6 Kerupuk Khas Jawa Timur yang Gurih dan Bergizi, Cocok Disajikan Saat Lebaran

Selasa, 19 Mei 2020 12:45 Reporter : Rizka Nur Laily M
6 Kerupuk Khas Jawa Timur yang Gurih dan Bergizi, Cocok Disajikan Saat Lebaran Ilustrasi kerupuk teripang. ©2020 Merdeka.com/khassurabaya.web.id

Merdeka.com - Tidak terasa, Ramadan sudah mencapai hari ke-26. Dalam hitungan hari, Idul Fitri 1441 Hijriah akan tiba. Meskipun lebaran kali ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi kita tetap bisa mempertahankan kemeriahannya.

Sajian-sajian spesial lebaran akan membuat perayaan Idul Fitri di rumah tetap meriah dan menyenangkan. Kita juga bisa saling berbagi potret suasana meja rumah saat lebaran kepada sanak-saudara di berbagai kota melalui panggilan daring.

Oleh karena itu, sebaiknya lima kerupuk khas Jawa Timur ini turut serta dalam daftar sajian di meja rumahmu saat lebaran nanti. Kehadiran kerupuk-kerupuk ini akan menambah keceriaan hari raya Idul Fitri.

1 dari 6 halaman

1. Kerupuk Memble

ilustrasi kerupuk memble

©2020 Merdeka.com/diparahmahdina31.blogspot.com

Kerupuk Memble merupakan kerupuk khas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kerupuk ini sudah ada sejak 1990-an.

Penyebutan Kerupuk Memble merujuk pada bentuk kerupuk yang mirip dengan lidah terjulur. Dalam istilah Jawa, kegiatan menjulurkan lidah disebut sebagai memble. Jadilah kerupuk ini dikenal luas dengan nama kerupuk Memble.

Sekilas tidak tampak perbedaan antara Kerupuk Memble dengan kerupuk lainnya. Hanya saja, kerupuk ini dikenal memiliki rasa yang lebih gurih dan renyah.

Bahan untuk membuat Kerupuk Memble terdiri dari tepung terigu, tepung kanji, serta bumbu-bumbu seperti bawang putih dan lain sebagainya. Cara menggoreng kerupuk ini pun ada teknis khususnya. Sebab tanpa teknik khusus ini, kerupuk yang dihasilkan cenderung keras terutama di bagian tengahnya.

2 dari 6 halaman

2. Kerupuk Upil

ilustrasi kerupuk upil

©2020 Merdeka.com/gramho.com

Dihimpun dari berbagai sumber, Kerupuk Upil terbuat dari adonan tepung singkong dan tepung terigu. Bumbu-bumbu untuk membuat Kerupuk Upil terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan penyedap rasa.

Seluruh bahan dicampur menjadi adonan padat. Selanjutnya, dibentuk tipis dan kecil-kecil untuk ditempelkan pada alat yang terbuat dari plat tipis. Selesai dibentuk, kerupuk di atas plat tipis itu kemudian dikukus.

Setelah matang, kerupuk yang sudah dibentuk dilepaskan dari plat tipis untuk kemudian dijemur hingga benar-benar kering. Setelah kering kerupuk ini digoreng dengan pasir yang bersih.

Kerupuk Upil mudah ditemui hampir di setiap kota di Jawa Timur. Harganya yang murah dan rasanya yang gurih menjadikan kerupuk ini diminati banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

3 dari 6 halaman

3. Kerupuk Lempeng/Puli

ilustrasi kerupuk puli

©2020 Merdeka.com/commons.wikimedia.org

Kerupuk Lempeng adalah nama lain dari Kerupuk Puli. Kerupuk ini terbuat dari nasi yang telah dicampur dengan garam bleng. Di desa-desa di Jawa Timur, para ibu biasa menyiasati nasi yang tidak habis dimakan untuk diolah menjadi Kerupuk Lempeng atau Puli.

Selain dicampur dengan garam bleng, adonan kerupuk juga dibumbui dengan bawang putih dan garam untuk mendapatkan cita rasa yang lebih gurih.

Langkah selanjutnya campuran rendaman nasi, bleng kuning, dan garam dimasak lagi. Setelah masak, adonan ditumbuk pelan dengan alat kayu halus yang dilapisi plastik. Tumpuk sampai halus dan menyatu.

Bentuk adonan menjadi persegi empat atau silinder dan iris tipis-tipis. Irisan itu ditata pada anyaman bambu atau tempat penjemuran. Semakin panas matahari akan menghasilkan kualitas kering yang bagus.

4 dari 6 halaman

4. Kerupuk Rambak

di bogor

©2017 merdeka.com/arie basuki

Kerupuk Rambak adalah sebutan untuk kerupuk Kulit. Kerupuk ini biasanya dibuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Dalam pengolahannya, kerupuk ini melalui proses perebusan dan pengeringan pada terik matahari sekitar 2-3 hari.

Kerupuk jenis ini menjadi salah satu jenis kerupuk yang sudah lama jadi favorit masyarakat. Alasannya, kerupuk jenis ini bercita rasa sangat lezat. Kerupuk Rambak sering kali menjadi pendamping menu makan nasi, bakso, soto, mi ayam, serta jenis makanan lainnya.

Selain gurih, tekstur Kerupuk Rambak juga sangat renyah. Kerupuk jenis ini tergolong cukup mahal karena bahan baku yang digunakan dan pembuatannya yang rumit.

5 dari 6 halaman

5. Kerupuk Teripang

ilustrasi kerupuk teripang

©2020 Merdeka.com/khassurabaya.web.id

Hewan bertubuh lunak dan silindris memanjang mirip mentimun itu juga bisa diolah menjadi kerupuk. Teripang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Bahkan bisa mengobati berbagai penyakit, baik yang kronis maupun non kronis.

Secara medis, teripang mengandung sel groom vector dan kolagen yang sangat tinggi. Sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan mudah. Kerupuk Teripang memiliki cita rasa yang gurih sekaligus memiliki banyak kandungan gizi.

6 dari 6 halaman

6. Kerupuk Terung

ilustrasi kerupuk terung

©2020 Merdeka.com/bukalapak.com

Terung merupakan istilah untuk menyebut ikan sejenis teripang yang berukuran kecil. Bentuk ikan terung menyerupai bola tenis. Biasanya, Kerupuk Terung diolah oleh para nelayan kecil.

Serupa dengan teripang, ikan terung juga memiliki banyak kandungan gizi. Kerupuk Terung pun tidak kalah gurih dengan Kerupuk Teripang.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini