5 Potret Dahsyatnya Erupsi Gunung Semeru, Guguran Awan Panas Bergerak Cepat

Minggu, 4 Desember 2022 17:40 Reporter : Shani Rasyid
5 Potret Dahsyatnya Erupsi Gunung Semeru, Guguran Awan Panas Bergerak Cepat Potret dahsyatnya erupsi Gunung Semeru. ©Instagram/@merapi_uncover

Merdeka.com - Pada 4 Desember 2022, aktivitas Gunung Semeru kembali meningkat. Peningkatan aktivitas ini terjadi bertepatan dengan setahun erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 yang menewaskan 51 orang, 169 orang terluka, dan 22 lainnya hilang.

Berbeda dengan erupsi setahun lalu, erupsi pada tahun ini terjadi berkali-kali dalam rentan waktu yang panjang. Dimulai pada Minggu (4/12) dini hari pukul 02.46 WIB, hingga siang ini guguran awan panas masih terjadi.

Bahkan dahsyatnya erupsi tahun ini terekam dalam video amatir warga. Dalam beberapa video, terlihat awan panas menyebabkan langit menjadi gelap dan beberapa bangunan kena terjangan oleh pergerakan awan panas guguran yang terjadi begitu cepat.

Berikut beberapa potret dahsyatnya erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2022 ini:

2 dari 6 halaman

Jembatan Dihantam Awan Panas

potret dahsyatnya erupsi gunung semeru
©Instagram/@merapi_uncover

Dalam sebuah foto yang diunggah akun Instagram @lumajangsatu pada 4 Desember 2022, tampak sebuah jembatan, yaitu Jembatan Gladak Perak kembali dihantam erupsi Gunung Semeru. Padahal jembatan itu baru saja dibangun.

Tampak awan panas menyelimuti seluruh bagian jembatan. Tampak dalam foto itu kalau jembatan itu masih dalam tahap pembangunan.

3 dari 6 halaman

Aparat dan Relawan Lakukan Pemantauan

potret dahsyatnya erupsi gunung semeru
©Instagram/@bbtnbromotenggersemeru

Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @lumajangsatu, tampak aparat polisi dan relawan sedang melakukan pemantauan di daerah Curah Kobokan.

Sementara itu dari jauh tampak awan panas turun dari puncak menuju bawah. Dalam hal ini para relawan dan aparat keamanan dituntut untuk selalu siap siaga melakukan evakuasi warga yang masih berada di kawasan zona bahaya.

4 dari 6 halaman

Luncuran Awan Panas Bergerak Cepat

potret dahsyatnya erupsi gunung semeru
©Instagram/@bbtnbromotenggersemeru

Dalam video lainnya tampak awan panas bergerak cepat melewati aliran Kali Lanang, Lumajang. Bahkan guguran awan panas itu menerjang kamera CCTV yang sedang merekam sehingga tidak dapat berfungsi lagi.

“Kengerian luncuran awan panas guguran Gunung Semeru... Bergerak dengan cepat,” tulis @lumajangsatu.

5 dari 6 halaman

Lumpur Material Vulkanik Redam Pemukiman

potret dahsyatnya erupsi gunung semeru
©Instagram/@merapi_uncover

Sementara itu, dalam video lain tampak Dusun Curah Kobokan sudah dipenuhi material abu. Untungnya semua warga di sana sudah diungsikan. Saat hujan mengguyur, material abu itu berubah menjadi lumpur.

Sementara itu di tempat lain, para relawan masih melakukan evakuasi pada warga. Berbagai upaya mereka kerahkan untuk mengajak warga mengungsi ke tempat yang aman.

6 dari 6 halaman

Langit Berubah Gelap

potret dahsyatnya erupsi gunung semeru
©Instagram/@merapi_uncover

Dalam sebuah video amatir yang diunggah akun Instagram @merapi_uncover, tampak erupsi Semeru menyebabkan langit berubah menjadi gelap.

“Ini wedhus gembel sudah sampai sini. Di atas saya ini. Beginilah situasi sekarang, di atas Curah Kobokan,” kata salah seorang warga yang merekam peristiwa itu.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini