5 Manfaat Bawang Putih Bakar, Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Sabtu, 22 Agustus 2020 07:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
5 Manfaat Bawang Putih Bakar, Baik untuk Kesehatan Pencernaan Ilustrasi bawang putih panggang. boldsky.com

Merdeka.com - Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang umum digunakan dalam berbagai masakan. Di dalamnya, terkandung fitokimia dan nutrisi kuat yang membantu melawan penyakit. Penelitian menunjukkan manfaat potensial bawang putih terhadap penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Bawang putih mengandung senyawa belerang yang menyebabkan bau khasnya, dan juga memberikan manfaat kesehatan. Senyawa sulfur dalam bawang putih bertindak sebagai antioksidan dan mendorong pembentukan antioksidan lain yang disebut glutathione, yang diproduksi oleh tubuh.

Fungsi lain dari senyawa sulfur dalam bawang putih adalah aktivitas antimikroba. Bawang putih dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur, termasuk H. pylori, bakteri yang terkait dengan tukak lambung. Selain senyawa sulfur, bawang putih juga mengandung flavonoid, antara lain quercetin, luteolin, dan kaempferol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Membakar bawang putih adalah salah satu metode persiapan umum untuk penyajian bawang putih dalam makanan. Manfaat bawang putih bakar adalah memberi rasa manis dan lezat pada makanan.

Selain menambah rasa pada makanan, bawang putih bakar ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Mengutip dari livestrong.com dan LEAFtv, berikut adalah 5 manfaat bawang putih bakar bagi kesehatan.

2 dari 6 halaman

1. Jaga Kesehatan Jantung

sehat
©www.canadianliving.com

Manfaat bawang putih bakar yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular yang lebih kuat. Bawang putih telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya banyak dokter merekomendasikannya kepada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Bawang putih bakar dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga dapat membantu mencegah penyumbatan arteri. Menurut Linus Pauling Institute, bawang putih dapat memengaruhi produksi kolesterol dengan menghambat sintesis kolesterol oleh hati. Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi pembekuan darah.

Penting untuk tidak membakar bawang putih terlalu lama, katakanlah sekitar 10 menit. Dan juga jangan membakarnya di microwave, karena ini dapat menghabiskan khasiatnya yang bermanfaat.

3 dari 6 halaman

2. Mencegah Kanker

 

Manfaat bawang putih bakar yang kedua adalah untuk membantu mencegah kanker. Selain antioksidan yang ada dalam bawang putih, senyawa belerang yang dikandungnya juga bekerja langsung pada karsinogen dan racun, membantu tubuh mengeluarkannya sebelum menyebabkan kerusakan.

Menurut Linus Pauling Institute senyawa ini memicu penghancuran sel kanker, sebuah proses yang disebut apoptosis, dalam percobaan kultur sel dan model hewan. Jenis kanker yang dapat dicegah oleh konsumsi bawang putih bakar adalah kanker perut, kanker usus besar dan kanker usus, dan beberapa jenis lainnya seperti kanker payudara dan kanker prostat. 

4 dari 6 halaman

3. Jaga Kesehatan Pencernaan

003 hikmah wilda amalia
©2015 Merdeka.com

Manfaat bawang putih bakar yang ketiga adalah untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar atau penyakit gastroesophageal reflux, cobalah makan bawang putih bakar untuk membantu mengatasi gejala seperti mulas, mual, dan gangguan pencernaan.

Karena bawang putih bakar lebih ringan dari bawang putih mentah, ia akan lebih mudah dicerna jika Anda memiliki masalah pencernaan. Hal ini karena bawang putih bakar tidak akan membuat Anda sakit perut seperti bawang putih mentah.

Bawang putih bakar membantu kesehatan pencernaan dengan meningkatkan produksi cairan yang membantu pencernaan, membantu pembuangan limbah dari tubuh, dan mengurangi peradangan lambung.

5 dari 6 halaman

4. Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang putih bakar yang keempat adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bawang putih bakar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda berkat sifat antibakterinya.

Antibakteri dalam bawang putih bakar dapat memperkuat kekebalan dan membantu melawan bakteri dan penyakit. Jadi, jika Anda merasakan serangan flu, cobalah makan bawang putih bakar agar Anda tidak jatuh sakit.

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Eksternal

Manfaat bawang putih bakar yang kelima adalah untuk mengobati berbagai masalah eksternal. Bawang putih bakar dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit di luar tubuh Anda. Bawang putih bakar efektif dalam mengobati kutu air dengan menggosokkan siung hangat ke area yang terkena kutu.

Anda juga dapat menggunakannya untuk infeksi kulit lain seperti jerawat, serta pengobatan luka kecil untuk mencegah infeksi. Menariknya, siung bawang putih bakar yang hangat juga bisa dioleskan ke telinga yang terinfeksi untuk mengobati rasa sakit.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini