5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Ekstrak Biji Buah Cemara Ampuh Atasi Bekas Jerawat

Kamis, 26 November 2020 08:50 Reporter : Edelweis Lararenjana
5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Ekstrak Biji Buah Cemara Ampuh Atasi Bekas Jerawat Ilustrasi minyak alami. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Rafinaded

Merdeka.com - Tamanu yang juga dikenal sebagai Foraha, Kamanu, Domba, Alexandrian Laurel dan sejumlah nama daerah lainnya berasal dari Asia dan Polinesia. Tamanu oil diekstrak dari biji yang tumbuh di pohon cemara tropis yang disebut pohon kacang tamanu. Tamanu oil dan bagian lain dari pohon kacang tamanu telah digunakan secara medis selama ratusan tahun oleh budaya Asia, Afrika, dan Kepulauan Pasifik tertentu.

Tamanu oilmengandung asam lemak omega yang melembapkan dan terkenal dapat mendorong pertumbuhan sel baru yang sehat. Menurut dokter kulit Dr. Shari Sperling, DO, yang dikutip dari bustle.com, tamanu oil juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, yang memberikan manfaat penyembuhan luka bagi kulit.

Tamanu oil biasanya diaplikasikan secara topikal untuk menenangkan sejumlah besar kondisi kulit, bahkan yang dianggap terlalu menular untuk diobati. Luka bakar, eksim, sengatan, gigitan, jerawat, kulit kering bahkan bau badan dan kaki dapat diatasi dengan tamanu oil. Ada juga makalah dari tahun 1900-an yang mendokumentasikan penggunaan tamanu oil yang digunakan untuk membantu penderita kusta, mengutip dari procoal.co.uk.

Secara historis, manfaat tamanu oil untuk kulit sudah tidak diragukan lagi. Saat ini, Anda bisa menemukan banyak bukti tentang kegunaan tamanu oil untuk kulit. Beberapa penelitian menunjukkan tamanu oil dapat mencegah pertumbuhan tumor pada pasien kanker, mengobati vaginitis dan membantu mengurangi gejala pada orang dengan HIV.

Mengutip dari healthline.com, berikut beberapa manfaat tamanu oil untuk kulit yang perlu Anda ketahui.

2 dari 6 halaman

Obati Jerawat dan Bekas Jerawat

Manfaat tamanu oil untuk kulit yang pertama untuk mengobati jerawat dan bekas jerawat. Sebuah studi yang diterbitkan di journals.plos.org mengamati tamanu oil dari lima wilayah yang berbeda di Pasifik Selatan. Ditemukan bahwa minyak tersebut menunjukkan aktivitas antibakteri dan penyembuhan luka yang tinggi terhadap strain bakteri yang terlibat dalam jerawat, termasuk Propionibacterium acnes (P. acnes) dan Propionibacterium granulosum ( P. granulosum).

Ada juga bukti sifat anti-inflamasi minyak tersebut. Bersama dengan kemampuannya untuk membunuh P. acnes dan P. granulosum, tamanu oil juga dapat membantu dalam mengobati jerawat yang meradang. Selain itu, tamanu oil juga telah berhasil digunakan untuk mengobati bekas luka di rumah sakit.

Sejumlah penelitian biologis telah menunjukkan bahwa tamanu oil memiliki khasiat penyembuhan luka dan regenerasi kulit. Tamanu oil telah terbukti dapat meningkatkan proliferasi sel dan produksi komponen tertentu pada kulit, termasuk kolagen dan glikosaminoglikan (GAG) yang semuanya penting dalam penyembuhan bekas luka.

Minyak tamanu juga kaya akan antioksidan, yang telah terbukti bermanfaat dalam perawatan jaringan parut, serta jerawat.

3 dari 6 halaman

Bantu Atasi Keriput

Manfaat tamanu oil untuk kulit yang kedua untuk membantu mengatasi keriput dan flek-flek hitam. Tamanu oil adalah bahan aktif yang digunakan di banyak produk perawatan kulit, termasuk krim anti penuaan. Minyak ini kaya akan asam lemak yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Tamanu oil juga mengandung antioksidan, yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Kemampuan minyak ini untuk meningkatkan produksi kolagen dan GAG juga berperan dalam manfaat anti-penuaan dan regenerasi kulit. Terakhir, minyak tamanu dapat membantu mencegah kerutan akibat kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Sebuah studi in-vitro tahun 2009 menemukan bahwa tamanu oil diketahui mampu menyerap sinar UV dan menghambat 85% kerusakan DNA yang disebabkan oleh radiasi UV.

4 dari 6 halaman

Bantu Pudarkan Stretch Marks

Manfaat tamanu oil untuk kulit yang ketiga untuk membantu memudarkan stretch mark. Tamanu oil sering digunakan sebagai campuran dalam produk anti-penuaan karena kemampuannya untuk mempromosikan kolagen.

Seperti halnya bekas jerawat, kebanyakan orang mencoba memudarkan stretch mark mereka dengan perawatan pelembab, anti-oksidan, dan anti-inflamasi. Kabar baiknya, tamanu oil memiliki semua kandungan khasiat ini. Karena efek pelembapnya tamanu oil lantas dapat digunakan untuk mengurangi munculnya stretch mark, meski diperlukan adanya penelitian lebih lanjut.

5 dari 6 halaman

Hilangkan Bekas Luka dan Kutu Air

Manfaat tamanu oil yang keempat untuk membantu menghilangkan bekas luka dan menyembuhkan kutu air. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa tamanu oil memiliki sejumlah khasiat yang dapat membantu menyembuhkan luka di kulit secara lebih cepat, membantu mengurangi peradangan, dan meningkatkan produksi kolagen.

Emulsi tamanu oiljuga sudah digunakan pada pasien rumah sakit dalam dua studi lain untuk mengobati luka resisten dan pasca operasi. Didapati bahwa tamanu oildapat meningkatkan penyembuhan dan mengurangi rasa takut secara signifikan.

Selain bekas luka, tamanu oil juga mampu dan dipercaya sebagai obat yang efektif untuk mengatasi kutu air. Kutu air adalah sebuah kondisi infeksi jamur menular yang menyerang kulit kaki. Meskipun efek minyak tamanu khususnya pada kutu air belum diteliti secara signifikan, terdapat cukup banyak bukti yang mendukung sifat antijamur minyak tersebut.

6 dari 6 halaman

Menenangkan Kulit Kering

Manfaat tamanu oil untuk kulit yang kelima untuk membantu menenangkan kondisi kulit yang kering. Kekeringan kulit adalah kondisi yang biasa diobati dengan penggunaan minyak. Tamanu oil memiliki kandungan lemak yang tinggi, jadi kemungkinan besar minyak ini dapat sangat membantu dalam hal melembapkan kulit.

Tamanu oil kaya akan asam lemak yang kandungannya lebih tinggi daripada jenis face oil atau minyak wajah yang lain. Hal ini membuat tamanu oil lebih unggul dalam mengatasi kulit kering. Lebih khusus lagi, tamanu oil mengandung asam lemak oleat dan linoleat, yang memberinya kemampuan melembapkan yang kuat. Bagi Anda yang memiliki kulit kering dan berjerawat, pasti akan senang menggunakan tamanu oil karena dapat mengatasi dua masalah kulit sekaligus.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini