6 Cara Menahan Emosi Negatif yang Berlebihan, Kendalikan Diri Anda

Sabtu, 22 Agustus 2020 10:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Cara Menahan Emosi Negatif yang Berlebihan, Kendalikan Diri Anda Ilustrasi marah. © Pixabay

Merdeka.com - Emosi adalah kekuatan yang mendorong manusia hari demi hari. Manusia mengambil peluang karena bersemangat untuk prospek yang baru. Manusia menangis karena telah disakiti, dan manusia berkorban karena cinta. Tanpa ragu, emosi lantas mendikte pikiran, niat dan tindakan dengan otoritas yang lebih tinggi dari pikiran rasional.

Tetapi ketika Anda bertindak berdasarkan emosi kita terlalu cepat, atau bertindak berdasarkan jenis emosi yang salah, seringnya akan membuat keputusan yang kemudian disesali. Perasaan dapat berubah menjadi ekstrem dan berbahaya. Berbelok terlalu jauh ke kiri, Anda akan marah. Mengemudi terlalu ke kanan, Anda akan berada dalam kondisi euforia.

Seperti banyak aspek kehidupan lainnya, emosi paling baik bertemu dengan rasa moderasi dan perspektif logis. Namun tidak lantas membuat Anda harus menahan diri agar tidak jatuh cinta atau melompat kegirangan setelah mendengar kabar baik.

Emosi negatiflah yang harus ditangani dengan sangat hati-hati.Emosi negatif, seperti amarah, iri hati, atau kepahitan, cenderung lepas kendali, terutama segera setelah dipicu. Pada waktunya, jenis emosi ini dapat mengondisikan pikiran agar berfungsi pada perasaan yang merugikan dan mendominasi kehidupan sehari-hari. Mengutip dari huffpost.com, berikut adalah 6 cara menahan emosi negatif yang bisa Anda praktikkan.

Baca Selanjutnya: 1 Jangan Langsung Bereaksi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini