8 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Setiap Hari, Lakukan Hal Berikut Ini

Selasa, 7 Juni 2022 16:25 Reporter : Edelweis Lararenjana
8 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Setiap Hari, Lakukan Hal Berikut Ini ilustrasi rambut. Unsplash

Merdeka.com - Cara menjaga kesehatan rambut setiap hari sangat penting untuk Anda ketahui, terutama jika Anda memiliki tipe rambut yang gampang bermasalah. Rambut rontok, susah diatur, cepat lepek, dan kering adalah beberapa masalah umum yang dapat memengaruhi suasana hati. Anda tidak mau, bukan, mengalami bad hair day setiap saat?

Untuk itu, menginvestasikan waktu serta sedikit biaya untuk melakukan perawatan rambut secara rutin adalah hal yang perlu dilakukan. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda ikuti guna menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tampil sehat, kuat, dan berkilau sepanjang waktu. Cara menjaga kesehatan rambut ini mudah dilakukan.

Pola makan, cuaca, polusi, dan pendekatan Anda secara keseluruhan untuk perawatan rambut semuanya penting untuk mempertahankan kondisinya. Dilansir dari healthline.com dan skinkraft.com, berikut ini 6 cara menjaga kesehatan rambut yang penting untuk Anda ketahui. Lakukan hal tersebut secara rutin, ya!

2 dari 3 halaman

1. Cuci Rambut Secara Teratur

Cara menjaga kesehatan rambut yang pertama adalah dengan mencucinya secara teratur. Mencuci rambut secara teratur memastikan kulit kepala dan rambut Anda bebas dari kotoran dan minyak berlebih. Namun, frekuensi pencucian rambut tentu yang tepat tergantung pada jenis rambut dan preferensi pribadi Anda.

Jika Anda memiliki rambut yang sangat kering, batasi keramas hingga dua kali seminggu. Tetapi jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, mencuci rambut dua hari sekali dapat membantu.

2. Gunakan Sampo Bebas Kimia

Cara menjaga kesehatan rambut yang kedua adalah dengan memastikan penggunaan sampo yang tepat dan bebas kimia. Anda tentu tidak dapat mengontrol semua faktor lingkungan yang dapat berkontribusi pada kerusakan rambut, tetapi Anda dapat memilih jenis sampo yang Anda gunakan.

Lebih sedikit jumlah bahan kimia dalam sampo, akan lebih sehat rambut Anda. Pilih sampo lembut yang sesuai dengan jenis rambut. Sulfat dan paraben dalam sampo masing-masing digunakan untuk membersihkan kotoran dan mengawetkan, tetapi keduanya dapat menyebabkan iritasi kulit seiring waktu dan meningkatkan risiko gangguan hormonal.

3. Gunakan Kondisioner

Cara menjaga kesehatan rambut yang ketiga adalah dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner umumnya mengandung bahan-bahan yang membuat rambut menjadi lebih kuat dan mudah diatur.

Produk kondisioner melindungi rambut dari agresor lingkungan dan penataan panas. Namun, perhatikan bahwa kondisioner hanya boleh diterapkan pada ujung rambut dan bukan pada kulit kepala. Juga, pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh setelah aplikasi.

4. Keringkan Rambut secara Alami

Cara menjaga kesehatan rambut yang ke empat adalah dengan mengeringkannya secara alami. Penataan panas yang berlebihan dapat merusak kulit kepala serta rambut Anda. Batasi penggunaan hair dryer atau catokan.

Gunakan hanya pada saat Anda perlu menghadiri acara-acara penting yang membutuhkan penataan rambut secara lebih bergaya. Namun jika Anda hanya di rumah saja, tak perlu gunakan barang-barang pengering rambut elektrik tersebut.

Pengeringan rambut melalui udara secara langsung atau menggunakan handuk setelah keramas adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Dan, jangan pernah tidur dengan kondisi rambut yang masih basah atau menyisir rambut basah. Menggosok rambut secara kasar dengan handuk juga dapat merusak kutikula rambut! Bersikaplah lembut saat menangani rambut Anda.

3 dari 3 halaman

5. Gunakan Minyak Rambut

Cara menjaga kesehatan rambut yang kelima adalah dengan menggunakan minyak rambut dengan teratur. Perawatan sebelum keramas seperti meminyaki dan memijat dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, mengendurkan otot, meningkatkan kilau dan menutrisi rambut.

Ritual ini juga mampu mengembalikan kadar air, memungkinkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki ujung bercabang. Anda dapat memilih berbagai jenis minyak untuk digunakan, baik dari minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun, minyak jarak dan sejenisnya. Tetapi, hindari menggunakan minyak mineral pada rambut Anda.

6. Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Cara menjaga kesehatan rambut yang ke enam adalah dengan menggunakan sisir bergigi lebar untuk menata rambut Anda sehari-hari, terutama jika rambut masih basah. Rambut basah cenderung sangat rapuh dan mudah patah.

Biarkan rambut Anda kering terlebih dahulu lalu gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisirnya. Sisir jenis ini dapat mencegah kerusakan pada rambut.

7. Pangkas Rambut Secara Teratur

Cara menjaga kesehatan rambut yang selanjutnya adalah dengan memangkas atau memotongnya secara teratur. Pangkas rambut Anda setiap 6-8 minggu sekali untuk menghilangkan ujung bercabang.

Ujung bercabang terbentuk ketika rambut rusak karena penataan rambut yang panas, polusi, merokok, stres, dan sebagainya. Memangkas rambut memang tidak secara ajaib membuat rambut tumbuh lebih cepat karena pertumbuhan rambut terjadi pada tingkat kulit kepala. Tetapi, pemangkasan dapat memastikan rambut Anda tumbuh lebih sehat.

8. Minum Lebih Banyak Air

Cara menjaga kesehatan rambut yang terakhir adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air. Hidrasi internal ditambah dengan hidrasi eksternal adalah kunci untuk rambut yang seimbang dan sehat. Untuk itu, perhatikan bagian ini dengan baik.

Anda mungkin menggunakan produk perawatan rambut dan minyak yang menghidrasi rambut, tetapi minum setidaknya 3 liter air setiap hari memastikan kesehatan rambut yang baik langsung dari dalam.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini