6 Cara Menghaluskan Kulit Secara Ampuh, Olahraga Teratur dan Rutin Eksfoliasi

Rabu, 25 November 2020 15:45 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Cara Menghaluskan Kulit Secara Ampuh, Olahraga Teratur dan Rutin Eksfoliasi Ilustrasi kulit cantik. ©Shutterstock

Merdeka.com - Kesehatan kulit Anda pada umumnya sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal seperti polusi, stres, dan kerusakan akibat sinar matahari, serta faktor internal seperti asupan makanan dan diet. Faktor-faktor ini seiring waktu dapat mengikis kulit dan membuatnya menjadi lebih rentan terhadap kekasaran, kerutan, bintik-bintik penuaan, dan kendur.

Terlebih, bagi Anda yang memiliki kondisi genetik seperti eksim, ichthyosis, keratosis pilaris dan psoriasis akan sangat rentan untuk memiliki jenis kulit yang kering dan kasar. Apalagi jika Anda tinggal di daerah dengan iklim yang kering dan memiliki tingkat kelembapan rendah. Maka tingkat kekeringan dan kekasaran kulit pun menjadi semakin tinggi.

Pada wanita yang lebih tua, perubahan kimia dan hormonal yang dialami tubuh akibat perimenopause dan menopause dapat berkontribusi pada hilangnya kehalusan kulit secara keseluruhan. Faktanya, proses penuaan normal memainkan peran besar dalam kesehatan kulit menurut David Pollock, ahli kimia kecantikan dan ahli perawatan kulit yang dikutip dari dermstore.com.

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan semakin sedikit elemen kunci yang membuat kulit terlihat lebih muda. Protein kolagen memang mampu memberikan kekencangan dan dukungan pada kulit. Namun, pada saat seorang wanita mencapai menopause, kadar kolagen dalam tubuhnya menyusut sekitar 45%. Penumpukan sel kulit mati dan keratin serta iritasi berulang juga memengaruhi tekstur dan penampilan kulit Anda. Kurangnya kelembapan dan hidrasi juga menjadi alasan kulit tampak kasar dan kering.

Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa cara menghaluskan kulit yang kasar dan kering secara aman dan ampuh. Menjaga kehalusan dan kesehatan kulit dengan metode yang tepat sangatlah diperlukan. Berikut cara-caranya yang dapat Anda ikuti mengutip dari dermstore.com.

Baca Selanjutnya: Perbaiki Pola Makan & Tidur...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini