6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Orangtua Wajib Tahu Triknya

Selasa, 20 Oktober 2020 17:50 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Orangtua Wajib Tahu Triknya Ilustrasi anak makan. thehealthsite

Merdeka.com - Banyak dari orangtua yang tentu merasa cemas dan frustasi jika menghadapi anak yang susah makan. Ketika seorang anak menolak untuk makan, penting bagi orangtua untuk mengetahui alasan sebenarnya mengapa anak-anak menjadi tidak bernafsu untuk makan.

Picky eater atau orang yang pemilih dalam hal makanan biasanya adalah orang yang menolak makan jenis makanan tertentu atau hanya ingin makan makanan yang sama berulang kali. Beberapa anak dapat mengembangkan perilaku picky eater ini.

Di sisi lain, selain preferensi akan jenis makanan, Anda juga harus memperhatikan masalah lain dalam hal anak yang susah makan. Seperti misalnya ia sering tersedak atau kesulitan menelan atau mengunyah makanan tertentu setiap kali makan. Meskipun hal ini tidak umum, namun ini bisa menjadi petunjuk bahwa anak Anda memiliki alasan mengapa ia menolak makan.

Apa pun masalahnya, janganlah memaksa anak Anda untuk terus makan saat ia benar-benar tidak mau. Lakukan beberapa pendekatan yang lebih baik, salah satunya dengan cara mencoba memasukkan setidaknya satu makanan pilihan sehat dan satu makanan favoritnya.

Anda dapat mengizinkan mereka untuk makan (atau meletakkan) makanan tertentu yang mereka sukai dan menyisihkan apa yang tidak mereka suka. Melansir dari Healthline Parenthood, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi anak susah makan yang wajib Anda ketahui trik-triknya.

Baca Selanjutnya: Hindari Gangguan Saat Makan &...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini