5 Tanda Kekurangan Vitamin A bagi Kesehatan Tubuh, Kenali Sejak Dini

Selasa, 30 Juni 2020 09:45 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
5 Tanda Kekurangan Vitamin A bagi Kesehatan Tubuh, Kenali Sejak Dini Ilustrasi vitamin A. ©Shutterstock

Merdeka.com - Kekurangan vitamin A biasanya akan langsung memengaruhi fungsi tubuh Anda. Vitamin A merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini sangat berperan dalam fungsi penglihatan, kekebalan tubuh, reproduksi, hingga kulit.

Tanda Kekurangan vitamin A bisa mengganggu kinerja tubuh secara keseluruhan. Kekurangan vitamin A sangat mungkin terjadi terutama di negara berkembang. Menurut WHO, kekurangan vitamin A menjadi salah satu penyebab kebutaan pada anak serta meningkatkan risiko penyakit dan kematian akibat infeksi parah. Kekurangan vitamin A juga bisa meningkatkan risiko kebutaan malam dan kematian ibu saat kehamilan.

Tanda Kekurangan vitamin A sebenarnya bisa dicegah dengan mengonsumsi cukup makanan sehat. Ada dua jenis vitamin A yang ditemukan dalam makanan: preformed vitamin A dan provitamin A.

Preformed vitamin A dikenal sebagai retinol dan umumnya ditemukan dalam daging, ikan, telur, dan produk susu. Sementara provitamin A banyak ditemukan pada tumbuhan dalam bentuk karotenoid. Tubuh akan mengubah karoten dalam makanan nabati, seperti buah dan sayuran merah, hijau, kuning dan oranye, menjadi vitamin.

Untuk mengetahui secara rinci, berikut merdeka.com telah merangkum 5 tanda kekurangan vitamin A bagi kesehatan tubuh, yang dilansir dari Liputan6.com.

1 dari 5 halaman

Mata Kering

ilustrasi mata

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Tanda kekurangan vitamin A yang pertama adalah mata yang terlihat dalam kondisi kering. Masalah mata menjadi masalah paling umum terkait kekurangan vitamin A. Mata kering disebabkan oleh ketidakmampuan mata menghasilkan air mata. Ini merupakan salah satu tanda awal kekurangan vitamin A.

Dalam kasus yang ekstrem, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan total atau kornea yang sekarat. Kondisi ini ditandai dengan tanda yang disebut bintik bitot. Anak yang kekurangan vitamin A sangat berisiko mengalami mata kering.

2 dari 5 halaman

Kebutaan Malam

Tanda kekurangan vitamin A bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah Anda akan mengalami kebutaan malam atau juga dikenal sebagai buta ayam. Seseorang dengan kebutaan malam mengalami penglihatan yang buruk di malam hari atau di lingkungan yang temaram.

Vitamin A berfungsi membentuk protein yang menyerap cahaya di retina dan mendukung fungsi mata. Kekurangan vitamin A dapat berdampak pada kurangnya kemampuan penglihatan di tempat gelap.

Dalam sebuah penelitian, wanita dengan kebutaan malam diberi vitamin A dalam bentuk makanan dan suplemen. Kemampuan wanita untuk beradaptasi dengan kegelapan meningkat lebih dari 50% setelah enam minggu perawatan.

3 dari 5 halaman

Kulit Menjadi Kering

ilustrasi kulit kering

©Shutterstock

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A juga penting untuk pembentukan dan perbaikan sel-sel kulit. Vitamin A akan membantu melawan peradangan kulit. Kekurangan vitamin A bisa meningkatkan pengembangan eksim dan masalah kulit lainnya.

Eksim adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit kering, gatal, dan meradang. Beberapa studi klinis telah menunjukkan alitretinoin, obat resep dengan aktivitas vitamin A, efektif dalam mengobati eksim. Namun, kulit kering seringkali memiliki banyak penyebab, jadi konsultasikan pada dokter agar mengetahui penyebab yang tepat.

4 dari 5 halaman

Penyembuhan Luka yang Lama

ilustrasi luka iris

©Shutterstock.com/Dimitar Yalamov

Tanda kekurangan vitamin A bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah penyembuhan luka yang menjadi lama. Kadar vitamin A yang rendah bisa melambatkan proses penyembuhan luka. Ini karena vitamin A meningkatkan pembentukan kolagen, komponen penting kulit. Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa penggunaan topikal vitamin A pada kulit bisa mengurangi luka hingga 50%.

Lambatnya penyembuhan luka juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin K. Kekurangan vitamin K dapat menghambat proses pembekuan darah. Ketika tubuh tak memiliki cukup vitamin K, luka akan sulit mengering bahkan pendarahan akan sulit berhenti.

5 dari 5 halaman

Timbulnya Jerawat

Tanda kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan jerawat. Vitamin A meningkatkan perkembangan kulit dan melawan peradangan. Dengan vitamin A, jerawat bisa dicegah dan diobati dengan mudah.

Vitamin A topikal dan oral dapat mengobati jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa krim yang mengandung vitamin A dapat mengurangi jumlah lesi jerawat hingga 50%. Namun, penggunaan vitamin A untuk penyembuhan jerawat juga harus dikonsultasikan pada dokter. Vitamin A memiliki sejumlah efek samping termasuk perubahan suasana hati dan cacat lahir.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini