5 Tujuan Karir yang Dapat Menentukan Langkah Anda dalam Bekerja

Selasa, 25 Februari 2020 16:16 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
5 Tujuan Karir yang Dapat Menentukan Langkah Anda dalam Bekerja Ilustrasi karir. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/docstockmedia afvision

Merdeka.com - Memperoleh pekerjaan impian merupakan sesuatu hal yang didambakan setiap orang. Pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, jobdesc pekerjaan yang jelas, penghasilan sesuai ekspektasi merupakan dambaan setiap orang.

Namun untuk mencapai hal itu semua butuh proses. Menuju pencapaian karir atau pekerjaan impian merupakan sebuah proses panjang dimana diri kita dituntut untuk serba bisa dalam melakukan semua hal. Kemampuan yang semakin meningkat merupakan sebuah kebiasan yang diinginkan oleh perusahaan.

Mereka tidak ingin SDM nya tidak mampu berpikir maju, kurangnya aksi, kurangnya kreativitas. Hal tersebut dianggap akan tidak efektif untuk menjalankan fungsi dan tujuan perusahaan.

Tujuan karir merupakan rencana matang bagaimana Anda akan melangkah. Dengan menyusun rencana yang jelas merupakan sebuah bekal bahwa Anda telah siap memasuki dunia pekerjaan.

Dengan begitu Anda tidak akan kesulitan untuk mencari kemampuan pada bidang yang anda minati. Kebanyakan orang saat ini adalah kurang menggali potensi diri dan tidak mengetahui keahlian apa yang dimilikinya.

Agar mudah menentukan tujuan karir Anda saat bekerja, berikut 5 tujuan karir yang dapat menentukan langkah Anda dalam bekerja.

2 dari 6 halaman

1. Memiliki Target Pencapaian Karir yang Jelas

tujuan karirLiputan6.com

Tujuan karir yang dapat menentukan langkah Anda dalam bekerja yang pertama adalah bagaimana menentukan target karir secara jelas. Walaupun dalam mencapainya tidaklah mudah, dalam beberapa wawancara kerja seringkali para calon pekerja tidak begitu yakin tentang target yang dibuat untuk pencapaian karir mereka.

Sedangkan beberapa pekerja dituntut untuk memiliki pencapaian dan target yang jelas. Akibatnya banyak para pencari kerja tidak terserap secara merata dan menimbulkan dampak angka pengangguran yang meningkat.

Dilansir dari semaur.com, penting bagi Anda untuk mengetahui informasi sebanyak mungkin tentang profil perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut. Semakin Anda mengenal dan mengetahui cara kerja dari perusahaan tersebut, semakin lancar Anda membuat dan memiliki jawaban yang terdengar dengan jelas dan realistis saat interview.

Selain itu, apabila Anda memiliki kemampuan dan bakat pada bidang yang Anda lamar maka hal tersebut merupakan poin plus bagi Anda untuk diterima di perusahaan impian.

3 dari 6 halaman

2. Membuat dan Menawarkan Konsep yang Sejalan dengan Perusahaan

tujuan karirLiputan6.com

Tujuan karir yang dapat menentukan langkah Anda dalam bekerja yang berikutnya adalah buat dan tawarkan konsep yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Pentingnya menegtahui bagaimana mekanisme kerja pada perusahaan yang Anda lamar merupakan sebuah hal penting untuk mengetahui bagaimana Anda akan menawarkan konsep, ide, ataupun gagasan yang membangun perusahaan menjadi lebih maju.

Buatlah beberapa konsep yang menarik, yang bisa Anda terapkan pada proses pekerjaan mereka. Namun, jika Anda tidak bisa atau belum menemukan konsep yang benar-benar revolusioner, coba terapkan bagaimana cara Anda bekerja setiap hari yang memiliki nilai positif bagi karyawan yang lain.

Contohnya sebagai berikut: "Saya adalah pribadi yang bisa bekerja dengan tim secara baik, memberi contoh dan mengambil contoh dari mereka. Menghormati pendapat satu sama lain dan membentuk lingkungan pekerjaan yang dinamis dan produktif dalam pelayanannya."

Membuat sebuah konsep tak selamanya harus benar-benar fantastis dan hebat. Pelajari tentang apa yang mereka butuhkan dan cobalah memberikan solusi untuk bisa menjadi opsi dalam penyelesaiannya.

4 dari 6 halaman

3. Jalani Proses untuk Mencapai Titik Tujuan Karir

tujuan karirLiputan6.com

Tujuan karir yang dapat menentukan langkah Anda dalam bekerja berikutnya adalah menjalani proses untuk mencapai titik tujuan karir. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyiapkan perubahan supaya rencana bisa terealisasi.

Beberapa orang tidak selalu dapat mudah menerima dengan kenyataan yang mereka jalani. Untuk mencapai titik tujuan akhir, disiplin dan komitmen merupakan bekal bagi Anda untuk menjalani tahapan demi tahapan baru sebagai jalan menuju titik tujuan.

Agar bisa lebih berkomitmen, tentu tujuan yang Anda terapkan harus jelas terlebih dahulu. Tujuan yang Anda susun harus diperlakukan layaknya usaha dalam mendapatkan barang berharga yang sangat penting. Hal itu dapat berguna sebagai motivasi Anda dalam bekerja.

5 dari 6 halaman

4. Tantangan dan Rintangan Pekerjaan

tujuan karirLiputan6.com

Tujuan karir yang dapat menentukan langkah Anda dalam bekerja selanjutnya adalah bagaimana diri Anda bisa berani untuk menerima tantangan dan siap menghadapi rintangan. Tantangan dan rintangan suatu saat bisa menjadi ancaman bagi perusahaan maupun pekerjaan Anda.

Berani bertanggung jawab atas apa yang Anda kerjakan, baik itu baik maupun buruk sekalipun. Berani bertanggung jawab pada setiap pekerjaan yang Anda perbuat merupakan poin bagi Anda sebagai pribadi yang bertanggung jawab. Mampu menerima tantangan pekerjaan dengan bijaksana.

Menerima kenyataan dan memperbaiki setiap keadaan dengan pekerjaan yang positif merupakan hal yang patut dilakukan pada saat menentukan tujuan karir Anda.

6 dari 6 halaman

5. Kepribadian yang Baik

tujuan karirLiputan6.com

Tujuan karir yang dapat menentukan langkah Anda yang terakhir adalah memperlihatkan bagaimana kepribadian Anda di dalam pekerjaan secara baik dan benar. Namun bukan berarti Anda harus mengumbar atau menceritakan bagaimana kepribadian Anda pada rekan atau atasan anda atau media yang Anda temui. Tetapi cukup dengan melihatkan kepribadian Anda seperlunya.

Setiap orang berhak untuk menilai diri Anda, namun tak akan pernah berhak merubah kepribadian Anda. Setiap pekerjaan yang Anda kerjakan dan Anda pikirkan merupakan tanggung jawab penuh dari diri Anda.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini