan, menunda penyerapan nutrisi dan mengurangi kadar lipid plasma (lemak).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Obesity meneliti efek jamur shitake pada profil lipid plasma, disposisi lemak, efisiensi energi dan indeks lemak tubuh. Tikus diberi makan diet tinggi lemak selama periode enam minggu. Para peneliti menemukan efek signifikan dari intervensi diet pada penambahan berat badan.

Tikus dengan dosis tinggi diet jamur shitake (yang melibatkan penambahan bubuk jamur untuk diet tinggi lemak) memiliki kenaikan berat badan 35 persen lebih rendah daripada tikus yang diet jamur shitake rendah dan sedang. Tikus dengan diet jamur shitake dosis tinggi juga memiliki massa lemak total yang lebih rendah secara signifikan dan memiliki kecenderungan akumulasi lemak yang lebih rendah.

Para peneliti lalu menyimpulkan dengan menyarankan bahwa jamur shitake dapat membantu mencegah penambahan berat badan, penumpukan lemak, dan triacylglycerol plasma ketika ditambahkan ke dalam diet tinggi lemak. Ini juga mendorong upaya untuk melanjutkan studi pada manusia yang meneliti kemanjuran jamur shitake untuk pencegahan dan pengobatan obesitas dan gangguan metabolisme terkait.

2 dari 6 halaman

2. Dukung Fungsi Kekebalan Tubuh

Manfaat jamur shitake yang kedua adalah untuk membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh. Jamur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memerangi banyak penyakit dengan cara menyediakan vitamin, mineral, dan enzim yang penting.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition mengevaluasi 52 pria dan wanita sehat, berusia 21-41 tahun, untuk menentukan apakah jamur shitake dapat meningkatkan fungsi kekebalan manusia. Studi ini melakukan percobaan kelompok paralel empat minggu yang melibatkan peserta untuk mengkonsumsi 5 atau 10 gram jamur setiap hari.

Hasilnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi jamur shitake meningkatkan fungsi efektor sel dan meningkatkan kekebalan usus. Ada juga hasil lain yaitu pengurangan peradangan karena konsumsi jamur.

3 dari 6 halaman

3. Hancurkan Sel Kanker

Manfaat jamur shitake yang ketiga adalah dapat membantu menghancurkan sel kanker. Penelitian menunjukkan bahwa lentinan dalam shitakes membantu menyembuhkan kerusakan kromosom yang disebabkan oleh perawatan anti kanker. Hal ini menunjukkan shitake dapat digunakan sebagai pengobatan kanker alami yang potensial.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative dan Complementary Medicine menyelidiki peran potensial fraksi etil asetat dari jamur shitake. Penelitian ini melibatkan dua garis sel karsinoma payudara manusia, satu garis sel epitel payudara manusia dan dua garis sel myeloma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jamur shitake mampu menghambat pertumbuhan sel tumor dengan nilai mikokimia mereka. Jamur shitake berhasil menginduksi apoptosis, proses kematian sel terprogram.

4 dari 6 halaman

4. Tingkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat jamur shitake yang ke empat adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda. Jamur shitake memiliki senyawa sterol yang mengganggu produksi kolesterol di hati. Shitake juga mengandung fitonutrien ampuh yang membantu menjaga sel agar tidak menempel di dinding pembuluh darah dan membentuk penumpukan plak, dan menjaga tekanan darah yang sehat dan meningkatkan sirkulasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Tohoku di Jepang menemukan bahwa jamur shitake mencegah peningkatan tekanan darah. Mengonsumsi shitake menghasilkan penurunan kolesterol VLDL dan HDL, sedangkan mengonsumsi maitake menyebabkan penurunan kolesterol VLDL saja.

5 dari 6 halaman

5. Mengandung Sifat Antimikroba

Manfaat jamur shitake yang kelima terdapat dalam kandungan sifat antimikrobanya. Sebuah studi oleh UCL Eastman Dental Institute di London menguji efek antimikroba shitake pada gingivitis. Ini adalah sebuah penyakit yang melibatkan peradangan gusi karena penumpukan biofilm mikroba pada margin gingiva. Efektivitas jamur shitake dibandingkan dengan komponen aktif dalam obat kumur gingivitis terkemuka, yang mengandung chlorhexidine.

Jumlah total bakteri serta jumlah delapan organisme kunci dalam komunitas oral diselidiki setelah perawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jamur shitake menurunkan jumlah beberapa organisme patogen tanpa mempengaruhi organisme yang berhubungan dengan kesehatan.

6 dari 6 halaman

6. Tingkatkan Energi dan Fungsi Otak

Manfaat jamur shitake yang keenam untuk meningkatkan energi dan fungsi otak. Jamur shitake adalah sumber vitamin B yang bagus, yang membantu mendukung fungsi adrenal dan mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi yang bisa digunakan. Shitake juga membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan menerobos kabut otak untuk mempertahankan fokus sepanjang hari - bahkan meningkatkan kinerja kognitif.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini