Mengenal Tebak-Tebakan Islami Atau Alghaz, Metode Pembelajaran Fikih yang Efektif

Kamis, 14 Januari 2021 07:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Tebak-Tebakan Islami Atau Alghaz, Metode Pembelajaran Fikih yang Efektif ilustrasi al-Qur'an. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam fikih agama Islam, tebak-tebakan disebut dengan alghaz. Tebak-tebakan atau alghaz ini, dalam praktiknya tak hanya merupakan sebuah permainan yang menyenangkan. Melainkan juga dipandang sebagai metode pembelajaran pengenalan agama Islam yang efektif.

Alghaz secara etimologi berarti menyamarkan sesuatu. Sebagaimana secara terminologi diutarakan oleh Ibnu Najim dalam Hamisy Asybah wa Al-Nadzair adalah“masalah-masalah (fikih) yang disengaja disamarkan untuk kepentingan pengujian,” mengutip dari islami.co.

Tebak-tebakan atau alghaz bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia syariat. Tebak-tebakan islami dipandang sebagai bentuk kreativitas para ulama dalam meramu modulasi pembelajaran fikih. Tujuannya, agar materi yang diajarkan dapat disampaikan secara lebih santai dan lebih membekas di pikiran hati para murid.

Tebak-tebakan islami atau alghaz dapat menjadi solusi bagi para pengkaji fikih yang masih pemula. Karena, penyampaian materi melalui tebak-tebakan di samping menghibur juga sekaligus mengasah kreativitas dan intelektualitas. Berikut selengkapnya.

Baca Selanjutnya: Contoh Tebak-Tebakan Islami atau Alghaz...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini