6 Manfaat Air Jeruk Nipis, Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Cegah Peradangan

Jumat, 22 Mei 2020 17:03 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Manfaat Air Jeruk Nipis, Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Cegah Peradangan Ilustrasi jeruk nipis. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Nataliia Pyzhova

Merdeka.com - Jeruk nipis adalah buah serbaguna yang bisa menjadi pelengkap masakan sekaligus menu minuman sehat. Jeruk nipis bahkan juga digunakan sebagai penghilang bau amis pada olahan ikan segar.

Dengan segudang kegunaannya tersebut, orang-orang kadang lupa bahwa jeruk nipis sebenarnya memiliki beragam kandungan manfaat yang diketahui baik untuk kesehatan. Air jeruk nipis dapat dikonsumsi secara hangat maupun dingin bersama dengan es batu, tergantung suasana dan selera.

Dikutip dari liputan6.com, jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, menyediakan lebih dari 20% dari kebutuhan harian akan vitamin ini. Jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, dan kalium.

Jeruk nipis mengandung antioksidan seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat yang sangat menyehatkan. Minum air jeruk nipis dapat meningkatkan kesehatan dan mengatasi kondisi tertentu seperti peradangan.

Berikut ini adalah 6 manfaat air jeruk nipis yang paling utama, yang wajib Anda ketahui.

1 dari 6 halaman

1. Bantu Remajakan Kulit

Manfaat air jeruk nipis yang pertama adalah untuk membantu proses peremajaan kulit. Menggunakan berbagai produk perawatan kulit memang dapat membantu menyehatkan dan menjaga agar kulit tetap nampak lebih muda. Namun, air jeruk nipis juga bisa memberikan manfaat yang sama.

Jeruk nipis telah dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang diandalkan untuk merawat kecantikan kulit. Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Maka dari itu, manfaat minum air jeruk nipis dapat membantu menghidrasi dan meremajakan kulit Anda.

Sebagai tambahan informasi, disarankan bagi Anda untuk jangan pernah menggosokkan buah jeruk nipis ataupun perasan airnya langsung ke permukaan kulit. Kulit yang terpapar sinar matahari dan diolesi jeruk nipis dapat menyebabkan phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis adalah sebuah kondisi di mana bahan kimia yang terkandung dalam jenis tanaman tertentu mengakibatkan peradangan atau membakar kulit. Kulit yang terkena phytophotodermatitis akan tampak kemerahan, gatal, dan terasa panas.

2 dari 6 halaman

2. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

tubuh

www.grouponworks.com

Manfaat air jeruk nipis yang kedua adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem imun dan membantu tubuh untuk melawan penyakit seperti flu, pilek, dan sejenisnya.

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel sehat yang membantu dalam proses pembunuhan mikroba penyebab penyakit. Itulah sebabnya, beberapa jenis buah jeruk biasanya sangat direkomendasikan sebagai suplemen dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit.

3 dari 6 halaman

3. Atasi Peradangan

Manfaat air jeruk nipis yang ketiga adalah untuk membantu mengatasi peradangan pada tubuh. Beberapa penyakit inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthritis), asam urat dan sejenisnya, dapat memanfaatkan konsumsi air jeruk nipis untuk mengurangi gejalanya. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dipercaya dapat membantu meredakan berbagai jenis gejala peradangan.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Annals of the Rheumatic Disease menemukan bahwa orang-orang yang kurang mengonsumsi vitamin C berpotensi terkena arthritis tiga kali lebih tinggi ketimbang orang yang menjaga asupan vitamin C-nya secara maksimal. Manfaat air jeruk nipis juga diketahui dapat mengurangi kadar asam urat.

4 dari 6 halaman

4. Lancarkan Sistem Pencernaan

ilustrasi sistem pencernaan

©©shutterstock.com/Kalim

Manfaat air jeruk nipis yang ke empat adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Air jeruk nipis pada dasarnya bersifat asam dan dapat membantu air liur atau saliva dalam proses memecah makanan. Selain itu, air jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang dapat membantu merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Pada orang yang sedang mengalami sembelit, disarankan untuk segera mengonsumsi air jeruk nipis. Hal ini bertujuan untuk membantu proses perangsangan pergerakan usus agar dapat bekerja dengan lebih baik.

Kandungan air jeruk nipis akan membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah dengan lebih mudah. Selain itu, asupan air jeruk nipis ini juga dapat membantu feses untuk keluar dengan lebih lancar.

5 dari 6 halaman

5. Cegah Infeksi

Manfaat air jeruk nipis yang kelima adalah untuk membantu mencegah terjadinya infeksi. Konsumsi air jeruk nipis dapat membantu tubuh untuk menghentikan perkembangan organisme berbahaya dan mencegah penyakit yang dibawa oleh bakteri.

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam jeruk nipis dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam melawan infeksi.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan limonin yang terdapat dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus. Bakteri streptococcus ini adalah bakteri yang bertanggung jawab dalam timbulnya berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, seperti infeksi pernapasan dan mulut.

6 dari 6 halaman

6. Turunkan Gula Darah

012 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Manfaat air jeruk nipis yang ke enam adalah untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan kadar gula darah di pagi hari dan setelah makan.

Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur bagaimana tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah. Dengan mengonsumsi air jeruk nipis setelah makan, hai ini dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Umumnya penderita diabetes sangat diharuskan untuk menjaga kadar gula dalam tubuhnya agar tetap normal. Hal ini karena insulin yang bertugas untuk menurunkan gula darah tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga mengonsumsinya dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Hasilnya, kadar gula darah di dalam tubuh Anda pun dapat lebih terjaga.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini