6 Dampak Gangguan Kecemasan pada Tubuh, Pengaruhi Imunitas dan Sistem Kardiovaskular

Minggu, 13 September 2020 08:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Dampak Gangguan Kecemasan pada Tubuh, Pengaruhi Imunitas dan Sistem Kardiovaskular Ilustrasi cemas. ©Shutterstock/Ermolaev Alexander

Merdeka.com - Setiap orang pasti mengalami rasa cemas dari waktu ke waktu. Tetapi, jenis kecemasan yang kronis ternyata dapat mengganggu kualitas hidup seseorang. Dampak gangguan kecemasan yang paling sering terjadi dan dilihat adalah perubahan perilaku. Namun, gangguan kecemasan juga dapat berdampak serius pada kesehatan fisik penderitanya.

Dalam jangka pendek, gangguan kecemasan dapat meningkatkan pernapasan dan detak jantung dan memusatkan aliran darah ke otak. Respons yang sangat fisik ini mempersiapkan Anda untuk menghadapi situasi yang intens. Namun, jika terlalu intens, tubuh juga akan mulai merasa pusing dan mual. Kegelisahan yang berlebihan atau terus-menerus dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental Anda.

Gangguan kecemasan dapat terjadi pada semua tahap kehidupan, tetapi biasanya dimulai pada usia paruh baya. Wanita lebih mungkin mengalami gangguan kecemasan daripada pria, mengutip National Institute of Mental Health (NIMH).

Pengalaman hidup yang penuh tekanan juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami gangguan kecemasan. Mengutip dari healthline.com, berikut ini adalah beberapa dampak gangguan kecemasan yang dapat menyerang tubuh.

Baca Selanjutnya: Jenis-Jenis Gangguan Kecemasan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini